NABI ADAM 'ALAIHISSALAM

211 11 0
                                    

Adam 'alaihissalam adalah manusia pertama di muka bumi. Alloh menciptakan Nabi Adam langsung tanpa ayah dan ibu. Alloh ta'ala memuliakan Nabi Adam   dengan mengajarkan ilmu kepadanya hingga melampaui ilmu para malaikat.  Pada saat Adam 'alaihissalam telah diciptakan, Alloh 'alaihissalam memerintahkan kepada penghuni langit, yang terdiri dari malaikat dan iblis untuk bersujud kepadanya, maka bersujudlah para malaikat semuanya kecuali iblis. Ia enggan bersujud bersama-sama para malaikat karena  keangkuhan dan kesombongannya.

Iblis pun dikeluarkan dari surga akibat dari keangkuhan dan kesombongannya kepada Alloh ta'ala . Iblis meminta kepada Alloh ta'ala agar diberi tangguh waktu kehidupan hingga hari kiamat. Alloh   mengabulkan permintaannya. Ia bersumpah di hadapan Alloh ta'ala akan menyesatkan seluruh manusia kecuali hamba-hamba-Nya yang ikhlas.

Alloh ta'ala menempatkan Adam 'alaihissalam di surga. Kemudian Alloh menciptakan Hawa sebagai pasangan hidupnya. Ia diciptakan dari tulang rusuk Adam  'alaihissalam. Alloh ta'ala menguji Adam 'alaihissalam dan Hawa dengan satu pohon yang buah-buahannya terlarang untuk dimakan. Iblis pun merayu Adam 'alaihissalam dan Hawa dengan tipu dayanya agar mereka berdua memakan buah terlarang tersebut. Adam 'alaihissalam dan isterinya pun akhirnya mencicipi buah terlarang kemudian nampaklah dari keduanya aurat-aurat mereka berdua dan mulailah mereka menutupinya dengan daun-daun dari surga. Kemudian mereka berdua mengakui dosa dan kesalahannya.

Setelah itu Alloh ta'ala memerintahkan kepada Adam  'alaihissalam, Hawa, dan Iblis turun ke bumi sebagai tempat kediaman. Adam 'alaihissalam dan Hawa turun dalam kondisi diampuni sedangkan Iblis turun dalam kondisi dimurkai. Kemudian Adam dan Hawa mempelajari cara hidup baru yang berbeda jauh dengan keadaan hidup di surga. Kehidupan di dunia, kehidupan yang dipenuhi kesengsaraan dan kesusahan berbeda dengan kehidupan di surga.

Alloh ta'ala menganugerahkan kepada Adam   keturunan yang banyak. Setiap kali hamil, ia melahirkan dua anak kembar, laki-laki dan perempuan. Adam   adalah nabi pertama di muka bumi. Alloh   memberikan kepadanya berbagai lembaran-lembaran yang dijadikan petunjuk dalam membimbing umatnya. Adam   hidup di dunia selama kurang lebih 1000 tahun. Sebelum wafat dia berwasiat kepada anaknya yang bernama Syits. Ia mengajarkan kepada Syits siang dan malam tentang perkara-perkara ibadah. Setelah Adam   wafat, maka tugas keagamaan dipegang oleh Syits.

Sejarah IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang