NABI ZAKARIA 'ALAIHIMASSALAM

73 3 0
                                    

Nabi Zakaria 'alaihissalam adalah keturunan nabi Sulaiman  . Selama hidupnya, ia selalu melakukan dakwah sebagaimana para nabi sebelumnya. Nabi Zakaria 'alaihissalam mendapatkan ujian dimana ia tidak memiliki keturunan meski beliau sudah berusia lanjut. Nabi Zakaria 'alaihissalam mempunyai pikiran jika ia wafat dan tidak ada lagi penerusnya tentu Bani Isroil akan mengalami kehancuran akhlak. Hal inilah yang menjadi beban pemikirannya.

Biasanya ketika siang hari Nabi Zakaria 'alaihissalam melakukan dakwah, sedangkan pada malam harinya untuk berdoa meminta pada Alloh agar segera dikaruniai anak. Namun doa itu belum juga dikabulkan, sehingga masyarakat kota menganggap istrinya telah mandul.

Akhirnya, Alloh   mengabulkan permintaan Nabi Zakaria 'alaihissalam. Sebab sudah lama ia berdoa dengan kesungguhan hati, sehingga pada suatu hari datanglah malaikat memberi tahu dirinya. Saat itu Nabi Zakaria 'alaihissalam sedang berada di Mihrob untuk beribadah.

Malaikat Jibril mengabari Nabi Zakaria 'alaihissalam bahwa tidak lama lagi ia akan mempunyai seorang putra yaitu Yahya. Kelak anak itu akan menjadi penerus dakwahnya. Tidak terlukiskan lagi kegembiraan Nabi Zakaria 'alaihissalam. la segera bersujud di Mihrob dan mensucikan nama Alloh.

Begitulah Malaikat Jibril memberi kabar gembira. Namun hal tersebut ada syarat-syarat yang harus dilaksanakan oleh Nabi Zakaria 'alaihissalam. Selama tiga hari beliau puasa dengan cara tidak bicara dengan kaumnya. Selama tiga hari itu beliau harus menggunakan kata hati untuk berzikir. Dengan adanya syarat yang telah diajukan Malaikat Jibril kepadanya, maka iapun tidak bicara. la hanya boleh melihat dan mendengar. Meskipun begitu, beliau selalu berzikir di dalam hati. Begitulah sampai isterinya benar-benar melahirkan. Dengan demikian syarat yang diajukan padanya juga merupakan tanda istrinya mulai hamil.

Dalam berdakwah Nabi Zakaria 'alaihissalam tidak pernah berputus asa demi menegakkan ajaran Alloh. Selain itu,  beliau senantiasa  yakin bahwa Alloh   pasti mengabulkan doa orang-orang yang beriman kepada-Nya.

Sejarah IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang