akad dan walimah

6.2K 147 21
                                    

Tanggal 24 Oktober 2023 Alhamdulillah kami memutuskan untuk menikah menghalalkan kisah yang akan kita mulai.

Susunan acara pernikahan menjadi unsur penting yang tidak boleh dilewatkan dalam prosesi sakral seumur hidup. Acara ini biasanya dimulai dengan akad dan ditutup dengan resepsi.

Karena sangat penting, setiap orang pastinya menginginkan proses pernikahan yang lancar tanpa hambatan. Mulai dari tahap persiapan hingga hari H sah di mata hukum dan agama.

Agar prosesi pernikahan bisa berjalan lancar, langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah menyusun rangkaian acaranya terlebih dahulu.

Pasangan yang hendak menikah juga perlu menentukan apakah ingin menggelar pernikahan di rumah atau di gedung, baik dalam ruangan (indoor) atau luar ruangan (outdoor).

Persiapan pernikahan biasanya diurus oleh pihak keluarga calon pengantin atau dengan bantuan jasa wedding Organizer (WO).

Kehadiran WO bisa sangat berguna untuk mengatur jalannya acara pernikahan. Namun jika tidak menggunakan jasanya, Anda tidak perlu khawatir.

Dilansir Gramedia, susunan acara adalah urutan acara dengan sistem terperinci yang disampaikan dengan cara berurutan selama acara berlangsung.

Setiap acara pernikahan terbagi menjadi acara pernikahan dan resepsi.

Akan nikah menjadi momen sakral untuk pengantin dan pihak keluarga yang hadir.

Saat akad nikah, momen ijab kabul menjadi sangat penting sebagai tolak ukur sah atau tidaknya sebuah pernikahan.

Biasanya akan nikah diselenggarakan dengan penuh khidmat dan penuh haru. Suasana akad nikah biasanya akan penuh haru dan tangis bahagia.

Pembukaan akad nikah biasanya dipandu oleh seorang pembawa acara atau MC (Master of Ceremony).

Acara diawali dengan salam pembuka dan bacaan basmalah dan surat Al-Fatihan yang dipimpin oleh MC.

Seorang MC (master ceremony) atau seorang pembawa acara bisa menyebutkan nama pihak keluarga atau yang memiliki hajat pernikahan tersebut serta nama kedua mempelai.

Setelah acara dibuka dengan salam dan doa, selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Al-Qur'an lengkap dengan sari tilawah.

Biasanya ayat-ayat suci Al-Quran yang dibacakan berkaitan dengan pernikahan seperti:

QS Ar Ruum ayat 21

QS An Nisaa ayat 34-35

QS At Tahrim ayat 6

Susunan acara pernikahan selanjutnya adalah momen penerimaan dan sambutan.

Biasanya pihak calon pengantin laki-laki akan datang membawa seserahan dan dilanjutkan dengan sambutan.

Kemudian pihak calon pengantin perempuan juga akan melakukan sambutan dan memberikan penerimaan untuk kehadiran pihak pria.

Dalam agama Islam, khutbah nikah merupakan salah satu sunnah dalam pernikahan.

Khutbah nikah biasanya disampaikan oleh petugas dari Kantor Urusan Agama (KUA) yang diwakili oleh penghulu.

Khutbah ini ditujukan untuk memberikan pengingat akan pentingnya pernikahan.

Dalam agama Islam, khutbah nikah merupakan salah satu sunnah dalam pernikahan.

Khutbah nikah biasanya disampaikan oleh petugas dari Kantor Urusan Agama (KUA) yang diwakili oleh penghulu.

Khutbah ini ditujukan untuk memberikan pengingat akan pentingnya pernikahan

Setelah ijab kabul selesai, akan dilakukan doa akad nikah yang dipimpin oleh penghulu atau petugas KUA.

Dihamili Anak KyaiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang