"Ih.... Gombal ya. Abang " ucap Rara cemberut.
"Kenapa bibirnya" jawab Gus Yusuf .
"Tau" ucap Rara cemberut.
"Hmmm, maaf sayang jangan marah yah maafin Abang."jawab Gus yusuf.
"Iya, mau makan" ucap Rara.
"Boleh kok saya, ayo kita makan dulu yah." Jawab Gus Yusuf.
"Setelah ini, apa boleh izin untuk menghadiri acara di pasantren" sambung Gus Yusuf.
Rara, memilih pergi dari hadapan Gus Yusuf. Ia keluar kamar berjalan ke arah pintu belakang.
Rara berhenti ketika melihat kumpulan santriwati, sedang menghapal, ada yang lagi membaca masih banyak lagi.
Rara yang mendengarkan tentang sedekah subuh. Rara terdiam ketika melihat semua para santri dengan seriusnya mendengarkan dari ustadz paling muda di sana.
Sedekah subuh adalah sebuah amalan yang bisa dikerjakan oleh umat muslim di pagi hari. Sedekah subuh tidak hanya bisa dikerjakan ketika memiliki harta atau materi.
Ada begitu banyak tausiyah dan ceramah yang mengangkat tema dahsyatnya sedekah subuh dan banyaknya manfaat yang bisa didapat setelah menjalankannya. Dzikir dan berinfak yang dilakukan pagi hari masuk dalam kategori sedekah subuh. Bahkan melakukan kebaikan atau bersikap ramah pada sesama juga termasuk bagian dari sedekah.
Ustadz fatih. Bagenda Ali dalam bukunya yang berjudul Jika Sedekah Menjadi Lifestyle, menjelaskan sedekah adalah salah satu amalan yang memiliki beberapa tujuan dan juga manfaat. Salah satu tujuan yang dapat dirasakan dalam berbagi adalah sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang telah diberikan Allah SWT.
Sedekah subuh merupakan amalan umat Islam yang telah melaksanakan sholat Subuh. Di waktu subuh (sebelum matahari terbit), seseorang dapat menyedekahkan hartanya di jalan Allah dengan niat ikhlas dan untuk kebaikan. Secara istilah, tidak ada yang membedakan sedekah subuh dengan sedekah biasa kecuali waktu pelaksanaannya.
Dalam sebuah hadits diriwayatkan, "Dari Abu Hurairah ra, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda: "Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: "Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak", sedangkan yang satu lagi berdoa, "Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)." (HR. Bukhari).
Rara juga ikut menjelaskan tentang sedekah subuh. Rara yang berdiri di belakang para santri, ia menundukan kepalanya karena semua para santri didik suamimya.
Bentuk sedekah subuh, beberapa sedekah subuh yang dapat dilakukan oleh umat muslim antara lain, berzikir, berinfak di masjid (selepas melaksanakan sholat subuh), memberikan sarapan gratis kepada orang yang membutuhkan (entah itu tetangga, anak yatim, hingga orang miskin), dan berdonasi di lembaga sosial.
Sedekah subuh juga bisa dilakukan sendiri di rumah dengan memasukan uang ke dalam kotak. Uang di sisikan itu dan dikumpulkan ke dalam kotak tersebut nantinya diserahkan kepada orang yang lebih membutuhkan. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah karena tidak memerlukan begitu banyak syarat.
Selain dengan uang dan materi, kita juga bisa bersedekah dengan hal lain seperti misalnya memberi salam,tersenyum, menolong orang, menyingkirkan duri di jalan, berucap dan berbuat baik. Sasaran dari sedekah juga diutamakan adalah yang
Selalu ikhlas.Semua santri memandang istri kedua Gus Yusuf itu. Ustadz fatih melangkah, mendekat ke arah Rara.
"Assamualaikum" salam.ustadz Fatih.
KAMU SEDANG MEMBACA
Dihamili Anak Kyai
DiversosBilqis seorang gadis remaja yang baru berumur 15 tahun yang dicintai oleh CEO muda sekaligus kakak iparnya.