Chapter 11. Persimpangan Jalan

14 1 0
                                    

Ketiganya berdiri tak bergerak, menunduk dalam keheningan yang tidak nyaman. Apa yang terjadi pada budak licik itu tidak mengejutkan, tapi tetap saja sulit untuk dicerna. Perasaan tidak menyenangkan menyelimuti hati mereka - melihat tubuh rekan mereka yang hancur, terlalu mudah untuk membayangkan salah satu dari mereka mengalami nasib yang sama.

Tidak seorangpun tahu harus berkata apa.

Setelah sekitar satu menit, budak berwibawa akhirnya mendesah. "Untung saja aku mengambil sebagian besar perlengkapan yang dibawanya."

'Agak tidak berperasaan, tapi tidak salah,' pikir Sunny sambil memperhatikan budak yang lebih tua itu dengan seksama.

Budak berwibawa mengerutkan kening, menyadari bahwa topengnya sebagai pria baik hati telah terlepas sejenak, dan buru-buru menambahkan dengan nada muram: "Semoga kau beristirahat dengan tenang, sahabatku."

'Wah. Hebat sekali penampilannya.'

Sebenarnya, Sunny tidak percaya sedikitpun pada tindakan baiknya. Setiap anak dari pinggiran tahu bahwa orang yang bersikap baik tanpa alasan adalah orang yang harus diwaspadai. Mereka adalah orang bodoh atau monster. Budak berwibawa tidak tampak seperti orang bodoh, jadi Sunny menjadi waspada terhadapnya sejak mereka bertemu.

Dia sampai sejauh ini dengan bersikap sinis dan tidak mudah percaya, dan tidak ada alasan untuk berubah sekarang.

"Kita harus pergi," kata prajurit muda sambil menatap kebawah sekali lagi.

Suaranya tenang, tapi Sunny bisa merasakan luapan emosi dibaliknya. Dia hanya tidak bisa mengatakan emosi apa itu.

Budak berwibawa itu mendesah dan berbalik juga. Sunny menatap batu-batu berlumuran darah itu selama beberapa detik lagi. 'Mengapa aku merasa begitu bersalah?' pikirnya, bingung dengan reaksi dirinya sendiri yang tidak terduga. 'Dia mendapatkan apa yang pantas diterimanya.'

Sedikit gelisah, Sunny berbalik dan mengikuti kedua temannya yang tersisa. Begitu saja, mereka meninggalkan budak licik dan melanjutkan perjalana.

Diketinggian ini, melintasi gunung semakin sulit. Angin menghantam mereka dengan kekuatan yang cukup untuk membuat seseorang kehilangan keseimbangan jika mereka tidak berhati-hati, membuat setiap langkah tampak seperti pertaruhan. Udara menjadi terlalu tipis untuk dihirup. Karena kekurangan oksigen, Sunny mulai merasa pusing dan mual.

Seolah-olah mereka semua perlahan-lahan tercekik.

Penyakit ketinggian bukanlah sesuatu yang dapat diatasi dengan usaha. Penyakit itu bersifat halus dan mengganggu pada saat yang sama, menyerang yang kuat dan lemah tanpa memperhatikan kebugaran dan daya tahan mereka. Jika nasibnya buruk, seorang atlit elit dapat menyerah lebih cepat daripada orang biasa.

Itu hanya masalah kemampuan bawaan dan kemampuan beradaptasi tubuh. Orang-orang yang beruntung mampu mengatasinya setelah mengalami gejala-gejala ringan. Yang lainnya terkadang lumpuh selama berhari-hari atau berminggu-minggu, menderita berbagai macam efek samping yang menyiksa. Beberapa bahkan meninggal.

Seolah semua itu belum cukup buruk, udara juga semakin dingin. Pakaian hangat dan bulu tidak cukup untuk menahan dingin lagi. Sunny merasa demam dan kedinginan secara bersamaan, mengutuk setiap keputusan yang telah diambilnya dalam hidup untuk berakhir disini, dilereng es yang tak berujung.

Gunung ini bukan tempat untuk manusia. Namun mereka harus terus maju.

Beberapa jam berlalu. Meskipun begitu, ketiga orang yang selamat itu terus berjuang maju, perlahan bergerak semakin tinggi. Kemana pun jalan lama yang dibicarakan budak berwibawa itu, sekarang, pasti sudah tidak jauh lagi. Setidaknya itulah yang diharapkan Sunny.

Shadow SlaveTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang