Mendengar kata-kata kaisar, Xie Yaochen, Song Xunyue, dan Selir Yi menoleh dan menoleh.
Mata Xie Yaochen tertuju pada kaisar yang sedang membungkuk untuk bermain dengan anak itu, alisnya sedikit berkerut. Dia sudah bertahun-tahun tidak melihatnya. Ayahnya sudah tua, wajahnya tampak lelah, dan energinya jauh lebih sedikit.
Selir Yi memaksakan dirinya untuk berhenti menangis, dan matanya tertuju pada Xie Ze. Dia menatapnya dengan ekspresi sayang dan tidak bisa menahan untuk tidak melihatnya.
Selir Yi benar-benar tidak bisa menahannya dan menoleh ke Song Xunyue dan berbisik: "Dia terlihat persis seperti ketiga ketika dia masih kecil."
Meskipun Song Xunyue belum pernah melihat seperti apa Xie Yaochen ketika dia masih kecil, apalagi masa kecilnya, bahkan sekarang, ayah dan anak itu sangat mirip. Jika kita mengikuti kata-kata Selir Yi, pada dasarnya kita dapat mengetahui seperti apa rupa Xie Yaochen ketika dia masih muda dengan melihat penampilan Xie Ze sekarang.
Xie Ze memandangi kaisar, menundukkan kepalanya untuk melihat tangan yang terulur di depannya, dan kemudian menatap kaisar. Hanya dengan melihat ekspresi kaisar, dia tahu bahwa kaisar sangat menyukainya. Wajah Xie Ze penuh rasa ingin tahu. Xie Yaochen hendak memberinya nasihat ketika dia melihat Xie Ze memiringkan kepalanya dan bertanya, "Apakah kamu kakekku?"
Kaisar tersenyum dan berkata dengan nada membujuk: "Ya, kemarilah."
Xie Ze tersenyum ketika mendengar ini, memperlihatkan sederet gigi putih kecil, dan terus bertanya: "Apakah seperti yang dikatakan kakak Baowen, akankah kakek lebih mencintai Jin Jin daripada ayah dan ibu?"
Kaisar sedikit terkejut ketika mendengar hal ini. Kebanyakan kakek memang lebih menyayangi cucunya daripada orang tuanya, tetapi dia adalah kaisar dan dulu sibuk dengan urusan kenegaraan, anak sulung dan anak kedua, kecuali ketika mereka dibawa ke istana untuk memberi penghormatan kepadanya, jarang sekali dia bisa menikmati kebahagiaan keluarga seperti kakek pada umumnya.
Kaisar melihat tatapan penuh harap di mata Xie Ze, dan hatinya sedikit bergerak. Ia memahami bahwa Xie Ze, sang anak, telah mengikuti orang tuanya di antara masyarakat sejak ia lahir.
Bagaimana dia bisa mengecewakan seorang anak dengan mata jernih?
Memikirkan hal ini, kaisar tersenyum pada Xie Ze, suaranya menjadi lebih lembut, dan dia membujuk dengan nada lembut: "Ya, akulah kakek yang akan mencintaimu lebih dari ayah dan ibumu."
Ketika Xie Ze mendengar ini, dia segera tersenyum dan menyilangkan tangan kaisar, dia membuka tangannya dan melemparkan dirinya ke pelukan kaisar. Dia menggantungkan leher kaisar dan berkata dengan gembira: "Kakek."
Kaisar tidak menyangka anak ini begitu riang. Dia tertegun sejenak dan sangat terkejut. Kemudian dia menarik tangannya, memegang punggung kecil Xie Ze, dan tertawa keras: "Baik! Ze'er, jadilah baik."
Saat dia mengatakan itu, kaisar mencoba menggendong Xie Ze, tetapi dia tidak menggerakkannya. Dia harus setengah berjongkok di samping Xie Ze, mengulurkan tangannya untuk memeluknya, dan menghela nafas: "Mengapa aku tidak bisa menggendong anak kecil yang baru berumur empat setengah tahun?
Song Xunyue tertawa di sampingnya dan berkata: "Xie Ze memiliki sosok yang sama dengan ayahnya. Dia lebih tinggi dari anak-anak lain pada usia yang sama, jadi dia lebih berat."
Mendengar ini, kaisar memandang Song Xunyue sambil tersenyum. Selir Yi melihat bahwa kaisar telah selesai berbicara dengan anak itu dan akhirnya tiba gilirannya. Dia berjongkok di samping Xie Ze, memeluk tubuh kecil anak itu, dan membujuk: "Lihat kamu, Ze'er. Baiklah, bagaimana dengan nenek? Apakah Zeer menyukai nenek?"
Xie Ze menoleh untuk melihat Selir Yi, dengan wajah memerah. Dia menatap Selir Yi dan bergumam: "Nenek sangat cantik."
Penampilan Selir Yi memang luar biasa, dia baru berusia awal empat puluhan sekarang, dan dia merawat dirinya sendiri dengan baik. Berpakaian seperti selir bangsawan, dia anggun dan menarik perhatian.
KAMU SEDANG MEMBACA
Adik Tiriku Bersikeras Bertukar Pernikahan Denganku
RomanceIbu tiri Song Xunyue membencinya, adik perempuannya menindasnya, dan ibu tirinya dengan sengaja menikahkannya dengan seorang sarjana miskin. Tak disangka, tak butuh waktu lama bagi cendekiawan malang itu untuk menjadi pejabat, dan kemudian ia menjad...