Kaisar mengulurkan tangan untuk mengambilnya, meraih tambatan di sampingnya, menariknya dengan lembut, dan mengeluarkan peta yang digambar di perkamen, dan berkata kepada Xie Ze: "Ini adalah peta seluruh Beiliao yang diberikan oleh Xiliang."
Melihat kaisar mengeluarkan gambar dari tabung kayu, mata Xie Ze langsung berbinar. Dia begitu penasaran sehingga dia berdiri dan bersandar ke pelukan kaisar, mengusap tubuhnya dan duduk di pelukannya tangan kaisar, penasaran. Berkata: "Kakek, mengapa peta Bei Liao diberikan oleh Xiliang?"
"Haha..." Kaisar tersenyum ketika mendengar ini, melihat ke samping ke arah Xie Ze dalam pelukannya, dan menjelaskan: "Karena Bei Liao selalu menindas Xiliang, Xiliang menemukan cara untuk menggambar peta Bei Liao dan mendedikasikannya untuk kakek, berharap kakek bisa menghentikan Beiliao menindas mereka."
Ketika Xie Ze mendengar ini, ada sedikit kemarahan di matanya, dan dia berkata dengan jujur: "Menindas orang itu salah! Tapi mengapa kakek bisa menghentikannya?"
Setelah mendengar ini, kaisar dengan sabar menjelaskan: "Ini seperti kamu berkelahi dengan anak-anak lain. Anak-anak lain tidak dapat menghentikanmu, tetapi jika ayahmu pergi, dia dapat menghentikanmu."
"Oh..." Xie Ze tiba-tiba menyadari: "Ayah berkata bahwa kakek bukan hanya kakekku, tapi juga kaisar dunia, jadi kakek juga kakek dunia. Saat Xiliang ditindas, hanya kakek yang bisa menghentikannya."
Kaisar terhibur dengan kata-kata Xie Ze, dan melirik ke arah Selir Yi yang berdiri di samping. Matanya seolah berkata, lihat betapa lucunya cucu kita, dan dia tertawa keras.
Kaisar mengangguk dan berkata: "Ya, hanya kakek yang bisa menghentikannya."
Xie Ze melihat peta di tangan kaisar dan tiba-tiba melihat dua karakter yang dikenalnya. Dia dengan cepat mengangkat jarinya dan berkata dengan terkejut: "Jin Jin mengenali dua karakter. Ini adalah Huining. Jin Jin dan orang tua telah pergi ke sana."
Namun peta ini berbeda dengan peta di tangan orang tuanya, pada peta di tangan orang tuaya, Huining ada di pojok kanan atas, namun di peta ini, Huining ada di pojok kanan bawah, dan berarti dia belum melihat semua area besar di atas.
Kaisar tersenyum dan berkata: "Huining merupakan perbatasan Bei Liao. Pernahkah Jin Jin melihat perbatasan Bei Liao?"
Xie Ze mengangguk dengan berat: "Ya! Ayah membawaku ke menara untuk melihatnya! Aku melihat kawanan sapi dan domba, kuda yang berlari kencang, dan banyak tenda."
Xie Ze menggambarkan apa yang dilihatnya, dan tiba-tiba berkata dengan menyesal: "Jin Jin awalnya ingin melihatnya, tapi ayah bilang kita tidak bisa pergi."
Kaisar mengangguk dan menghela nafas: "Kamu benar-benar tidak bisa pergi. Apakah Jin Jin tahu alasannya?"
Xie Ze mengangguk dan berkata kepada kaisar: "Ibu memberitahuku bahwa itu adalah rumah orang lain. Dawei adalah rumah kita. Kita tidak bisa begitu saja pergi ke rumah orang lain."
Setelah mendengar ini, kaisar berpikir sejenak dan berkata kepada Xie Ze: "Apa yang ibumu katakan benar, tapi juga tidak benar."
Mendengar ini, Xie Ze menatap kaisar, mengedipkan mata gelapnya, dan bertanya dengan rasa ingin tahu: "Mengapa ada yang salah?"
Kaisar dengan sabar menjelaskan: "Karena orang-orang dari Beiliao selalu ingin datang ke rumah kami untuk mencuri barang. Sekarang mereka tidak berani datang karena kakek dan para jenderal di utara kuat dan mereka takut. Tetapi jika suatu saat kakek pergi, atau jika para jenderal di utara pergi, mereka akan terus merampok."
"Ah?" Xie Ze mengerutkan kening setelah mendengar ini dan berkata dengan jujur: "Adalah salah datang ke rumah orang lain untuk merampok barang! Melakukan hal itu adalah perampok dan orang jahat! Apakah tidak ada yang mengajari mereka?"
KAMU SEDANG MEMBACA
Adik Tiriku Bersikeras Bertukar Pernikahan Denganku
RomansaIbu tiri Song Xunyue membencinya, adik perempuannya menindasnya, dan ibu tirinya dengan sengaja menikahkannya dengan seorang sarjana miskin. Tak disangka, tak butuh waktu lama bagi cendekiawan malang itu untuk menjadi pejabat, dan kemudian ia menjad...