Bab 83 Menghitung hari

109 9 0
                                    

Cheng Dingyuan memberi hormat dan menjawab: "Kembali ke Yang Mulia, benar itu adalah pangeran Yan."

Kaisar bertanya lagi: "Apakah dia mencari anting untuk sang putri?"

Cheng Dingyuan mengangguk: "Tepat sekali."

Kaisar teringat betapa putranya sangat menyayangi istrinya di Malam Tahun Baru, dan sangat percaya bahwa ini adalah sesuatu yang dapat dilakukan oleh anak ketiga.

Kaisar melanjutkan dengan bertanya: "Apakah anak ketiga berteman denganmu melalui hubungan keluarga Wei?"

Cheng Dingyuan menggelengkan kepalanya, mengingat apa yang terjadi dalam dua hari terakhir, dan berkata dengan wajah pahit: "Kembali ke Yang Mulia, sebenarnya tidak ada hal seperti itu. Pangeran Yan dan putri Yan tampaknya menganggap rendah pejabat ini, dan merasa bahwa pejabat ini miskin."

Yah... itulah yang bisa dilakukan putranya.

Ekspresi kaisar menjadi sedikit keruh, dan dia terus bertanya: "Setelah batu aneh itu digali, apakah anak ketiga menggunakan ini untuk memerasmu dan memintamu untuk bergabung dengannya?"

Cheng Dingyuan menggelengkan kepalanya lagi: "Tidak. Pejabat ini sangat khawatir saat itu, tetapi pangeran Yan sebenarnya tidak melakukannya."

Saat dia berkata, Cheng Dingyuan memandangi kaisar dan melihat ekspresinya. Dia benar-benar khawatir. Jika dia mengatakan yang sebenarnya, apakah kaisar akan marah?

Kaisar memandang Cheng Dingyuan dengan dua mata, karena hubungan keluarga Wei, Cheng Dingyuan mungkin telah mendiskusikan sesuatu dengan anak ketiga. Mungkinkah dia dengan sengaja membantu anak ketiga untuk menjernihkan hubungan? Memikirkan hal ini, kaisar bertanya: "Jika tidak, bagaimana reaksinya setelah menggali batu aneh di rumahmu?"

Cheng Dingyuan tampak malu, memandang kaisar, dan tidak tahan untuk mengatakan: "Lari."

"Lari?" Kaisar mengerutkan kening karena terkejut.

Cheng Dingyuan mengangguk: "Kembali ke Yang Mulia, pangeran Yan memang telah melarikan diri. Sepertinya dia ketakutan. Dia bahkan tidak menginginkan anting-anting sang putri, dan mengancam pejabat ini untuk tidak melibatkannya."

"Hiss..." Kaisar mengerutkan kening kesakitan, mengangkat tangannya dan mengusap bagian tengah alisnya, kecurigaan di wajahnya hilang, dan ini... memang sesuatu yang bisa dilakukan anak ketiga.

Sayang sekali.

Meski dia tidak suka dengan perilaku membentuk koalisi untuk keuntungan pribadi, namun jika dipikir-pikir dari sudut pandang lain, sayang sekali kesempatan yang diberikan Tuhan seperti itu harus dibiarkan begitu saja! Bahkan dia merasa sakit mendengarnya.

Dalam hati kaisar, dia merasa lega dan marah sesaat. Yang melegakan adalah bahwa putra ini sedikit sia-sia, tetapi dia tidak melakukan hal-hal yang sangat mementingkan diri sendiri seperti putra mahkota. Yang membuatnya marah adalah, bagaimana dia bisa melahirkan anak yang tidak punya otak seperti itu? Benar-benar disebut hidup singkat seorang ayah.

Kaisar mengusap bagian tengah alisnya dengan kuat lagi, demi cinta putranya yang tidak berguna kepada ayahnya, mohon bersabar dalam aspek lain. Bagaimanapun, setelah bertahun-tahun, dia tidak memiliki harapan lain untuk anak ini sekarang!

Kaisar mengangkat tangannya dan berkata kepada Cheng Dingyuan: "Kamu pasti terkejut, kembalilah dan istirahat lebih awal, benda batu yang aneh ini, anggap saja itu tidak pernah terjadi, orang-orang dan batu itu tertinggal, dan aku akan menanganinya."

"Terima kasih, Yang Mulia, atas kebaikanmu," Cheng Dingyuan memberi hormat dan berkata, "Pejabat ini pamit."

Setelah Cheng Dingyuan pergi, kaisar menunjukkan kelelahan lagi, dan dia terlihat sangat tidak bisa berkata-kata, Tuan Fulu menghiburnya secara terbuka, "Yang Mulia, apakah anda mengkhawatirkan putra mahkota?"

Adik Tiriku Bersikeras Bertukar Pernikahan DengankuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang