Part 64 : PETUNJUK & CARA

731 139 20
                                    

"Ayo lanjutkan saja," ujar Starly malas meladeni Jack

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"Ayo lanjutkan saja," ujar Starly malas meladeni Jack.

»»»
Sean memutar botol hingga botol menunjuk ke arah Starly, "Nah! Ayo adikku jawab pertanyaan abangmu ini!" serunya senang.

"Gampang kok ini soal matematika SD, abang akan menguji daya ingatmu. Sebuah mobil menempuh jarak 10 Km dengan bensin 3 liter, jika mobil menempuh jarak 50 Km maka berapa bensin yang harus digunakan?"

Starly berdikir sejenak, "15,"

Sean mengerjapkan matanya, "Tunggu," Sean mengambil kertas lalu menghitungnya, ia hanya mengarang pertanyaan saja ia tak tahu jawabannya. Ia kira Starly akan menghitung jawabannya, maka dari itu ia tak hitung karena akan meneriksa jawaban dan rumusnya, tapi ia tak menyangka ternyata Starly hanya berfikir sejenak lalu menjawabnya.

Sean sudah selesai menghitung, ia mengerjapkan matanya, takut salah lihat lalu menatap Starly tak percaya, "Woahhh....Benar. Ternyata adikku ini lebih pintar ya darikuuuu," ujarnya seraya mengacak rambut Starly.

"Wahhh...kau pintar Vio," puji Evelyn.

Starly hanya menanggapi dengan senyuman tipis.

"Baiklahhh, aku akan bertanya..." celetuk Gerry.

"Ayo," ujar Sean mempersilahkan.

"Bagaimana proses terjadinya hujan?" tanya Gerry.

"Pertama Evaporasi, yaitu penguapan air dari laut, sungai, dan lainnya. Kedua Transpirasi, yaitu penguapan air dari tumbuhan, lalu ada juga Evapotranspirasi yaitu penggabungan antara penguapan Evaporasi dan transpirasi. Setelah menguap, air itu akan membentuk awan dan proses ini disebut kondensasi. Setelah berbentuk awan, awan itu akan mengikuti arah angin, ini disebut adveksi. Lalu setelah itu ada saatnya air di awan akan mengalami titik jenuh dan air akan mencapai permukaan bumi atau akan terjadi hujan, ini disebut presipitasi. Jadi proses hujan ada Evaporasi, Transpirasi, Evapotranspirasi, Kondensasi, Adveksi, Presipitasii. Oh ya ada 1 lagi Sublimasi, yaitu penguapan es gletser tanpa menjadi air, jadi es glestser akan langsung menjadi uap tanpa harus menjadi air," jelas Starly tanpa jeda seakan ia sudah paham, bahkan raut wajahnya saja tak ada raut mengingat hanya ada raut datar.

Sean, Jack, Evelyn, dan Gerry spechless. Mereka hanya memandang Starly takjub dan tak percaya.

"Woahhh....Vio bagaimana kau bisa masih hafal proses itu?? Aku saja sudah nggak hafal," ujar Evelyn

Starly mengernyit saat menyadari ada kata 'hafal,' saat Evelyn berbicara. Ia menatap Evelyn menyipit, 'Lilyn tak akan pernah menggunakan kata itu karena dia pasti akan menggunakan kata-kata yang nyaman untuknya lalu dia juga tak mudah beradaptasi, apalagi setelah aku bilang gunakan kata-kata baku seperti di alam peri saja, otomatis dia akan menggunakan bahasa alam peri tak mungkin bahasa bumi,' batin Starly.

Evelyn yang melihat Starly yang menatapnya dengan memincing pun bertanya, "Ada apa Vio? Mengapa kau menatapku seperti itu,"

"Mengapa kau-"

FairyWorld : Starly Airyzie (END) {Revisi}Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang