"Apakah ada pengobatan kanker ginjal yang harus Ellgar lakukan Dokter?" ucap Riana kepada Dokter Denis.
Riana masih menyisakan segukan sesekali dikarenakan dirinya yang tidak menyangka bisa bisanya Ellgar menyembunyikan sebuah penyakit serius kepada ibunya sendiri.
Jadi disini Riana sebenarnya dianggap siapa oleh Ellgar?
"Ada beberapa metode pengobatan yang dapat saya lakukan untuk menangani kanker ginjal yang diidam oleh Ellgar" ucap Dokter Denis menjeda ucapannya dan menatap Ellgar yang tampaknya diam seribu bahasa.
Ellgar sudah pasrah.
Sebenarnya Dokter Denis bukan ingin ikut campur oleh masalah pribadi atau keluarga Ellgar dengan memberitahu salah satu keluarnya.
Dokter Denis hanya khawatir jika penyakit Ellgar akan bertumbuh semakin besar dan sedikit kemungkinan akan sembuh dan semua keluarga akan kehilangan Ellgar.
Ia tidak ingin pasiennya kenapa napa, karena tidak ada satu orang pun yang ingin nyawanya terbang begitu saja walaupun dengan beberapa alasan bukan?
"Salah satunya adalah operasi, Operasi adalah metode yang paling sering digunakan untuk menangani kanker ginjal. Operasi dapat dilakukan jika kanker masih stadium awal dengan tujuan untuk mengangkat tumor" ucap Dokter Denis dengan Riana dan Nouval yang masih mendengarkan dengan baik.
"Dan cara kedua adalah Terapi ablasi, Terapi ablasi dapat dilakukan jika kondisi penderita kanker ginjal tidak memungkinkan untuk menjalani operasi" ucap Dokter Denis kepada Riana yang masih mendengarkan.
"Apakah ada cara lain selain dan antara dua itu Dok?" ucap Riana menatap Dokter Denis penuh harap.
Bukan masalah biaya atau apapun itu, ia hanya mempermasalahkan bagaimana jika Ellgar tidak bisa sembuh juga setelah menjalankan kedua pengobatan itu.
Jadi.. Riana hanya berhati hati saja.
Riana akan berjuang sekeras mungkin untuk membuat Ellgar sembuh.
"Cara lainnya yaitu Embolasi, Embolisasi dapat dilakukan jika kanker sudah memasuki stadium lanjut dan kondisi pasien tidak memungkinkan untuk menjalani operasi"
"Prosedur ini bertujuan untuk menghambat atau mengurangi pasokan darah ke sel kanker di ginjal dengan menyuntikkan zat khusus melalui kateter ke dalam pembuluh darah vena ginjal." ucap Dokter Denis menjeda ucapannya.
"Jika tidak memungkinkan kembali Ellgar bisa menjalankan Radioterapi, Radioterapi adalah metode pengobatan yang menggunakan energi sinar-X berkekuatan tinggi untuk membunuh sel kanker. Salah satu jenis radioterapi yang digunakan adalah radioterapi eksternal, yaitu dengan mengarahkan sinar radiasi ke ginjal dari luar tubuh pasien" ucap Dokter Denis masih ingin menjelaskan karena ada beberapa hal penting lainnya.
"Radioterapi tidak dapat mengobati kanker ginjal sepenuhnya, tetapi bisa mengurangi gejala yang dirasakan pasien dan memperlambat perkembangan kanker."
"Metode ini dilakukan jika kanker telah menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti tulang atau otak. Meski demikian, radioterapi memiliki beberapa efek samping, seperti kelelahan, diare, atau perubahan warna kulit di area yang terkena radiasi." ucap Dokter Denis menjelaskan dengan melihat kondisi Ellgar dan juga dengan mengarahkan tangannya untuk menjelaskan agar lebih mengerti.
KAMU SEDANG MEMBACA
ELLGAR (TAMAT)
Teen FictionLangit yang menghitam disambut dinginnya udara yang diiringi derasnya hujan yang begitu mencengkram. Sungguh kejamnya dunia ini yang tidak membawa keadilan untuk semua orang. Ini tentang hidup seseorang yang berkali kali dimatikan. Dengan senyum...