"Eca!!"
Haechan senyum ngeliat Ama lari-lari kecil masuk ke rumah. Ninggalin supir taksi online di belakangnya. Dia Buru-buu nyusulin neneknya sebelum jatoh. Kasian udah tua.
"Jalan aja, Ama. Takut jatoh."
Ama ga ngedengerin. Ngebiarin aja sopir taksi yang dia pesen ngeluarin barang-barang yang dia bawa. Ama bawa koper besar.
"Kamu kok makin gede aja, Chan? Perasaan belom lama Ama ketemu sama kamu teh. Kamu sehat?"
Haechan ngangguk. Bilang terima kasih sama sopir taksi yang nganterin neneknya. Dia angkat koper gede Ama ke dalem rumah.
"Sehat, Ama. Kan saya tiap hari olahraga. Penyakit mana yang berani mendekat?"
Haechan dipukul tangannya gara-gara ngomong begitu. Tapi Haechannya cuma nyengir.
"Ama mau bobo dimana?" Haechan narik koper Ama setelah mereka masuk. Cape kan kalo diangkat terus. "Nginep sampe nikahan nanti, kan?"
"Ya iya atuh." Ama jawab sambil duduk. Haechan buru-buru ngambil minum dari dapur buat Ama. "Ama mah tidur dimana aja juga bisa. Asal ga panas. tapi di sini kan panas ya. Ga Kaya di Bandung. Adem."
"Ya udah Ama tidurnya di dalem kulkas aja. Adem."
"Hih kamu mah!" Haechan dicubit pipinya sama Ama. "Masa orang tua di suruh tidur di dalem kulkas. Mana muat. Mana pengantennya? Kok ga ada?"
"Kerja, Ama. Belom dapet libur dia. Nanti liburnya kalo udah tiga hari sebelum nikahan."
"Penganten tuh harusnya ga boleh keluar rumah. Dipingit dulu sampe nikahan. Jaman sekarang mah susah sih." Ama ngedecak. Ga bisa berbuat apa-apa. "Kamu ga kerja?"
Haechan cuma senyum kecil. Dia ngegeleng pelan sambil simpen teh hangat buat Ama di meja. "Belom dapet, Ma."
Ama jadi diem. Ngeliatin Haechan narik koper Ama ke kamar Yeri. "Udah nyari tapi?"
Haechan ngangguk. "Udah," katanya waktu sadar Ama ga ngeliat. "Tapi ya belom ada rejekinya kali. Ga lolos terus."
Ama ngangguk. "Coba nanti Ama tanya sama Junkyu. Dia kan udah kerja. Kemaren bilangnya kerjanya kantoran katanya. Kali bisa masukin kamu ke sana."
"Makasih, Ama." Haechan cuma ngangguk. Dia ga berharap lebih. Tapi berharap juga sih. "Kapan mau ke sininya katanya?"
"Nanti. Mereka kan nginepnya mau di rumah kakaknya Junkyu itu loh. Siapa namanya?" Ama mijit kepalanya untuk inget-inget nama cucu keponakannya. "Lilis ya kalo ga salah."
Haechan ga terlalu merhatiin. Dia nyamperin Ama lagi ke ruang tamu. Ikut mikirin nama sepupu jauhnya. Anaknya sepupu ibu yang masih Deket sama Ama. "Emang tinggal di sini?"
"Iya, Ca. Ikut suaminya. Belom lama pindahnya juga. Paling berapa bulan." Ama ngangguk. Minum teh yang Haechan suguhin. G
Haechan manggut-manggut. "Ga nginep di sini, dong?"
"Ya ngga papa." Ama nyentuh tangan Haechan. "Kan biar bisa muat buat keluarga ayah kamu juga. Dimana dia? Ga ada?"
Haechan ngangguk. "Lagi ke pasar. Tadi bilangnya mau nyari souvenir buat keluarga katanya. Kak Yeri kan cuma nyiapin souvenir buat temen-temennya aja. Sampe berantem itu semalem soal souvenir doang..."
Ama ngehela nafas. "Kue-kue buat suguhan udah dipesen belum? Nanti kalo lupa, ga ada buat suguhan tamu, malu kita Ca!!"
Haechan ngangguk buru-buru. "Udah dipesen sama Ayah, Ma. Kak Yeri kan juga pesen ke temenny. Terus kemaren juga Eca udah pesen lagi minta ketan kuning. Katanya kalo nikahan kan harus ada ketan kuning? Hampir aja lupa itu, Ma."
KAMU SEDANG MEMBACA
Pengantin Pengganti
FanfictionHaechan sudah berkali-kali peringati kakaknya untuk hati-hati. Kalau memang ga suka sama calon yang ayah tunjuk, dia bisa bilang. Haechan akan cari cara untuk bantu dia lepas dari perintah ayah. Haechan yakin dia sudah tekankan itu setiap hari sebel...