Giselle

378 27 0
                                    

 
 
 
 

Perempuan pada dasarnya adalah makhluk yang lemah.
 
 
 
 
Halah bullshit.
 
 
 
 
Siapapun yang ngomong begitu jelas ga tau seberapa tangguhnya para wanita. Haechan sudah berkali-kali dibuat gempor oleh wanita yang katanya makhluk lemah ini. Dikerjai berkali-kali sampe kewalahan.
Katanya makhluk lemah. Tapi ketika ada diskonan di mall larinya cepet banget. Senggol sana sini demi mendapatkan barang diskonan itu sangat-sangat melelahkan. Tapi para cewek dengan penuh semangat akan selalu melakukan segala menghabiskan tenaga demi diskon.
Yeji bisa jalan-jalan keliling mall atau taman ketika mereka kencan dengan sepatu hak tinggi tanpa mengeluh. Langkahnya ringan dan bahkan dia bisa lari cepet ngejar Haechan yang iseng. Larinya cepet. Ga terganggu sama sepatu hak tinggi. Disaat Haechan udah hah-heh-hoh kecapean, Yeji masih bisa ngejar dengan energik. Dan bahkan ngegebukin Haechan dengan tenaga penuh.
Kalau Haechan lagi main dengan Karina atau Ryujin, terus mereka harus antri makanan atau minuman. Atau antri tiket, biasanya Karina yang akan maju. Desak-desakan ditengah para ibu atau bapak yang repot sama anaknya. Minta diduluin karena anaknya rewel. Karina akan menyelinap dengan badan mungilnya. Menyalip bapak-bapak dan ibu-ibu itu tanpa takut dimarahin. Kalau dimarahi juga dia marahi balik tanpa takut.
Dulu, waktu masih kuliah, sebelum Haechan kenal Yeji, dia pernah main bareng empat sekawan ini. Ke kota tua. Pas pulang tuh ternyata barengan sama yang pulang kerja juga di KRL. Penuh banget. Sesek. Haechan ga dapet tempat duduk. Maka Haechan dan semuanya berdiri. Ga masalah sebenarnya. Yang jadi masalah adalah, ketika mau turun, mereka ga dikasih jalan. Haechan sama Hyunjin sudah berusaha menerobos. Tapi malah diomelin sama bapak-bapak di depan mereka. Jadi mereka mundur. Pasrah aja kalau stasiun tujuan mereka kelewat. Pada saat kritis begitu, tangan Haechan ditarik Karina. Lalu Ryujin merangsek ke depan Haechan. Memaksakan diri melesak diantara desakan. Narik tangan Hyunjin dan Haechan sekaligus. Terus melototin si bapak yang sebelumnya marahin Haechan.
"Minggir, pak! Saya mau turun! Geser dong!!!"
Lalu dia melesak mendekati pintu. Tidak lupa narik Haechan dan Hyunjin. Juga Karina yang masih pegangi tangan Haechan. Si bapak yang sebelumnya marahi Haechan dan Hyunjin juga mau gak mau minggir karena Ryujin terus melesakkan badannya diantara desakan. Haechan agak takut cewek itu kena pelecehan, tapi Ryujin nampaknya ga mikir ke sana. Dia merangsek terus menyelinap dalam desakan dengan tangan narik Haechan dan Hyunjin sekaligus.
Dan ga goyah sama sekali. Tangan dan badannya kuat banget ngedorong bapak-bapak dan ibu-ibu yang berdesakan di depan pintu. Mereka bisa sampai ke depan pintu berkat Ryujin. Haechan dan Hyunjin cuma nahan senyum. Dari sana, mereka belajar untuk selalu menyerahkan kesulitan kepada perempuan. Karena mereka tuh sebenernya kuat. Cuma pura-pura lemah aja biar dibantuin. Manja.
Ketika belanja, Yeri akan nenteng semua belanjaannya sendirian. Juga dengan sepatu hak tinggi. Jalan keliling mall selama berjam-jam sampai kakinya lecet. Kalau dia belum puas, terus saja itu dikeliling satu mall. Tentengan hasil belanja yang beratnya bisa sampai lima kilo pun ga dirasa sama sekali. Kalau mau diukur, mungkin langkahnya selama ngelilingin mall tuh bisa tiga kali keliling lapangan sepak bola. Jauh banget.
Sekarang pun sama. Haechan udah pegel. Padahal dia cuma pake sepatu biasa. Tapi Giselle seolah ga ada capeknya narik Haechan muterin mall. Haechan sudah hitung dari sejak beberapa saat lalu, mereka udah ngelewatin eskalator yang sama tiga kali. Dan yang di lantai atas dua kali. Yang dilantai dibawah empat kali.
"Capek..."
"No! Kita belum selesai, you know!" Giselle langsung nyaut begitu denger kata Haechan. Haechan udah ngumpat dari tadi. Nyumpahin kekuatan perempuan yang orang bilang lemah.
Bagian mana yang lemah.
Bisa ga sih Haechan copotin dulu kakinya, terus dia jalan pakai kursi roda. Ntar kalo udah ga capek dan pegel dipasang lagi, gitu?
Haechan jadi ngedengus. Ngelirik Mang Hasan dibelakang mereka yang nenteng belanjaan. Juga tangan Haechan dan tangan Giselle sendiri juga penuh.
"Banyak amat sih."
"We don't find your accecoris yet. You suka apa? Necklaces? Rings? Or may be the brand? Cartier? Tiffany n Co? Dior?"
Haechan bahkan ga tau Giselle ngomong apa. Dia ga fokus. Udah capek banget.
"Kita cek Dior dulu!" Haechan ditarik lagi. Kali ini Haechan ditarik masuk ke toko dengan muka idol Korea favoritnya Yeri di depannya. Haechan ngebiarin Giselle milih-milih sementara dia berlama-lama ngeliatin muka si idol Korea.
Cantik banget. Bening bener tuh muka. Kalo gini kan enak liatnya. Seger. Muter-muter Mulu apa ga mual.
"Yeri! Oh my!! Come here. Ini cocok banget sama You!" Giselle datang untuk narik Haechan berpisah sama si idol. Haechan mandangin si idol sedih. Dia akan berperang dengan kekuatan Giselle dalam belanja lagi.
"God! You look stunning!" Giselle nempelin kalung di leher Haechan. Kalungnya simpel. Kayak Rante tapi kecil-kecil banget. Haechan tertarik sebenernya. Dia lagi kepikiran untuk beliin satu untuk Yeji juga. Biarin aja belinya pake duit Mark.
"Yang ini satu." Giselle ngasihin kalungnya ke staff toko. "Earring, please..."
Staff toko langsung ngangguk. Ngeluarin koleksi antingnya ke Giselle. Giselle langsung nemuin yang dia suka. Terus dipasangin ke Haechan. Dia mau pasangin antingnya ke kuping Haechan. Tapi Haechan kan ga punya tindik di telinga.
"You don't have piercing..." Giselle merengut. Agak nyipitin mata. "Gimana you pakai anting selama ini?"
"Saya ga pernah pake anting." Haechan jawab ga peduli. Ama ga pernah suka kalau Haechan pake anting. Dia udah bilang terang-terangan kalau dia ga mau ketemu Haechan kalau Haechan sampe punya tindik atau tato.
"Kita ada kok anting yang ga perlu tindik." Si staf toko ini ternyata pinter banget ngelesnya. Haechan cuma ngedengus. Dia ga tertarik sama anting-anting. Jadi Haechan ngebiarin aja Giselle milih-milih sendiri sementara Haechan ke bagian make up.
Haechan ngeliat make up yang di pamerin ini lumayan bagus. Dia ga disamperin sama staf. Mungkin memang mereka ga ngira Haechan bakal beli. Atau mungkin emang ga mau juga. Penampilan Haechan aja lusuh begini. Dia cuma pake celana panjang sama Hoodie. Rambutnya juga lusuh karena Haechan belum ganti wig. Dia lagi mikir untuk beli wig baru tapi Haechan ga tau belinya dimana. Dia akan tanya Renjun nanti.
Pandangan Haechan langsung tertuju sama satu lipstik. Merah. Warna merahnya cerah ngingetin Haechan ke Yeji. Dia mungkin cantik pakai warna ini. Haechan senyum sendiri. Dia ngambil kotak lipstik itu satu. Terus dibawa ke staff supaya dibungkusin.
"Good choice." Giselle berkomentar sekilas ngeliat lipstik pilihan Haechan. Tapi dia ga ngaruh perhatian. Haechan cuma ngangguk.
"Okay. That's all." Giselle, lagi-lagi, ngeluarin kartu kredit abu-abunya. Dikasih ke staf yang ngangguk dengan patuh. Terus bawa semua belanjaan mereka untuk dibungkus. Haechan ngeringis aja ngeliat berapa banyak belanjaan Giselle. 
“Kamu belanjanya banyak banget.” Haechan memandangi semua tas belanja yang dia tenteng. Dan yang Mang Hasan bawa juga. 
“Me?” Giselle malah bingung. Ngedelik ke Haechan. “This is yours, bitch. I tuh belanja buat you. I mah udah belanja banyak bulan ini. Duit jatah belanja I udah habis.”
Haechan jadi melotot. Bingung. “Duitnya darimana?! Saya ga punya duit!”
“Your husband lah!” Giselle berucap santai. Gak terlalu peduli. Nerima kartu warna abu-abu yang dikembalikan sama kasir. “I juga lagi miskin. I baru beli mobil baru kemaren. Duit belanja I bulan ini kepake. Makanya sekarang I nemenin you belanja biar bisa ngutil sedikit. Don't tell Mark about this. Okay?"
Haechan ngedelik. Bingung. Dia lagi mikirin berapa banyak kartu yang Mark punya. Soalnya yang dikasih ke Haechan aja ada dua. Kartu kredit dan kartu debit. Dua-duanya belom pernah Haechan pake karena sejauh ini belum ada keperluan yang harus sampe dibantu sama keuangannya Mark.
Tapi ceweknya Mark ini nampaknya sudah biasa dibelanjain sama Mark. Dia pake kartu kredit dan bahkan punya jatah belanja sendiri. Dan masih pake nama Haechan juga buat minta duit belanja tambahan.
Dan dikasih.
Duit si Mark tuh ada berapa banyak sebenarnya? Haechan harus minta data asetnya juga nggak sih? Masak asetnya Mark dipegang sama pacarnya juga sih? Kan yang sahnya tuh Haechan.
Yeri. Tapi kan sekarang tempatnya lagi diperanin sama Haechan.
“Kamu udah biasa gitu dibelanjain sama Mark?”
“Sometimes.” Giselle jawab kalem. “If i'm broke, kadang I minta tambahan sama Mark. Duit dari kerjaan I kadang juga kurang.”
“Emang kamu kerja apa?”
“I'm a model. Kamu ga pernah liat foto I di majalah? Kamu ga follow I di sosmed?”
“Saya ga main sosmed.”
“That's why you are so old fashioned. You ketinggalan jaman.”
“Yang penting saya ga boros.”
Giselle ngedelik. “Duit dari mum and dad tuh cuma dikit, you know? Makanya I ambil job jadi model.”
Dia masih dapet uang saku dari orang tua. Terus ambil kerjaan jadi model. Dan masih suka minta tambahan dari Mark?!!!
Boros banget jadi cewek. Pantesan si Mark mau-mau aja disuruh nikah sama emaknya. Ceweknya aja model begini. Haechan juga ga sanggup kalo harus ngebiayain hidupnya. Mahal banget.
Tapi Mark sih emang duitnya banyak. Sekarang aja dia jadi bos besar. Punya agensi artis.
“Kamu udah kenal Mark dari kapan?”
“Dari childhood lah.” Giselle jawab sambil mengingat kembali. Agak ngelamun. “Dulu tuh dia diem. Face nya tuh cute banget. You mau lihat nggak? I ada picture deh kalo ga salah."
Haechan langsung ngegeleng sebelum Giselle ngebuka hapenya. Ga tertarik. “Udah lama dong berarti? Dia betah gitu sama kamu?”
“Of course not! He was hate me. I tuh suka gangguin dia dulu.” Giselle agak ketawa. Sambil narik Haechan keluar dari toko. “Untungnya I ga baperan. Jadi I ga pernah peduli kalau dia ngambek.”
Haechan cuma ketawa garing aja ngeliat Giselle ketawa. Keliatan bangga sekali dengan pencapaiannya selama ini.
“Anyway, You juga jangan baper ya if he ignore you. Soalnya dia emang ignorant gitu. Tapi dia baik kok aslinya. Just too cold aja. Maybe trauma.”
“Trauma apa?”
“Marriage.” Giselle ngehela nafas dulu. “I yakin sih itu alasan maminya ngejodohin dia sama you. Kalau I jadi dia, I juga pasti takut anak I jadi bujang lapuk gara-gara ga mau nikah. He gonna spend his old time alone. Being lonely. Ew…”
“Dia trauma nikah? Dia pernah nikah?!!”
“No!” Giselle jadi ngedelik. Mandangin Haechan dengan sinis. Dia ngedecak ketika ngeliat Haechan nampak ga bercanda. “You know lah maminya kawin cerai sampai tiga kali. Terus kan when I met him juga kan dia baru aja free dari abusive dad. Maybe ada trauma dari sana.”
Haechan jadi diem. Giselle tau banyak tentang Mark. Mungkin karena mereka memang temen kecil juga kali ya.
Haechan agak takjub sama hubungan mereka. Mark sama Giselle berawal dari cinta monyet masa kecil. Berlanjut sampe sekarang yang udah sedewasa ini. Haechan jadi sedikit merasa bersalah. Kalau bukan karena Mark dipaksa nikah sama Yeri, Mark dan Giselle mungkin bisa hidup bersama.
Giselle nampaknya sayang banget sama Mark. Dia tau beberapa hal tentang Mark yang Haechan nggak tau. Haechan yakin Giselle juga tau tentang rahasia Mark juga.
Haechan ngehela nafas. Dia harus segera bawa Yeri pulang supaya mereka bisa memutuskan sendiri apakah pernikahan ini akan dilanjutkan atau enggak.
 
Haechan khawatir mungkin mereka sudah menyakiti orang lain tanpa sengaja.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pengantin Pengganti Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang