Mau Pulang

303 19 3
                                    























Suasana tahun baru cukup menyenangkan. Ama tampak bahagia dikelilingi anak dan cucunya. Mark beneran pulang sebelum acara dimulai. Dia bahkan juga ngajakin Johnny dan Miyeon untuk ikut bergabung dalam acara. Teh Lisa juga datang bareng suaminya dari Jakarta. Wawa Hyorin, Istri Om Taeyang juga datang. Ayah nemenin Ama ngobrol selama acara memasak dan barbeque berlangsung. Jeongwoo tampak nelangsa karena terlihat jadi satu-satunya kaum jomblo di sana. Jadi dia menempeli Ama setiap saat. Ngegangguin neneknya dan berantem disana. Jadi hiburan tersendiri bagi yang menonton.

Asistennya Johnny ngobrol bareng istrinya Om Taeyang sambil bakar sosis dan jagung yang tadi sore di bersihin Jeongwoo. Johnny dan Mark sudah pasti ngobrol bareng. Topik mereka berdua ga dipahami baik sama ayah maupun sama Om Taeyang. Jadi ga ada yang ngajakin ngobrol. Bahkan suaminya Teh Lisa yang Haechan tau sebagai pengusaha juga ga berani ikutan ngobrol. Katanya topik mereka udah jauh. Dia malah ikut ngebantuin istrinya siapin semua peralatan barbeque. Ayah sama Om Taeyang sibuk berjibaku dengan asap arang. Mereka lagi ngebakar gurame.

"Haseup Ning (kena asap nih)!!" Ama protes sambil menghalau asap yang datang. Menutup hidung juga percuma karena asap terus berhembus dari pembakaran. Om Taeyang cuma ngelirik sekilas.

"Di ditu (ke sana), Ama. Lagian ngapain ke sini. Bukannya duduk aja udah disana sama Jungwu."

"Risi ah anak kamu mah."

"Ih ada juga Ama yang risi mah." Jeongwoo protes. Sudah menyusul di belakang Ama. "Sekarang ge tah protes wae. Haseup ceunah. Padahal mah atuh judulna ge bakar-bakaran. Daripada seuneu ngagedur siah. Kahuruan." (Sekarang aja protes terus. Asap katanya. Padahal kan judulnya aja barbeque an. Daripada api yang berkobar. Kebakaran.)

"Kamu ngapain ngikutin Ama wae?!!" Ama jadi sewot karena beneran digangguin Jeongwoo terus daritadi.

"Ama ada juga yang ngikutin!" Jeongwoo ga bisa berhenti bertingkah menyebalkan ke Ama. Tapi semua sudah biasa. Daripada Ama ikut-ikutan sibuk sama mereka, mendingan biarin aja Jeongwoo ngegangguin Ama. Biar heboh.

Ama ngedecih. Pindah ke meja dimana Teh Lisa dan ibunya lagi ngolesin sosis pake margarin. Wawa Hyorin lagi buat sambel ayam bakar. Haechan lagi motong bawang. Dan suaminya Teh Lisa yang sedang memandangi semua kegiatan. Dia langsung berdiri ketika ngeliat Ama nyamperin. Ngasihin kursinya buat Ama. Tapi Jeongwoo dengan kurang ajarnya menyerobot kursi duluan.

Ama ngedelik. "Atuh harusnya mah kamu teh ngasihin kursi buat Ama. Ama teh tos sepuh (Ama itu udah tua). Sama kamu dititah nangtung (disuruh berdiri)?"

"Atuh sini dipangku." Jeongwoo nepuk pahanya. Ama ngedelik lagi. Haechan ketawa dengan puas ketika pipi Jeongwoo di cubit Ama karena gemas.

Jeongwoo ngeringis ngerasain ngilu di pipi. Jadi dia bangun. Membiarkan Ama duduk di kursi sementara dia diketawain sama Haechan dan kakaknya. Mark juga kedengeran suara tawanya meskipun Jeongwoo ga liat.

"Udah, Woo. Kamu mah ngisengin Ama terus." Wawa Hyorin dengan lembut mengingatkan. Dia jarang Haechan lihat karena dia punya toko baju. Jadi kalo siang suka jualan di toko. Makanya jarang bantuin Om Taeyang ngurusin Ama.

Ama yang merasa dibela akhirnya mendengus puas. Ngambil pisau di meja. Mau ikut motong bawang bareng Haechan. Tapi Jeongwoo kembali mengganggunya dengan ngambil pisau dari tangannya.

"Teu kudu pipilueun, Ama. Ntar teh gimana kalo tangan Ama kakeureut? Buntung?" (Ga usah ikut-ikutan, Ama. Gimana kalau nanti tangan Ama kegores?)

"Ngomong teh sok sembarangan!!" Ama nepis tangan Jeongwoo. Mukul tangan cucunya yang baru aja ngomong sembarangan. Jeongwoo cuma ketawa aja ngeliat neneknya kesel.

Pengantin Pengganti Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang