Haechan nautin alis ketika ngeliat Mark masuk ke rumah. Dia ngelirik jam dinding dulu. Ini masih jam dua siang. Mark biasanya belum pulang kerja jam segini. Ini bahkan lebih siang lagi dari kali terakhir dia pulang siang.
"Saya mau kondangan. Kamu temenin ya."
Oh, mau kondangan. Another episode of Haechan harus bersikap jadi istri manis yang nemenin suami keluar. Tapi berhubung selama ini Mark udah baik banget nemenin dia selama di Bandung, Haechan ga terlalu protes.
"Kemana?"
"Temen SMA saya. Undangannya jam 4 sore. Masih ada waktu dua jam lagi." Mark juga tampaknya buru-buru. "Do you mind pake dress? Or you prefer... What is it? Kebaya?"
Haechan ngedelik. "Mending pake gaun. Kebaya mah gerah."
Dan sesek. Haechan juga ga bisa pake kebaya. Nanti ga bisa jalan. Haechan lebih jago jalan pake high heels dibanding pake rok kebaya yang bentuknya pensil sampe ujung.
"Okay, then. I was buy you one kalau ga salah. Saya pake kemeja hitam." Lalu dia masuk ke kamarnya.
Haechan cuma bisa menghah. Dua jam tuh berarti dibagi dua. Satu jam buat dandan. Satu jam lagi buat perjalanan menuju lokasi kondangan. Satu jam emang cukup ya buat dandan? Haechan bisa sih dandan sendiri. Kayaknya. Dia gak yakin. Tapi mudah-mudahan sih bisa. Selama ini kan dia ga pernah make up kalau keluar nemenin Mark. Paling pake bedak, lipstik dan maskara. Biar keliatan ada ceweknya dikit.
Gaun yang Mark pernah beli tuh ada banyak. Tapi jarang dipake karena Haechan lebih suka pake celana dan Hoodie. Mark juga ga pernah nanyain itu. Dia kayaknya cuma sengaja aja ngebeliin gaun untuk kebutuhan kayak gini. Haechan tadinya mau pake gaun yang warna putih. Tapi kan katanya kalo kondangan tuh ga boleh pake warna putih. Yang warna kuning juga bagus. Tapi kayak bebek ah. Masa kondangan warnanya ngejreng begitu. Mau pake yang warna coklat, udah pernah dipake di acara amal dulu. Kata Mark kan Haechan ga boleh pake baju yang sama dua kali di acara publik. Nanti jadi bahan omongan netizen.
"Dia bilang warna hitam kan ya..." Haechan sedikit ragu. Tapi dia berakhir pake gaun hitam beneran. Kebetulan itu emang gaun terbaru yang Mark beliin. Dari brand empat huruf yang modelnya artis KPop favorit Haechan juga. Haechan pake Wig berponi yang biasa aja. Ga ada reka-reka apa-apa. Udah aja kayak gitu biar ga ribet. Haechan kepikiran untuk pake heels ke kondangan. Tapi dia tetep berakhir pake sneakers Karena kalo di kondangan nanti pasti banyak berdirinya. Pegel nanti.
Haechan udah kayak cewek beneran. Dia sampe mempertimbangkan warna lipstik yang cocok dipake segala. Haechan ngeringis sendiri setelahnya. Tapi dia juga puas ngeliat hasil makeupnya sendiri. Ya ga berantakan banget lah ya. Haechan masih keliatan kayak cewek cantik.
"Mang Hasan belum masuk lagi?" Haechan nanya ketika mereka naik ke mobil Mark. Biasanya kalau mereka pergi bareng selalu bawa Mang Hasan. Mark cuma akan nyetir sendiri kalau dia bawa mobil sendiri aja.
"Dia minta minta nambah libur. Saya kasih aja. Lagi pulang kampung dulu katanya."
Haechan cuma ngangguk. Naik disamping Mark. Mark nyetir dengan tenang. Mereka ga terlalu banyak ngobrol. Soalnya mood Haechan masih berantakan. Jadi, satu jam perjalanan menuju gedung kondangan itu lebih banyak dilalui dalam keheningan.
"Mark Lee." Mark nyebutin namanya ketika penyambut tamu ngecek daftar undangan. Dia ga begitu mengenali keluarga yang juga menyambut tamu. Mark cuma kenal pengantin sebatas teman sekolah saja.
Penyambut tamu saling berbisik sambil melirik Mark malu-malu. Haechan ngedelik ngeliat mereka begitu. Dia semakin memepetkan diri ke Mark yang disambut dengan baik. Mereka kemudian diarahkan menuju aula. Mark menggandeng Haechan selama itu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Pengantin Pengganti
FanfictionHaechan sudah berkali-kali peringati kakaknya untuk hati-hati. Kalau memang ga suka sama calon yang ayah tunjuk, dia bisa bilang. Haechan akan cari cara untuk bantu dia lepas dari perintah ayah. Haechan yakin dia sudah tekankan itu setiap hari sebel...