Lega

309 24 1
                                    


















Haechan bangun kesiangan. Untung aja jadwal kerjanya tuh sore. Jadi dia santai. Haechan keluar dari kamar jam 1 siang. Kepalanya pusing karena tidurnya ga berkualitas. Haechan susah tidur. Tidurnya ga nyenyak. Jadi bawaannya juga pusing sama mumet banget.

Dia ngeliat ayah lagi ngeliatin foto ibu. Haechan jadi diem. Nyamperin ayah yang kayanya sih lagi ngelamun juga. Soalnya dia keliatan ga terusik sama kedatangan Haechan. Padahal normalnya dia pasti nengok.

Haechan pandangin foto ibu yang sampe sekarang masih dipajang di tembok. Selalu ayah pandangi kalau dia kangen ibu. Selalu dia lihat juga tiap hari. Haechan jadi mikir kalau ayah mungkin ngajak foto itu ngomong juga selama haechan tinggal dia sendirian.

"Ibu cantik banget..."

Ayah akhirnya nengok. Keliatan kaget liat Haechan di sebelahnya. Haechan cuma ngehela nafas. Ayah baru aja ngebuktiin diri kalau dia ngelamun.

"Ibu kamu yang paling cantik." Ayah akhirnya ngomong. Dia narik nafas panjang. Terus duduk di sofa.

Haechan ga bisa ga setuju. Ibu memang cantik. Cantik sekali. Ga heran kalau dia begitu memikat. Haechan ngehela nafas lagi. Terus nyusul ayah ke sofa. Sofa ayah sudah mulai lapuk. Haechan jadi kepikiran untuk beli satu set baru.

"Dulu, banyak yang naksir dia. Semua orang naksir dia. Tapi dia berakhir sama ayah. Sampe akhir hayatnya. Cuma ayah yang bisa milikin ibu."

Haechan ngangguk. Gimana pun juga, memang cuma ayah yang menikahi ibu. Haechan ngeliat ayah masih berusaha pandangi foto ibu. Dia jadi ikut ngelirik lagi.

"Pernah nggak, selama ayah hidup, ayah menyesal nikah sama ibu?"

"Ngaco kamu." Ayah jadi ngedelik ke Haechan. "Kenapa ayah harus menyesal? Ayah harusnya bangga punya ibu. Kalau ayah ga sama ibu, ga akan ada kamu, Ca."

Ayah benar. Kalau dia ga nikah sama ibu, Haechan ga akan pernah dilahirkan.

"Terus, ayah pernah nyesel nggak punya anak kayak saya?"

Kai jadi diem. Dia ngehela nafas dulu. Kai tentu ga lupa sama keadaan anaknya semalem. Dia juga ngedenger isakan Haechan di dalam kamarnya. Kai ga bodoh untuk sadar kalau sesuatu terjadi.

"Ga pernah. Ayah ga pernah menyesal. Mau diputer berapa kali pun, ayah ga akan pernah ngeganti pilihan ayah. Kamu anak ayah."

"Kalau ibu?" Haechan rasa suaranya agak serak. Tapi entahlah. "Ayah nyesel nggak nikah sama ibu?"

"Kenapa, Ca? Apa yang ganggu?" Kai pandangi anaknya yang hari ini tampak sendu meski bangun tidur.

"Saya ketemu temen lama ayah." Haechan jawab kalem. "Ada cerita yang ngejelasin kalau ayah kehilangan mimpi ayah karena menikahi ibu. Katanya, dulu ayah penari handal. Tapi semuanya harus berhenti karena ayah menikah."

Kai jadi diem. Kaget juga ngedenger kata Haechan. Dia ngulum bibir. Pandangannya mulai ga fokus. Haechan perhatiin semua reaksi itu.

"Saya kira dia salah orang. Ayah ga pernah suka kalau saya menari. Jadi saya yakin kita bukan lagi ceritain orang yang sama. Tapi dia bilang itu memang ayah."

Kai masih ga jawab. Dia juga keliatan panik dan ga tau harus gimana. Haechan jadi ngehela nafas lagi. Entah udah berapa kali dia ngehela nafas.

"Saya jadi mikir kalau alasan kenapa ayah selalu benci sama ayah selama ini tuh jangan-jangan karena ayah mikir ibu adalah penghancur mimpi ayah."

Kai langsung ngeliatin Haechan. Ngedelik. "Kamu mikirnya ayah benci kamu?"

"Tapi terus saya tau kalau saya sama kakak itu beda. Kita ga seayah." Haechan ngelanjutin tanpa ngedengerin Kai ngomong. "Saya sama kakak memang saudara kandung, tapi kita lahir dari ayah yang berbeda. Ibu lagi hamil waktu ayah nikahi."

Pengantin Pengganti Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang