"Eca kok belum pulang ya?"
Haechan diem ngedenger pertanyaan Ama. Ama ngeliatin ke luar pintu sambil ngomong. Ayah yang ngedenger juga jadi diem. Nonton TV dalam diam. Agak ngelirik Haechan. Tapi langsung buang muka lagi. Mereka masih belum ngobrol lagi.
"Coba atuh kamu cari ke temennya, Kai. Masa dia ga pulang ini udah dua hari." Ama nyolek Ayah yang diem aja. "Ama ada di sini masa dia ga pulang-pulang..."
"Biarin aja, Ma. Nanti juga pulang." Ayah berucap bodo amat. Masih fokus nonton tv yang bayangin berita soal pejabat yang pada flexing.
"Kamu mah. Giliran Yeri aja yang ga pulang, dicariin sampe ujung dunia." Ama ngomel. Sambil ngelirik Haechan yang duduk disebelahnya. Haechan jadi ngeringis.
Pengen teriak ke Ama. Ini loh Ama, Eca di sebelah Ama!!!
"Eca tuh adeknya Yeri, nak!" Ama tidak lupa ngejelasin ke Mark yang bingung. Dia duduk sebelah Haechan sambil main hape. Haechan ga bisa ngintip ke hapenya karena layarnya hitam kalo dari samping. Tapi tadi sih dia sempet lihat lagi liatin foto anak kecil.
"Adek?"
"Iya. Laki-laki. Mirip banget sama Yeri loh. Kayak kembaran tapi versi laki-lakinya." Ama menjelaskan dengan semangat. "Sekarang belum kerja sih. Dia lagi nyari-nyari gitu. Kamu ada kerjaan nggak? Atau tau tempat yang lagi ngebuka lowongan kerja. Kalo ada, kasih ke Eca. Kan sekarang Eca adek kamu juga."
Haechan merasa kehangatan dalam hatinya ngedenger ucapan Ama. Ama selalu ingat Haechan sama keadaan apapun.
"Ga usah. Nanti kebiasaan." Ayah berucap datar. "Dia tuh harus belajar mandiri, Ma. Jangan maunya dibantuin terus. Anaknya aja malas-malasan kayak gitu. Nanti kalau sudah dibantu terus ternyata kerjaannya ga serius, imbasnya malah ke Mark, gimana? Kan malu."
Haechan ga tau apakah ayah pura-pura lupa kalau Haechan juga ada di sini. Dia ngedenger semua ucapan Ayah yang super menyebalkan itu. Haechan nahan diri untuk nggak nyautin ucapan ayah karena mereka sekarang lagi di depan Ama.
Haechan ga mau diliat berantem sama Ama.
"Kamu mah emang sewot wae sama anak teh." Ama masih ngebelain Haechan. "Apa salahnya ngebantuin adek sendiri? Kan sekarang Eca juga adeknya dia. Ga ada salahnya dibantuin. Lisa saja yang cuma sepupu jauh mau ngebantu, masa kakak iparnya sendiri ga bisa. Eh, kemaren Taeyang kayak nggak ada?"
Haechan langsung ngangguk ketika menemukan kesempatan untuk mengalihkan topik. "Iya. Cuma ada Teh Lisa sama suaminya aja. Sama Jengwoo!"
"Aa, Yer!" Ama negor sambil nyolej tangan Haechan. "Kamu kan pernah aa sama Jeongwoo mah. Yang sopan atuh manggilnya."
Haechan muter mata. Padahal orangnya aja ga ada di sini. Kalo orangnya ada juga, Haechan panggil aa seperti kata Ama, paling nyengir dia. Malu sendiri.
"Nih dengerin!" Sekarang Ama nyolek Mark. Mark langsung nyimpen hapenya untuk ngedengerin Ama. "Keluarganya Yeri mah ga terlalu banyak. Kamu kan udah ketemu sama keluarga dari ayahnya. Itu yang baru pulang tadi sore teh itu Om sama Tante Yeri dari ayah. Kalo dari ibunya, ga punya sodara. Ama cuma punya anak satu. Sekarang anak Ama udah meninggal, jadi ga ada lagi."
Haechan megangin tangan Ama ketika ngeliat Ama jadi sedih ngomongin ibu. "Udah atuh, Ama."
"Biar kenal suami kamu!" Ama nepis tangan Haechan. Dia ngomong sama Mark lagi. "Anak Ama udah ga ada. Tapi Ama punya keponakan. Namanya Taeyang. Punya istri namanya Haerin. Terus anaknya ada tiga. Yang pertama Lisa. Yang kedua Jeongwoo. Yang terakhir bungsu masih ABG namanya Asa. Asa ga datang juga ya kemaren, Yer?"
KAMU SEDANG MEMBACA
Pengantin Pengganti
FanfictionHaechan sudah berkali-kali peringati kakaknya untuk hati-hati. Kalau memang ga suka sama calon yang ayah tunjuk, dia bisa bilang. Haechan akan cari cara untuk bantu dia lepas dari perintah ayah. Haechan yakin dia sudah tekankan itu setiap hari sebel...