Punya Orang

257 26 5
                                    



















Haechan serius soal bertukar tempat. Dia beneran jemput Yeri dua hari kemudian. Haechan, dengan muka datar tanpa ekspresi, bantu Yeri naik ke mobil. Bareng sama ayah juga. Mang Hasan mandangin Haechan dengan bingung. Tapi ga ngomong apa-apa.

"Mark jarang sarapan, jadi kamu cuma perlu siapin kopi sama cemilan pagi aja. Saya biasanya kasih dia roti atau kue. Gorengan juga dia mau kok."

"Mark suka semangka. Kamu harus selalu Setok persediaan semangka di kulkas. Pokoknya dia tuh kalo kelaparan malem-malem, yang dicari pertama kali pasti semangka dulu, baru abis itu mie instan atau jajanan ringan."

"Kamar Mark ga perlu di beresin. Biasanya dia beresin sendiri. Soalnya suka ga boleh masuk. Kamu cuma perlu ambil cucian kotor aja. Disimpan di keranjang di pojok belakang pintu. Terus habis itu keluar lagi."

Ayah hampir ngebuka pintu kamar Mark. Tapi Haechan keburu tahan. "Kan udah dibilangin jangan masuk, yah. Mark ga suka kalau kamarnya dimasuki orang sembarangan. Saya juga masuknya cuma kalo mau ambil baju kotor aja. Itupun kalau orangnya ada di kamar. Kalau ga ada, saya juga ga berani."

Ayah ngangguk. Ngebiarin Haechan ngejelasin rumahnya lagi.

"Sekarang-sekarang sih Mark jarang di rumah. Soalnya dia sibuk di kantor agensinya. Persiapan debut girlgrup. Sebelum pergi malah dia ga pulang seminggu penuh karena ngurusin shooting music video. Sampe makan aja harus dikirimin. Saya harus nelepon asistennya untuk tau dia udah makan apa belom."

"Mark harus dikabari setiap saat." Haechan kasihin hape yang dia pake buat jadi hape Yeri. Ada chat dari Mark yang belum dibuka. Isinya ngasih tau kalau dia baru bangun dan lagi siap-siap mau ke peternakan sapi.

"Ini hape aku." Yeri akhirnya ngomong. Sambil mandangin hape lamanya yang baru aja dikasih Haechan. Ayah mandangin mereka dalam diam.

Haechan ngangguk. "Saya pake ini untuk komunikasi sama orang lain sebagai kamu."

Yeri ngangguk. Dia coba ngebuka ruang obrolan Haechan sama Mark. Chatnya udah dihapus. Ga ada yang bisa Yeri baca selain chat terbarunya. Yeri ngelirik Haechan. Tapi Haechannya ga terlalu peduli. Dia malah masuk ke ruangan disebelah kamar Mark.

"Ini kamar saya. Sekarang jadi kamar kamu."

Yeri mandangin Haechan aneh. Ayah juga. Yeri ngelirik kamar yang baru Haechan tunjukin. "Kalian selama ini pisah kamar?"

Haechan ngangguk. "Mark ga suka kamarnya dimasuki orang, jadi saya juga tidurnya di sini."

Haechan masuk duluan. Kamarnya Haechan itu ga rapi. Ya normal lah untuk kamar laki-laki. Di rumah ayah juga gitu. Tapi kamarnya bersih. Haechan akan marah kalau ada orang ngotorin kamarnya. Dia selalu pastikan kamarnya bersih dari sampah atau debu. Ada koper yang sudah rapi di lantai. Di bawah lemari.

"Mark biasanya ngajak kamu untuk acara-acara tertentu. Bajunya tinggal pilih aja. Jangan lupa sesuaikan dengan acara dan konsepnya." Haechan ngebuka pintu lemari. Ada banyak dress dan rok di sana.

"Baju kamu?"

"Baju saya udah rapi di sini." Haechan nepuk koper di lantai. "Mark suka kalau saya pake dress dan gerai rambut. Dia juga suka seneng kalau saya pake baju yang warnanya disamain sama yang dia pake. Soalnya keliatan harmonis sama orang lain. Katanya, meskipun ga semanis itu, orang lain ga perlu tau keributan rumah tangga kita."

Ayah ngangguk setuju. Dia senyum kecil menyadari kalau Mark memang pasangan yang sempurna untuk anaknya.

"Baju saya udah rapi. Kamu tinggal rapihin baju tambahan kamu aja di sini. Style kita beda. Kamu harus tunjukin diri kamu pelan-pelan dulu."

Pengantin Pengganti Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang