Aduh banyaknya berita-berita tentang kekejian, kekejaman, kehinaan, dan kedurhakaan yang dilakukan oleh manusia.
Manusia memenggal kepala manusia, dan penggalan kepala itu dibawa di tangannya seperti membawa sebutir kelapa dari pasar.
Manusia memotong-motong tubuh manusia dan potongan-potongan tubuh itu bertindihan bagai kayu bakar.
Manusia menikam pisau ke perut manusia. Manusia menusukkan pedang ke dada manusia. Manusia saling membunuh karena persoalan-persoalan kecil, karena cemburu, karena seekor katak, karena kepulan asap yang membuat batuk.
Manusia memperkosa manusia. Bapak memperkosa anak kandungnya. Kakek memperkosa cucunya. Pemuda memperkosa anak kecil. Anak di bawah umur memancing-mancing agar diperkosa. Orang meniduri istri tetangganya. Istri yang ditinggal suaminya pergi kerja menawarkan dirinya. Lelaki muda memperkosa ibu kandungnya.
Seorang lurah pusing karena begitu banyak penduduknya berzina, lomba kumpul kebo, tanding menyeleweng ....
Aduh banyaknya berita-berita tentang kekejian, kekejaman, kehinaan, dan kedurhakaan yang dilakukan oleh manusia.
Mereka itu orang-orang kecil yang sumpek hidupnya, dan mereka itu orang-orang kaya raya yang rakus dan maniak liberalismenya.
Orang-orang kecil itu di bawah sadarnya merasa diperkosa, didera oleh kekejaman, kehinaan, dan kedurhakaan yang transparan, yang tak begitu tampak, yang canggih, yang diatur sedemikian rupa sehingga hampir tak terasa sebagai kekejaman dan kehinaan.
Orang-orang kecil tak mampu menjawab kekejaman itu, sementara sukmanya mendidih. Pada suatu hari, meledaklah hidupnya oleh air mendidih itu, dan muncratlah kekejaman-kekejaman yang ... lugu, yang tidak "terpelajar", yang kasar, yang tidak canggih, yang tidak sistemik dan tidak terstruktur.
Sementara orang-orang besar memperkosa dan membunuh - dalam arti yang luas, luas, luas - karena kepongahan yang tak terbatas. []
- Secangkir Kopi Jon Pakir -
KAMU SEDANG MEMBACA
Cak Nun - Sebuah Kumpulan Tulisan
RandomSeperti yang tertulis pada covernya, "Jangan Berhenti Pada Kata Cinta, Alamilah Getarannya . . .", ini adalah sebuah getar-getar yang mencoba mengurai cinta tak hanya sekedar dari kata, melainkan dari pengalaman kehidupan yang meluas dan mendalam, r...