Di dalam Aula Zichen yang megah, Li Jing Ye menghabiskan sepanjang hari mengurus urusan kenegaraan. Kelelahan kini telah menguasainya, dan dia bersandar ke kursinya yang penuh hiasan, matanya tertutup rapat saat dia berusaha memulihkan semangatnya.
Qian Yang berdiri di hadapan Kaisar dengan kepala menunduk hormat, menceritakan kejadian malam sebelumnya dengan suara lembut dan jelas. Terlepas dari penjelasannya yang mendetail, dia tidak mendeteksi adanya tanggapan dari pria itu, dan rasa penasarannya menguasai dirinya saat dia diam-diam mencuri pandang.
Kaisar telah membuka matanya tanpa dia sadari dan tanpa bergerak menatap asap yang mengepul dari pembakar dupa porselen putih dengan ukiran pola awan di sampingnya. Dia tenggelam dalam pikirannya dan dia tidak tahu seberapa banyak kata-katanya yang dia dengar.
Kaisar dibesarkan dengan kode etik yang ketat dan berhati-hati dalam menjaga ketenangannya. Dia jarang mengkritik orang lain, jadi semua orang mengira dia baik dan lembut.
Hanya mereka yang memiliki hak istimewa untuk mengabdi padanya yang tahu bahwa meskipun sikapnya santai, naluri Kaisar sangat tajam, dan kecurigaannya terhadap orang lain sulit dihilangkan.
Hati Qian Yang berdebar gelisah saat dia bertanya-tanya apakah dia telah bertindak gegabah dengan datang hari ini.
Li Jing Ye duduk diam untuk waktu yang tidak diketahui, tenggelam dalam pikirannya. Ketika dia akhirnya kembali ke masa sekarang, dia menunjuk ke arah Qian Yang dengan lambaian tangannya, “Itu saja. Teruslah berjaga-jaga.”
Qian Yang melepaskan napas yang tidak dia sadari telah dia tahan, tetapi sebelumnya melirik Kaisar dengan enggan untuk terakhir kalinya. Dia membungkuk dalam-dalam dan keluar dari ruangan.
“Yuan Shi.” Li Jing Ye meletakkan tangannya di sandaran tangan dan memijat pelipisnya. Suaranya tanpa emosi. “Bagaimana situasinya?”
He Yuan Shi tahu bahwa kecurigaan Kaisar tidak akan mudah diredakan, bahkan jika mereka gagal menemukan bukti nyata. Dia telah mengirim seseorang untuk menyelidiki para kasim dan pelayan istana yang bertugas di Halaman Shaoyang malam sebelumnya. Sekarang setelah dia memperoleh hasilnya, dia melangkah maju dan berbicara dengan nada pelan, “Yang Mulia, saya telah menerima kabar. Pangeran Rui meninggalkan Halaman Shaoyang selama lebih dari satu jam tadi malam. Dia kembali hanya setelah diantar kembali oleh Jenderal Pei.”
Li Jing Ye mengerutkan kening. “Apakah dia bersama Zi Hui?”
Dia memang menginstruksikan Pei Ji tadi malam untuk mencoba membujuk Pangeran Keenam jika dia melihatnya, namun saat itu, Pei Ji sudah menyelesaikan tugasnya dan tetap berada di istana, yang tidak sejalan dengan perilaku biasanya.
Apakah Pangeran Keenam benar-benar menghabiskan lebih dari satu jam bersama Pei Ji?
Memikirkan tatapan dingin yang diberikan Janda Permaisuri kepadanya ketika dia pergi ke Aula Chang'an untuk memberikan penghormatan kemarin, dan kata-kata dari beberapa anggota istana dekat setelah sidang pagi hari ini, Li Jing Ye merasakan gelombang kekesalan.
Tiga bulan telah berlalu, namun mereka masih mengungkit tindakan impulsifnya sejak hari itu dan mengkritiknya karenanya.
Dia berencana untuk tinggal di Aula Zichen untuk menangani urusan kenegaraan malam ini, tapi dia tidak punya keinginan untuk melakukannya sekarang.
Saat malam tiba di luar aula, dia tiba-tiba bangkit dan mulai mondar-mandir di aula, akhirnya berkata, “Pergi ke Kuil Wangxian.”
He Yuan Shi membungkuk dan berbalik untuk menginstruksikan para kasim menyiapkan kursi sedan.
🍀🍀
Segera setelah Qian Yang meninggalkan Kuil Wangxian, Chun Yue bergegas masuk ke kamar dan berseru kepada Li Zhi, “Dia sudah pergi dan sepertinya dia berusaha untuk berdandan. Nona, apakah kita akan membiarkan kejadian kemarin berlalu tanpa hukuman?”
KAMU SEDANG MEMBACA
[END] At the Noble Consort's Feet
Historical FictionSinopsis : Li Zhi terlahir kembali sebagai kutukan, ditakdirkan untuk membawa kehancuran pada sebuah kerajaan yang sudah mengalami kemunduran. Pada usia lima belas tahun, kecantikannya yang halus menarik perhatian Pangeran Rui, yang jatuh cinta pada...