Li Zhi berjuang untuk memahami arti di balik kata-katanya. Pada saat itu, dia menatapnya, wajahnya dipenuhi kebingungan.
Tatapan Pei Ji tertuju pada ekspresi kepolosan dan kebingungannya yang jarang terlihat. Pada saat itu, hatinya meleleh, dan dia tidak bisa menahan diri untuk menurunkan dirinya untuk memberikan ciuman lembut di bibirnya. Namun, alih-alih menjawab keraguannya secara langsung, dia hanya tersenyum dan berbicara, “Sepanjang sejarah, para penguasa telah mengatur wilayah mereka dengan kebajikan dan pengabdian. Keutamaan berbakti yang mendalam ini diharapkan dari semua orang, mulai dari penguasa terkuat hingga warga negara yang paling rendah hati. Namun, harapan dan adat istiadatnya berbeda-beda, bergantung pada status dan keadaan seseorang. Sebagai penerus Gubernur Militer Hedong, saya harus dengan patuh menjalankan masa berkabung selama tiga tahun untuk ayah saya. Namun, tidak semua individu terikat oleh kewajiban ketat tersebut.”
Dia menghentikan pidatonya, cengkeramannya pada tangan wanita itu semakin erat, saat mereka melanjutkan.
Dengan langkah anggun, dia mengikuti jejaknya, pikirannya dengan cermat membedah setiap kata-katanya.
Masa berkabung selama tiga tahun biasanya memberikan batasan wajib bagi pejabat yang bertugas di pemerintahan. Ketika mereka kehilangan orang tua, apapun pangkatnya, mereka harus kembali ke kampung halamannya untuk memenuhi kewajiban berbakti, kecuali timbul keadaan luar biasa dan pengadilan mendesak kehadirannya. Namun, kewajiban ketat seperti itu jarang dibebankan pada masyarakat awam.
Namun Pei Ji jelas tidak akan melepaskan prospeknya dan menjadi warga negara biasa. Pandangannya tertuju pada pencapaian yang lebih tinggi lagi.
Dan nampaknya hanya satu posisi luar biasa yang menunggunya di alam luhur tersebut.
Langkah Li Zhi tiba-tiba terhenti, tangannya tergenggam erat dalam genggamannya.
“Sayang Ketiga, apakah kamu ingin… menjadi Kaisar?”
Dia menatapnya dengan heran, menghadapkannya dengan dugaan yang telah terbentuk di hatinya.
Meskipun Kaisar juga menjunjung tinggi kesalehan berbakti, dia tidak diwajibkan untuk menjalankan masa berkabung selama tiga tahun seperti pejabat biasa. Biasanya, tiga bulan saja sudah cukup.
Pei Ji mengangguk dan membimbingnya ke sisi koridor yang menghadap ke hutan persik, tempat matahari sebelumnya bermandikan. Menyembunyikan senyum di wajahnya, dia berbicara dengan sungguh-sungguh, “Aku tidak akan menyembunyikannya darimu. Keadaan di dunia telah berubah, dan saya memang memiliki niat seperti itu.”
Li Zhi dengan penuh perhatian mendengarkan kata-katanya yang pelan.
“Sebelum ayah saya memulai perjalanannya ke utara, dia berbagi beberapa kata dengan saya. Dia mengatakan bahwa jika konflik meletus di seluruh dunia, hal ini disebabkan oleh beberapa kekuatan besar yang terjebak dalam kebuntuan terus-menerus. Dan rakyat jelatalah yang menanggung penderitaan paling besar. Peran Kaisar adalah menundukkan semua kekuatan ini dan menjaga perdamaian dan stabilitas dunia. Kata-kata itu diucapkannya saat pengadilan masih utuh, meski menghadapi tantangan internal dan eksternal. Tapi sekarang, Yang Mulia… telah meninggal dunia.” Dia berhenti, tangannya mengepal erat, dan melanjutkan dengan nada serius, “Istana kecil yang lemah di Shu itu tidak lagi memiliki kekuatan untuk menahan orang lain."
Li Zhi mengangguk dan berkata, “Kamu benar. Itu sebabnya An Yi Kang, bahkan setelah menderita kekalahan, berani kembali ke Kota Ye dan buru-buru menyatakan dirinya sebagai Kaisar. Dia mengerti bahwa musuh sebenarnya adalah kamu, karena Kaisar Kecil Shu tidak bisa lagi mengendalikannya.”
“Ya, An Yi Kang mengetahuinya, dan yang lain juga menyadarinya.” Mata Pei Ji berkedip karena khawatir. “Jika tidak ada seorang pun yang dapat menahan banyaknya kekuatan, tidak lama lagi, bahkan rakyat jelata yang tidak terorganisir pun berani mengambil keuntungan dan mengambil bagian. Aku mempunyai pemikiran seperti itu karena dua alasan: pertama, karena aku mempunyai ambisi dan cita-cita—hal ini tidak dapat disangkal. Kedua, itu juga karena saya tidak ingin menyaksikan kekaisaran jatuh ke dalam kekacauan lagi.”
KAMU SEDANG MEMBACA
[END] At the Noble Consort's Feet
Historical FictionSinopsis : Li Zhi terlahir kembali sebagai kutukan, ditakdirkan untuk membawa kehancuran pada sebuah kerajaan yang sudah mengalami kemunduran. Pada usia lima belas tahun, kecantikannya yang halus menarik perhatian Pangeran Rui, yang jatuh cinta pada...