Saat matahari mulai terbenam, Li Ling Yue duduk sendirian di mejanya, menghela nafas panjang sambil meletakkan penanya.
Meja itu dipenuhi tumpukan kertas, setiap lembarnya berisi hasil kerja kerasnya selama dua minggu terakhir – tiga jilid “Buku Wanita” yang dengan susah payah disalin oleh tangannya.
Dengan mata lelah dan kepala berat, dia menyingkirkan kertas-kertas itu darinya dan menoleh ke pelayan yang menunggu, suaranya lemah dan tegang. “Bawa ini ke Aula Zichen dan berikan pada Yang Mulia.”
Pelayan itu mengangguk dan dengan cekatan mengumpulkan dokumen-dokumen berharga itu, menggendongnya di pelukannya sebelum menyelinap keluar dari aula.
Di luar, tatapan mata puluhan kasim dari Aula Zichen tetap tertuju pada pintu, sehingga mustahil bagi Li Ling Yue untuk meninggalkan ruangan sampai dia menyelesaikan tugas besarnya yaitu menyalin setiap kata dari tiga jilid.
Hari demi hari, pejabat dari Biro Shangyi datang untuk memeriksa pekerjaannya, mengamati setiap goresan penanya. Ketidaksempurnaan atau kesalahan apa pun berarti seluruh halaman harus dikerjakan ulang, dan hal ini berlanjut selama lebih dari dua minggu.
Dia mendapat firasat bahwa kali ini kaisar telah memutuskan untuk menahan dan mendisiplinkan adik perempuannya dengan benar.
Para kasim yang ditempatkan di luar aula menerima benda-benda yang dipersembahkan oleh pejabat wanita tersebut. Dua dari mereka berjalan menuju Zichen Hall dengan membawa muatan mereka, sementara yang lainnya tetap tidak bergerak.
Li Ling Yue merasakan gelombang kejengkelan dan bangkit berjalan mengelilingi ruangan, menerangi ruangan itu dengan beberapa lampu.
“Putri, ini waktunya makan,” pelayan istana di sampingnya berbicara dengan hati-hati.
Sang putri yang dulunya adalah seorang yang penuh semangat, tidak tahan dipenjara dalam jangka waktu yang lama. Kegelisahannya bertambah setiap hari.
Seolah tuli terhadap kata-kata pelayan itu, Li Ling Yue tiba-tiba berhenti dan merengut ke arah pelayan itu, memberi isyarat agar dia mendekat. Dengan suara pelan, dia bertanya, “Apakah kamu berhasil mendapatkan apa yang aku kirimkan untuk kamu temukan?”
Wajah pelayan istana menjadi pucat dan dia secara naluriah melihat sekeliling sebelum berjalan beberapa langkah lebih dekat dan dengan ragu berkata, “Pelayan ini bertanya kepada sesama penduduk desa di Biro Pengobatan beberapa hari yang lalu dan memang ada obat seperti itu. Namanya 'Bunga Zhuqing', obat rahasia yang diturunkan sejak dinasti sebelumnya. Banyak Kaisar di masa lalu yang sudah tua dan kebingungan sering mengambilnya. Saat ini, tidak ada seorang pun di istana yang menggunakannya karena beberapa bangsawan menggunakannya untuk Kaisar di dinasti sebelumnya, sehingga dijaga ketat. Pelayan ini tidak berani mengatakan itu atas permintaan sang Putri, melainkan untuk Kakak Laki-laki di rumah yang tidak memiliki anak. Setelah banyak bujukan, pelayan ini akhirnya mendapatkan botol kecil.”
Saat dia berbicara, dia mengeluarkan botol porselen kecil yang telah disembunyikan di lemari selama beberapa hari dan menyerahkannya kepada Li Ling Yue.
Mata Li Ling Yue sedikit melebar saat dia menerimanya dan dengan hati-hati memeriksa cairan coklat semi-transparan dalam botol kecil di bawah cahaya lilin, tapi dia tidak dapat mendeteksi aroma apa pun.
Dia teringat percakapan berbisik dua wanita di Paviliun Yunlai hari itu, dan wajahnya memerah.
Faktanya, pada saat itu, dia tidak tahu obat apa yang akan mereka gunakan pada Kepala Sensor Istana An, tapi samar-samar dia merasa bahwa itu bukanlah hal yang baik. Belakangan, ketika dia bertanya kepada saudara keenamnya, dia juga berbicara dengan samar dan tidak mau menjelaskan lebih lanjut.
KAMU SEDANG MEMBACA
[END] At the Noble Consort's Feet
Historical FictionSinopsis : Li Zhi terlahir kembali sebagai kutukan, ditakdirkan untuk membawa kehancuran pada sebuah kerajaan yang sudah mengalami kemunduran. Pada usia lima belas tahun, kecantikannya yang halus menarik perhatian Pangeran Rui, yang jatuh cinta pada...