Chapter 20 : Hindrance

110 7 0
                                    

Li Zhi sedikit terkejut, tapi dia segera berdiri dan menyapa Li Jing Ye di depan pintu. Dia memberi isyarat kepada Ny. Yang dan Zhong Miao Yun untuk menemaninya, dan dengan anggun dan hormat, mereka semua membungkuk serentak.

Pei Ji mengikuti di belakang, tapi dia tetap tidak melihatnya lagi.

Li Jing Ye telah mengadakan pertemuan di Aula Yanying, memanggil para menteri kekaisaran berpangkat tertinggi, pejabat militer, dan jenderal perbatasan yang datang ke Chang’an untuk melaporkan tugas mereka.

Selama beberapa tahun terakhir, suku-suku Turki dilanda perselisihan dan kerusuhan internal. Akibatnya, perbatasan utara Wei Besar mengalami jeda aktivitas untuk sementara.

Namun, seiring fajar menyingsing, gejolak internal suku-suku Turki berangsur-angsur mereda. Khan baru, Ashina Duobi, yang baru berusia tiga puluh tahun dan berada di masa jayanya, dengan kekuatan dan ambisi besar, gelisah dalam beberapa bulan terakhir. Pada bulan lunar kelima dan keenam, dia telah mengirimkan ratusan kavaleri untuk mengganggu perbatasan Youzhou.

Ketika musim gugur sudah tiba, dan musim dingin akan segera menyusul, ini adalah masa dimana masyarakat Turki paling rentan karena kekurangan makanan dan persediaan. Kemungkinan besar mereka akan memanfaatkan kelemahan ini dan melancarkan invasi besar-besaran ke perbatasan.

Para pejabat di pengadilan mempunyai pendapat berbeda mengenai masalah ini.

Para pejabat veteran yang memiliki pandangan ke depan, seperti Du Heng dan Pei Yan, percaya bahwa persiapan perang harus dilakukan sesegera mungkin. Sementara itu, para jenderal perbatasan, seperti Gubernur Militer Lulong, An Yikang, bersikeras untuk diberikan otonomi yang lebih besar atas pasukan mereka dan bahkan telah mengajukan permintaan resmi kepada Kaisar.

Li Jing Ye selalu sangat curiga dan tidak mempercayai jenderal perbatasan memiliki kendali penuh atas urusan militer dan politik. Meski menyadari sepenuhnya potensi ancaman yang ditimbulkan oleh masyarakat Turki, namun ia masih ragu untuk menyerahkan seluruh kewenangan kepada berbagai komandan yang ditempatkan di perbatasan utara.

Perdana Menteri Xiao Lingfu, yang selalu mengikuti keinginan Kaisar, sangat yakin bahwa tidak ada kebutuhan untuk memberikan otonomi yang lebih besar kepada para jenderal perbatasan saat ini. Sebaliknya, ia berpendapat bahwa keputusan harus diambil hanya ketika musim dingin tiba dan situasi menjadi lebih jelas.

Perselisihan sengit terjadi antara kedua belah pihak di Yanying Hall beberapa saat yang lalu.

Karena Li Jing Ye tidak dapat mengambil keputusan, dia mengusir semua orang untuk sementara waktu dan hanya membawa Pei Ji bersamanya ke Kolam Taiye untuk meminta nasihatnya secara pribadi.

Meski merupakan putra Duke Yanguo, Pei Ji tidak pernah ikut campur dalam urusan negara untuk membujuk Kaisar Li Jing Ye. Ketika dia berusia antara dua belas dan enam belas tahun, dia bertugas bersama Pei Yan di Hedong dan mengalami pertempuran nyata di usia muda. Oleh karena itu, Li Jing Ye sangat menghargai pendapatnya.

Saat mereka berjalan dan berbicara, mereka segera tiba di Paviliun Qinghui. Li Jing Ye ingat bahwa keluarga Zhong datang ke istana hari ini, jadi dia membawa Pei Ji untuk melihatnya.

Li Jing Ye pertama-tama membantu Li Zhi berdiri, meraih tangannya dan membimbingnya untuk duduk sebelum mengalihkan pandangannya ke arah ibu dan anak perempuan Zhong yang duduk di samping.

Nyonya Yang semakin gemetar, tangannya gemetar tak terkendali. Dia menundukkan kepalanya, terlalu takut untuk melihat wajah Kaisar.

Di sisi lain, Zhong Miao Yun tidak menyembunyikan rasa penasarannya dan diam-diam mengangkat matanya untuk mengamati Kaisar muda.

[END] At the Noble Consort's FeetTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang