Kehangatan ruangan telah diserbu oleh angin dingin awal musim dingin, saat jendela dibiarkan terbuka lebar. Li Zhi menggigil tanpa sadar dalam pakaian tipisnya.
Pei Ji buru-buru menutup jendela sebelum mendekatinya perlahan. Sosoknya yang tinggi membuat bayangan dalam kerlap-kerlip cahaya lilin, menyelimuti sosok anggunnya sepenuhnya.
Salah satu dari mereka duduk sementara yang lain berdiri, dan mereka terdiam beberapa saat, masing-masing tampak tenggelam dalam pikirannya sendiri.
Akhirnya, Li Zhi mengangkat kepalanya dan menatap pria itu. “Jenderal, apa yang membawamu kemari pada jam segini?”
Nada suaranya datar, dan wajahnya seperti biasa, tetapi Pei Ji tahu bahwa dibandingkan dengan inisiatif sebelumnya, dia tampak kurang tertarik dan lebih cuek hari ini, bahkan sedikit enggan.
Mungkin dia tidak senang dia datang pada saat seperti itu.
Hatinya agak pahit, dan dia mengerucutkan bibirnya. “Saya di sini untuk membicarakan masalah yang dipercayakan oleh Permaisuri Mulia kepada saya.”
Dengan jentikan pergelangan tangannya, dia mengeluarkan beberapa sketsa dari lengan bajunya dan memberikannya padanya.
Saat dia menerimanya, wajahnya menjadi tenang, dan dia mulai membaca dengan teliti gambar-gambar itu, profilnya menghasilkan bayangan lembut di bawah cahaya lilin yang hangat.
Pei Ji melihatnya sebentar, lalu memaksakan dirinya untuk membuang muka. Dia mengambil beberapa langkah lebih dekat dan berjongkok di sampingnya, menunjuk label pada sketsa dan menjelaskan padanya, “Tata letak Yangzhou berbeda dengan Chang'an. Bagian utara kota biasanya menampung kantor-kantor pemerintah dan dianggap sebagai pusat administrasi, sedangkan bagian selatan kota sebagian besar merupakan pemukiman dan komersial. Mereka memiliki blok lingkungan dan jam malam, tapi tidak seketat Chang’an, dan orang-orang masih bepergian di malam hari…".
Li Zhi mendengarkan kata-katanya dengan penuh perhatian dan mempelajari lokasi ketiga properti itu satu per satu. Dia memeriksa tata letak setiap properti dan setelah mempertimbangkan dengan cermat, memilih rumah yang lokasinya dekat dengan kantor pemerintah dan jalan panjang di samping kanal. “Ayo kita pilih yang ini. Dalam beberapa hari, aku akan meminta pelayanku mengirimkan uang terbang ke rumah Jenderal. Saya meminta agar Jenderal mengurus masalah ini untuk saya. Properti ini akan didaftarkan atas nama A’Zi.”
Uang terbang, sejenis surat promes yang dapat ditukar dengan koin tembaga, telah menjadi metode pembayaran favorit di kalangan pedagang terkaya di kota. Bagi Li Zhi, yang perlu membeli rumah dengan koin tembaga dalam jumlah besar, menggunakan uang terbang lebih masuk akal, karena jauh lebih aman dan nyaman daripada mengangkut koin itu sendiri.
Pei Ji mengerutkan alisnya dan mengumpulkan sketsa itu sekali lagi, berkata, “Tidak perlu. Saya bisa mengatasinya sendiri.”
Ia menjalani gaya hidup sederhana, jarang terlibat dalam perbuatan buruk yang cenderung dilakukan oleh putra bangsawan lainnya, seperti berjudi atau bergaul dengan pelacur. Meskipun pundi-pundinya tidak melimpah, ia mempunyai kekayaan yang cukup untuk membeli rumah. Dia merasakan niat Li Zhi untuk menjauhkan diri darinya.
Meskipun berita itu seharusnya membuatnya senang, Pei Ji tidak merasakan kegembiraan apa pun.
Li Zhi tertawa kecil dan menggelengkan kepalanya, “Aku bisa mengatasinya sendiri. Anda tidak perlu menyusahkan diri sendiri".
Dia selalu percaya bahwa hubungan antara pria dan wanita hanyalah transaksi yang saling menguntungkan. Jika Pei Ji membantunya hari ini, itu hanya karena dia merasa bersalah. Li Zhi tidak ingin menghilangkan rasa bersalahnya terlalu cepat, kalau-kalau dia perlu mengandalkannya di masa depan.
KAMU SEDANG MEMBACA
[END] At the Noble Consort's Feet
Historical FictionSinopsis : Li Zhi terlahir kembali sebagai kutukan, ditakdirkan untuk membawa kehancuran pada sebuah kerajaan yang sudah mengalami kemunduran. Pada usia lima belas tahun, kecantikannya yang halus menarik perhatian Pangeran Rui, yang jatuh cinta pada...