Chapter 21 : Zhongqiu Festival

112 7 0
                                    

Li Zhi menyadari ketegangan di wajah Pei Ji dan postur tubuhnya yang kaku. Senyuman lucu perlahan menari-nari di bibirnya saat dia melihat sosoknya menjauh di kejauhan.

Dia berputar dengan anggun, sengaja menghindari arah Istana Chenghuan.

“Nona, bukankah kita harus kembali?” Chun Yue bertanya, memiringkan kepalanya ke samping.

Li Zhi tersenyum. “Ayo pergi ke Rumah Musik. Selama Festival Qianqiu, saya harus menampilkan tarian untuk Yang Mulia.”

Festival Qianqiu, peringatan ulang tahun Li Jing Ye, memerlukan hadiah paling mewah dari selir dan bangsawan kekaisaran.

Tanpa harta benda yang menonjol atas namanya, Li Zhi hanya menawarkan bakatnya dalam menyanyi dan menari. Untungnya, di negeri Wei Agung yang ramai, musik dan tarian adalah bagian integral dari budaya mereka. Dari petani terendah hingga bangsawan tertinggi, semua orang dipersilakan naik ke panggung dan tampil.

Bahkan selama sidang pengadilan besar yang berlangsung seperti jarum jam, di mana para anggota istana membungkuk dan memberikan penghormatan kepada Kaisar dengan begitu serius, mereka juga diharapkan menampilkan tarian tambahan, memutar-mutar tangan dan kaki mereka untuk merayakan kegembiraan.

Dari apa yang dia kumpulkan, banyak selir naik ke panggung selama jamuan makan besar yang diadakan di dalam tembok istana. Bahkan Permaisuri Murni Xiao yang tenang dan anggun pernah menghiasi pesta Istana Timur dengan tarian menakjubkan untuk Li Jing Ye ketika dia masih menjadi Putra Mahkota.

Karena alasan inilah, dia selalu mengunjungi Rumah Musik hampir setiap hari selama dua minggu terakhir.

Meskipun dia tidak ingin membuat kerumunan orang terpesona seperti mimpi mistis, ulang tahun Kaisar bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng.

Selain itu, Pei Ji juga diharapkan menghadiri perayaan hari itu.

🍀🍀

Setelah beberapa hari, Festival Zhongqiu tiba.

Malam sebelumnya, Li Jing Ye menginap di Istana Chenghuan dengan tujuan untuk lebih dekat dengan Li Zhi, namun dia dibujuk oleh He Yuan Shi untuk tidur lebih awal.

Keesokan harinya, dia dibangunkan sebelum fajar dan mengenakan pakaian upacara lengkap. Dia akan menerima ucapan selamat dari para pejabat, menerima hadiah dan salam dari utusan dari berbagai negara yang ditempatkan di Chang'an, memberi penghargaan kepada semua orang, dan membuat pengumuman kepada orang-orang di dunia. Dia akan sibuk sampai malam sebelum menuju ke Linde Hall untuk menghibur semua orang.

Itu adalah hari ulang tahunnya, tapi dia harus sibuk sepanjang hari.

Sebelum pergi, dia dengan lembut mencium mata Li Zhi yang mengantuk dan dengan hangat berkata, “Li-niang belum menari untukku. Aku akan menunggumu malam ini.”

Li Zhi memaksakan senyum dan mendorongnya keluar dengan tangannya, masih merasa mengantuk.

Li Zhi tidur setengah jam lagi setelah Li Jing Ye pergi. Saat dia bangun, matahari sudah terbit tinggi di langit. Dia berpakaian dan merawat dirinya sendiri sebelum memulai harinya. Chun Yue sedang sibuk di dalam kamar, memasukkan kelopak bunga peoni koral kering ke dalam pembakar dupa dan mengukus gaun dansa Li Zhi. Bau harum memenuhi udara, membuat Li Zhi merasa sedikit mengantuk.

Dia telah berlatih menari dengan rajin akhir-akhir ini, dan hal itu mulai menguras energinya. Saat dia hendak berbaring di ranjang empuk, beberapa pelayan istana masuk dengan membawa barang-barang koleksi. Salah satu dari mereka berdiri di depan pintu, membungkuk, dan berkata, “Yang Mulia, Permaisuri Murni memerintahkan kami untuk membawakan Anda beberapa parfum baru, jepit rambut, dan barang lainnya. Dia juga mengingatkanmu untuk menjaga dirimu baik-baik sepanjang hari dan tidak bekerja terlalu keras.”

[END] At the Noble Consort's FeetTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang