Pei Ji memanfaatkan waktu istirahat dari tugas resminya untuk menginstruksikan Shi Quan diam-diam mengirim orang ke Yangzhou untuk mencari rumah yang cocok.
Shi Quan terkejut, memutar ingatannya sebelum menyadari bahwa dia belum mendengar apa pun tentang postingan Pei Ji ke Yangzhou. Merasa tidak nyaman, dia bertanya, “Bagaimana jika Putri Agung bertanya—”
Pei Ji menatapnya sekilas, menggelengkan kepalanya dengan kuat. “Ini bukan untuk saya, tapi untuk orang lain. Tidak perlu melibatkan orang tuaku dalam masalah ini.”
Meskipun masih bingung, Shi Quan menahan diri untuk tidak mendesak lebih jauh dan melaksanakan perintah tersebut.
Karena jarak dan kebutuhan akan kerahasiaan, Shi Quan memperkirakan akan memakan waktu satu bulan untuk mendapatkan informasi apapun.
Pei Ji, setelah memberi perintah, dengan tenang menilai situasi dan tidak mendesak untuk segera mendapatkan hasil.
Menjelang berakhirnya musim gugur, Li Jing Ye memutuskan untuk memanfaatkan hari libur para pejabat dan memimpin para bangsawan serta kerabat kekaisaran dalam tamasya berburu.
Orang-orang Wei Agung sangat dipengaruhi oleh adat istiadat orang-orang Hu dan menjunjung tinggi kecakapan bela diri. Tidak hanya laki-laki yang bangga dengan keterampilan berkuda, memanah, dan menggunakan pedang, tetapi banyak wanita bangsawan juga menunjukkan kemahiran yang luar biasa dalam bidang ini, terutama di kalangan bangsawan.
Tamasya berburu Kaisar dimaksudkan untuk melanjutkan tren budaya bela diri di kalangan bangsawan dan rakyat jelata, menampilkan kemakmuran dunia sekaligus menginspirasi semua orang untuk mengasah keterampilan mereka dan menjadi pembela bangsa yang tak kenal takut di masa perang.
Selama dua hari, para pelayan Kaisar dan banyak pemuda bangsawan ikut serta dalam perburuan, dan beberapa selir dan wanita kekaisaran juga mengikuti jejaknya.
Selama istirahat malam mereka, Li Jing Ye membicarakan topik perburuan dengan Li Zhi dan tentu saja mengundangnya untuk bergabung dengannya.
Li Zhi langsung menyetujuinya tetapi ragu-ragu beberapa saat kemudian. “Tetapi Yang Mulia, saya tidak tahu cara mengendarai atau menembak. Aku khawatir aku tidak akan bisa mengikutimu.”
Li Jing Ye terkejut sesaat, tapi dia segera menyadari bahwa latar belakang Li Zhi yang sederhana berarti dia mungkin tidak terlatih dalam bidang berkuda atau memanah seperti wanita bangsawan lainnya.
Hatinya dipenuhi belas kasih, Li Jing Ye memeluknya erat dan berkata, “Jangan khawatir, masih ada waktu. Aku akan mengajarimu cara berkendara, dan kamu bisa tetap di sisiku selama berburu.”
Li Zhi tersenyum dan berterima kasih padanya sebelum dengan lembut bersandar di sisinya, diam-diam bertanya-tanya apakah dia benar-benar akan menepati janjinya.
Sebagai Kaisar, Li Jing Ye telah memberikan janji yang tak terhitung jumlahnya kepadanya di dalam istana, seperti mengunjungi Kolam Taiye, namun setiap saat, urusan kenegaraan selalu diutamakan, dan rencana tersebut tidak pernah terlaksana. Li Zhi tidak akan terkejut jika kali ini berbeda.
Benar saja, keesokan harinya, Li Jing Ye membawanya keluar dari Gerbang Beiliao dan menuju Lapangan Bola Besar yang megah. Dia menghadiahkannya seekor kuda Wilayah Barat yang luar biasa dan bergegas berangkat ke pengadilan, meninggalkan dua pejabat wanita yang terampil untuk mengajarinya seni menunggang kuda.
Tapi bagi Li Zhi, ini melegakan.
Tanpa kehadiran Kaisar, dia tidak lagi merasa terkekang dan bisa fokus belajar dari dua pejabat wanita itu dengan mudah.
Dengan kuda yang lembut dan keanggunan alami serta fleksibilitasnya dari pelatihan menari selama bertahun-tahun, Li Zhi membuat kemajuan luar biasa dalam beberapa hari yang singkat. Dia akhirnya bisa menunggang kuda dengan mudah dan percaya diri.
KAMU SEDANG MEMBACA
[END] At the Noble Consort's Feet
Historical FictionSinopsis : Li Zhi terlahir kembali sebagai kutukan, ditakdirkan untuk membawa kehancuran pada sebuah kerajaan yang sudah mengalami kemunduran. Pada usia lima belas tahun, kecantikannya yang halus menarik perhatian Pangeran Rui, yang jatuh cinta pada...