Chapter 16 : Probing

122 7 0
                                    

Li Jing Ye tidak membuang waktu setelah meninggalkan Aula Chang’an. Keesokan harinya, dia mengumumkan Li Zhi sebagai Permaisuri Mulia.

Pada saat itu, Permaisuri Murni Xiao dan Permaisuri Terhormat Xu sedang menonton pertunjukan musik baru di Paviliun Qinghui bersama beberapa selir berpangkat rendah lainnya.

Dengan berakhirnya Festival Qixi, orang-orang menantikan Festival Zhongqiu yang akan datang di bulan kedelapan tahun lunar.

Festival Zhongqiu telah menjadi tradisi yang dihormati selama berabad-abad, namun juga merupakan hari kelahiran Li Jing Ye, menjadikannya acara yang sangat istimewa.

Mengikuti keputusan Kaisar Taizong, hari ulang tahun Kaisar dikenal sebagai “Festival Qianqiu.” Akibatnya, hari kelima belas dari delapan bulan lunar dikenal sebagai “Hari Chongqiu” di kalangan masyarakat sejak penobatan Li Jing Ye.

Perayaan megah istana pada hari ini tidak hanya dihadiri oleh para selir, tetapi juga oleh banyak anggota keluarga kekaisaran dan pejabat istana. Para pemain dari rombongan musik telah berusaha keras untuk mempersiapkan acara tersebut, memastikan bahwa ini akan menjadi acara yang benar-benar berkesan.

Permaisuri Murni Xiao selalu bertanggung jawab atas urusan istana, dan sering diundang untuk mengamati latihan oleh para musisi. Pertunjukan musik apa pun yang akan dipertunjukkan di hadapan Kaisar harus mendapat persetujuannya terlebih dahulu.

Meskipun Permaisuri Murni Xiao mengambil tanggung jawab sebagai Permaisuri, dia masih menyandang status Permaisuri. Karena itu, dia selalu mengundang selir lain untuk menemaninya di kesempatan tersebut.

Saat ini, semua orang berkumpul, menikmati teh dan buah-buahan, sambil membicarakan tentang kejadian yang terjadi di luar Aula Chang’an belum lama ini.

Nyonya Wang menceritakan, “Saya mendengar bahwa Putri Wuyang tidak hanya menggunakan kata-kata kasar terhadap wanita itu, tetapi juga menjatuhkannya di depan umum, dan memerintahkan seseorang untuk mengirimnya ke Biro Shangyi!”

Lady Wei tertawa ringan, bibirnya sedikit melengkung. “Hanya Putri Wuyang yang dapat berbicara dengan berani di dalam tembok istana.”

Tentu saja, mereka semua memendam rasa tidak suka terhadap Nona Zhong Ketiga, namun sebagai selir kekaisaran, mereka tidak dapat menentang keinginan Kaisar. Mereka hanya bisa diam-diam memanjakan diri dengan menggunakan keberanian sang Putri sebagai sarana untuk melampiaskan rasa frustrasi mereka.

Duduk di tengah, bibir Permaisuri Murni Xiao sekilas membentuk senyuman mendengar komentar tersebut sebelum kembali ke ekspresi serius. “Urusan sang Putri bukanlah sesuatu yang harus kita diskusikan.”

Melihat ekspresi wajahnya, Nyonya Wang dengan cepat menyanjungnya. “Kamu benar, Saudari Permaisuri Murni. Itu adalah kesalahanku. Anda sangat perhatian tidak hanya dalam menenangkan Putri tetapi juga dalam mengirimkan obat kepada wanita di Istana Chenghuan. Tidak heran Yang Mulia sangat menyukaimu.”

Permaisuri Murni Xiao tersenyum tipis dan tetap diam.

Sebagai diplomat cerdik yang tidak mudah menyinggung siapapun, ia langsung memerintahkan masyarakat untuk menenangkan kedua belah pihak setelah mendengar kejadian tersebut.

Permaisuri Xu yang biasanya pendiam berbicara dengan suara dingin, “Sang Putri telah bertindak ceroboh akhir-akhir ini dan tidak boleh terlalu dimanjakan.”

Permaisuri Murni Xiao tetap tidak terpengaruh dan tersenyum padanya, “Kata-kata Permaisuri yang Terhormat tidak salah. Namun, merupakan tanggung jawab Janda Permaisuri untuk mendisiplinkan sang Putri. Sebagai kepala selir, saya akan mengurus segala perselisihan di dalam istana.”

[END] At the Noble Consort's FeetTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang