Chapter 105 : Missive

50 3 0
                                    

Saat itu sudah sangat larut malam.

Di dalam kamp besar pasukan Hedong, Pei Yan selesai berdiskusi dengan tujuh atau delapan jenderal. Dia mengeluarkan sebuah amplop yang belum dibuka dari bawah tumpukan buku di atas meja.

Itu adalah surat penting yang dikirim dengan cepat dari Chang'an. Itu tiba di pagi hari. Tapi Pei Yan menghabiskan hari itu memimpin pertempuran melawan serangan mendadak dari musuh. Belakangan, dia sibuk mengatur pasukan dan rencana. Baru sekarang dia punya waktu untuk membuka dan membaca surat itu.

Di dalam amplop itu terdapat dua surat: satu dari istrinya dan satu lagi dari putranya.

Dia tidak bisa istirahat dengan baik selama beberapa hari. Saat ini, dia merasa lelah dan kesakitan di sekujur tubuhnya. Tapi ketika dia melihat surat-surat di tangannya, dia tidak bisa menahan senyum.

Setelah ragu-ragu sejenak, dia mengambil surat yang ditulis istrinya dan membuka lipatannya, membaca setiap kata dengan cermat.

Surat istrinya masih sama seperti biasanya, membicarakan masalah keluarga mereka. Pada akhirnya, dia menyebutkan bagaimana keadaannya akhir-akhir ini dan memberinya beberapa instruksi. Nada suratnya ceria dari awal sampai akhir, tanpa ada rasa khawatir atau gugup.

Namun dalam benaknya, dia tiba-tiba membayangkan wanita itu duduk sendirian di bawah lampu di malam hari, memegang pena di satu tangan dan menyeka matanya yang berkaca-kaca saat dia menulis surat kepadanya.

Ketika Putra Ketiga masih kecil, suatu kali dia jatuh sakit. Saat itu, dia masih bekerja di Hedong. Ada beberapa konflik dengan Turki dan Tibet di perbatasan, jadi dia tidak bisa tinggal lama di ibu kota. Dia tidak punya pilihan selain meninggalkannya untuk merawat putra mereka.

Selama lebih dari dua bulan berpisah, surat-surat yang dikirimkannya memiliki nada ceria yang sama. Bahkan ketika dia menyebutkan penyakit putra mereka dan situasi pertempurannya sendiri, tidak ada sedikit pun kesedihan atau kekhawatiran.

Dia pikir dia secara alami ceria dan optimis. Namun kemudian, setelah perang, ketika mereka kembali ke Chang’an, Putra Ketiga diam-diam memberitahunya bahwa ibunya sering menyeka air mata saat menulis surat kepadanya di malam hari…

Dia selalu seperti itu, meskipun dia seorang putri dengan status tinggi, dia memiliki kepribadian yang sangat baik.

Pei Yan membaca surat istrinya berkali-kali di bawah cahaya lampu sebelum akhirnya mengambil surat putranya untuk dibaca.

Dalam suratnya, Pei Ji menyebutkan kabar dari ibu kota. Ketika dia membaca bahwa Yang Mulia telah memutuskan untuk segera mundur dari Chang’an, hati Pei Yan perlahan tenggelam.

Dia melirik ke meja pasir di tenda, menilai situasi antara tempat ini dan orang Turki, dan akhirnya mengambil surat yang dikirimkan istrinya, membelainya dengan lembut saat dia membuat keputusan terakhir di dalam hatinya.

🍀🍀

Setelah lima hari, para pemberontak akhirnya mencapai Persimpangan Pujin.

Dikatakan bahwa Huangfu Jing mengumpulkan pasukan pertahanan di Puzhou dan bertempur dengan gagah berani.

Keputusan kerajaan telah dikeluarkan. Keesokan paginya, kereta kerajaan akan meninggalkan Istana Daming dan berangkat dari Kota Chang’an.

Beberapa hari sebelumnya, penduduk kota melarikan diri atau tetap tinggal di dalam rumah mereka. Bahkan beberapa pejabat rendahan dan pegawai kecil, bahkan mereka yang tidak berpangkat, buru-buru meninggalkan pekerjaannya dan melarikan diri bersama keluarganya sebelum kota ditutup.

Pada hari ini, baik di dalam atau di luar Istana Daming, atau di gerbang kota Chang’an, Pengawal Istana menjaga mereka dengan ketat, tidak mengizinkan siapa pun masuk atau keluar. Komandan bela diri Pengawal Perisai Emas berpatroli di jalan-jalan dan memastikan tidak ada seorang pun yang bisa masuk atau keluar dengan bebas, bersiap untuk evakuasi keesokan paginya.

[END] At the Noble Consort's FeetTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang