Chapter 90 : Reminder

48 4 0
                                    

Satu jam kemudian, Pei Ji, tampak segar dan berpakaian rapi, menunggangi kudanya menuju Istana Daming.

Beberapa saat yang lalu, saat ia masih berada di kediamannya, rasanya ia tak sanggup lagi menahan kerinduan selama hampir dua bulan. Pikirannya dipenuhi oleh keinginan untuk bertemu Li Zhi, membuatnya agak gelisah. Untungnya, dia tidak buru-buru pergi. Memanfaatkan kesempatan saat mandi, dia berkonsentrasi untuk menenangkan pikirannya, untuk sementara waktu meredakan kegelisahan batinnya sebelum meninggalkan kediamannya dengan tenang.

Dia memiliki perasaan tidak nyaman dan tidak nyaman yang samar-samar. Seiring berlalunya waktu, dia merasa semakin sulit mengendalikan emosi tertentu. Suatu hari akan tiba ketika akan terjadi ledakan, dan dia harus menemukan cara untuk melarikan diri dari kesulitan tersebut sebelum saat itu tiba.

Pada saat ini, pada jam Monyet, Li Jing Ye tidak hadir di Yanying Hall. Pei Ji bertanya kepada pelayan istana dan mengetahui bahwa dia telah pergi ke Kuil Dajiao.

Setelah merenung sebentar, dia memilih untuk mengubah rutenya dan menuju Aula Chang’an.

Di dalam Aula Chang’an, Janda Permaisuri bersandar pada dua pelayan istana untuk mendapatkan dukungan saat dia berjalan perlahan melalui tempat yang teduh, sesekali mengeluarkan desahan. Keseluruhan kekuatan dan pancarannya tampaknya sedikit berkurang dibandingkan dua bulan sebelumnya.

Saat Pei Ji mendekat, wajahnya yang tua dan terbebani akhirnya tersenyum. “Putra Ketiga, sudah lama sekali sejak terakhir kali aku melihatmu. Ayo, duduklah.”

Pei Ji dengan hormat menunjukkan kesopanannya sebelum memimpin Janda Permaisuri untuk duduk di sofa yang baru ditempatkan oleh pelayan istana. “Saya baru saja kembali dari Puzhou hari ini dan mengkhawatirkan Yang Mulia. Itu sebabnya saya segera datang berkunjung.”

Saat dia berbicara, dia menatapnya dengan sedikit kesedihan di hatinya. “Yang Mulia, mohon jaga kesehatan Anda dan jangan mengkhawatirkan orang lain. Hanya ketika Yang Mulia sehat, Yang Mulia Kaisar dapat merasa nyaman.”

Dia telah dibesarkan oleh Janda Permaisuri di Istana Daming selama beberapa tahun ketika dia masih muda, jadi dia secara alami memiliki perasaan yang tulus padanya dan merasa dekat dengannya. Kini setelah dia melihatnya tampak begitu layu dan jauh dari Kaisar, tanpa harapan untuk berdamai, dia merasa agak patah hati.

Janda Permaisuri memaksakan senyum dan mengangguk. Dia meminum dua teguk teh yang ditawarkan oleh petugas wanita itu, lalu mengerutkan kening dan mendorongnya menjauh, sambil berkata, “Kamu tidak akan mengipasiku, namun kamu ingin aku minum teh hangat di hari yang panas. Bagaimana saya bisa merasa nyaman?”

Saat hari semakin panas, istana menjadi semakin pengap, dan semua orang kelelahan. Di semua aula lainnya, orang-orang sudah mulai minum es teh untuk menenangkan diri. Namun, di Aula Chang'an, karena Janda Permaisuri sedang sakit, mereka hanya dapat meletakkan satu atau dua baskom es di sudut untuk mencegah panas. Mereka bahkan tidak bisa menggunakan kipas angin, apalagi minum es teh.

Bahkan temperamen terbaik pun bisa rusak pada hari-hari seperti itu.

Pejabat wanita itu tahu bahwa Janda Permaisuri merasa kesal lagi, jadi dia segera menundukkan kepalanya dan berkata, “Mohon maafkan saya, Yang Mulia. Setelah beberapa saat, ketika Yang Mulia merasa lebih baik, semuanya akan baik-baik saja.”

Janda Permaisuri bersenandung tidak puas, berkata, “Saya tidak dapat memperkirakan apakah saya akan merasa lebih baik dalam beberapa saat. Tapi musim panas sudah berakhir, jadi apa gunanya membicarakan panas atau tidak?”

Pejabat wanita itu terdiam, tidak yakin bagaimana harus menanggapinya, dan wajahnya memerah saat dia tetap diam.

Pei Ji memberi isyarat agar dia pergi, lalu mengambil kain lembab dan memerasnya dengan air hangat. Dia berjalan ke sisi Janda Permaisuri, dengan hati-hati menyeka butiran keringat yang terbentuk di keningnya.

[END] At the Noble Consort's FeetTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang