Saat bulan lunar kesebelas semakin dekat, persiapan pernikahan Li Ling Yue berjalan dengan lancar.
Sesuai dengan adat, persatuan antara seorang pria dan seorang wanita harus melalui enam ritual yang rumit. Proses ini bisa memakan waktu antara tiga hingga lima bulan, dan terkadang bahkan lebih lama, hingga satu atau dua tahun. Bagi masyarakat awam, prosedur ini seringkali memakan waktu dua atau tiga bulan. Namun, jika menyangkut urusan kekaisaran, terutama pernikahan seorang putri, tidak ada ruang untuk kecerobohan. Setiap detail prosedur upacara harus dipatuhi dengan cermat.
Meskipun demikian, kesulitan yang dialami Li Ling Yue terjadi secara tiba-tiba dan belum pernah terjadi sebelumnya, dan meskipun dia bisa bersabar, hal yang sama tidak berlaku untuk bayi yang tumbuh di dalam dirinya. Di bawah desakan terus-menerus dari kepala biksu Kuil Zongzheng, upacara pernikahan diatur dengan tergesa-gesa, dijadwalkan pada tanggal dua puluh enam bulan kesebelas.
Batas waktunya hanya menyisakan satu bulan lebih sedikit untuk menyelesaikan semuanya, termasuk pakaian dan alat peraga untuk upacara pernikahan. Namun, mereka berhasil mewujudkannya, dengan Biro Tenun yang bekerja tanpa kenal lelah siang dan malam untuk memproduksi pakaian yang diperlukan. Untungnya, Li Jing Ye telah memerintahkan pembangunan rumah sang putri setelah dia dewasa, berkat kasih sayang Janda Permaisuri. Pada bulan Juni, kediaman tersebut telah selesai dibangun, sehingga mereka tidak kesulitan mencari tempat lain.
Pergantian peristiwa yang tiba-tiba seperti itu pasti akan menuai kritik dan gosip dari pihak luar, yang mau tidak mau berspekulasi tentang apa yang sebenarnya terjadi. Awalnya, perhatian besar Kaisar pada Permaisuri Mulia telah menjadi topik diskusi, namun kini beralih ke dugaan kemungkinan perseteruan antara Kaisar dan sang putri.
Pada akhirnya, keputusan untuk menunjuk Zhong Hao sebagai Komandan Kavaleri telah diambil. Meskipun Kaisar menyukai permaisuri kesayangannya, mereka tidak perlu terburu-buru menikah.
Di dalam istana, semua urusan masih didelegasikan ke tangan Permaisuri Xu yang Terhormat.
Sejak kepergian Li Jing Ye dari istana Permaisuri Xu, dia tidak menjatuhkan hukuman apa pun padanya, tapi memilih untuk mengabaikannya dengan dingin. Dalam kurun waktu sebulan, dia telah mengunjungi Nyonya Wang dua kali dan belum menginjakkan kaki di tempat tinggal Permaisuri Xu.
Terlepas dari penampilan luar Permaisuri Xu yang tenang, perasaan tidak nyaman masih melekat di dalam hatinya.
Setelah menemui Kaisar dua kali, dia hanya melihat sekilas Li Jing Ye sebelum segera dibujuk untuk pergi.
Karena tidak punya pilihan lain, dia dengan cermat menghadiri persiapan pernikahan Li Ling Yue, membuat Janda Permaisuri terkesan dengan dedikasinya.
Hari demi hari, cuaca semakin dingin hingga tibalah hari pernikahan Putri Wuyang yang sangat dinanti-nantikan.
Jam baru saja menunjukkan tengah malam, dan Resor Wenquan dipenuhi para kasim dan pelayan istana.
Salju baru berhenti turun sehari sebelumnya, dan istana tertutup lapisan salju tebal. Di tengah malam, para kasim menyapu bersih jalan istana, memberikan perhatian ekstra pada gerbang istana dan reruntuhan dinasti lama. Sementara itu, para pelayan istana sibuk menggantungkan dekorasi sutra warna-warni di mana-mana, menambah suasana meriah di tempat itu untuk menghormati pernikahan sang putri.
Li Jing Ye mau tidak mau merasakan sedikit kesedihan atas pernikahan adik perempuannya. Setelah memeriksa Li Ling Yue secara langsung pada malam sebelumnya, dia pergi ke Aula Feishuang, memilih menyendiri daripada Istana Yuniu.
Li Zhi tidur nyenyak dan bangun lebih awal dari biasanya. Dia mengenakan jubah dan pergi mandi di sumber air panas sebelum salju mencair, menenangkan tubuh dan pikirannya. Kemudian, dia membungkus dirinya dengan erat, berjalan melewati halaman yang dingin, dan kembali ke kamarnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
[END] At the Noble Consort's Feet
Historical FictionSinopsis : Li Zhi terlahir kembali sebagai kutukan, ditakdirkan untuk membawa kehancuran pada sebuah kerajaan yang sudah mengalami kemunduran. Pada usia lima belas tahun, kecantikannya yang halus menarik perhatian Pangeran Rui, yang jatuh cinta pada...