Lima matahari terbenam telah berlalu sejak kegembiraan Festival Qianqiu merebak di kalangan masyarakat, dan para pejabat perbatasan, yang telah tinggal di ibu kota selama berhari-hari, sekarang sedang mengambil cuti dan kembali ke rumah mereka.
Karena hubungannya yang buruk dengan Janda Permaisuri, Li Jing Ye terpaksa menunda-nunda dalam mengeluarkan perintah pemindahan. Sekarang An Yi Kang dan teman-temannya siap berangkat, dia tidak punya pilihan selain bertindak. Dan saat senja menjelang, dia akhirnya memberikan keputusan untuk menunjuk Pangeran Rui, Li Jing Hui, sebagai inspektur dan komandan Lulong, bertugas memantau pemerintahan daerah, serta pertahanan perbatasan. Li Jing Hui akan memegang posisi di bawah gubernur militer.
Anggota kekaisaran yang mengambil peran sebagai pejabat daerah bukanlah hal yang jarang terjadi, namun di masa lalu, mereka biasanya menduduki posisi penting di ibu kota, dan kekuasaan pengambilan keputusan sebenarnya berada di tangan pejabat setempat. Namun, Li Jing Hui bertekad untuk berangkat ke perbatasan yang jauh.
Setelah masalahnya selesai, Janda Permaisuri tidak dapat menahannya lebih lama lagi, jadi ketika Li Jing Hui datang untuk mengucapkan selamat tinggal, dia tidak bisa menahan diri untuk tidak memeluknya dan menangis sedalam-dalamnya.
Hati Li Jing Hui terasa berat di dadanya saat dia dengan lembut menyeka air mata yang mengalir di wajah ibunya. Bagaimanapun, dia telah dibesarkan olehnya selama bertahun-tahun, dan pikiran untuk meninggalkannya sungguh tak tertahankan. Akhirnya, saat dia mulai tenang, dia membungkuk dalam-dalam dan melangkah keluar ruangan, tekad terpatri di wajahnya.
Dengan setiap langkah yang diambilnya, Li Jing Hui merasakan hatinya semakin berat. Jalan di depannya terbentang panjang dan lebar, tembok istana menjulang tinggi di kedua sisinya. Tiba-tiba, dia melihat Li Zhi, yang baru saja meninggalkan Zichen Hall, berdiri di hadapannya. Dia tiba-tiba berhenti, matanya tertuju pada sosok anggunnya.
Dia sedang mengobrol dengan pengiringnya ketika dia merasakan kehadiran di dekatnya. Karena terkejut, dia mengangkat kepalanya dan melihat Li Jing Hui berdiri di hadapannya, ekspresinya tidak dapat dibaca. Dia merasakan jantungnya berdebar kencang, tapi memaksakan dirinya untuk tetap tenang.
Meskipun orang-orang berseliweran di sekitar mereka, Li Jing Hui sepertinya tidak menyadari kehadiran mereka, melamun sambil menatap ke arah Li Zhi. Tapi dia tahu lebih baik untuk tidak lengah, terutama setelah pertemuan mereka di masa lalu.
Untuk sesaat, mata mereka bertemu, dan Li Jing Hui dapat melihat kehati-hatian dalam ekspresinya. Dia merasakan sedikit kekecewaan di hatinya, mengetahui bahwa dia mewaspadainya. Dia berharap dia bisa menemukan cara untuk membuat dia melihatnya secara berbeda.
Ketika dia mulai berbicara, dia menyadari bahwa tidak ada apa pun yang dapat dia katakan kepadanya yang dapat membuat perbedaan. Jadi, dia membungkuk sedikit dan melewatinya.
Di bawah langit musim gugur yang cerah, dedaunan berguguran dari puncak pohon dan hinggap di tanah.
Li Zhi memejamkan matanya sedikit dan menghela nafas, merasakan hatinya akhirnya bisa tenang sejenak.
🍀🍀
Di tengah keheningan malam, Pei Ji menyampaikan undangan kepada Li Jing Hui untuk minum minuman perpisahan, sebuah tradisi yang telah mereka tanamkan selama bertahun-tahun.Agar tidak diganggu oleh orang luar, keduanya tidak pergi ke kedai minuman, melainkan minum di kediaman Pei Ji yang tenang.
Suara halus musik pipa terdengar dari ruang luar, di mana dua wanita memetik senarnya dan bernyanyi dengan suara merdu.
Saat anggur mengalir deras, Li Jing Hui meletakkan tangannya yang menenangkan di bahu Pei Ji dan berbicara dengan penuh kekaguman, “Zi Hui, di masa mudaku, aku sering iri dengan perjalananmu bersama Menteri Pei melintasi pegunungan dan sungai. Anda mengenakan baju besi dan bertempur di garis depan, meraih kemenangan yang tak terhitung jumlahnya. Tidak ada putra bangsawan di seluruh Chang’an yang bisa menyaingi kehebatanmu. Dan sekarang, akhirnya, giliranku untuk mencari kejayaan di perbatasan.”
KAMU SEDANG MEMBACA
[END] At the Noble Consort's Feet
Historical FictionSinopsis : Li Zhi terlahir kembali sebagai kutukan, ditakdirkan untuk membawa kehancuran pada sebuah kerajaan yang sudah mengalami kemunduran. Pada usia lima belas tahun, kecantikannya yang halus menarik perhatian Pangeran Rui, yang jatuh cinta pada...