Peluang disediakan bagi mereka yang siap. Semula setelah dibukanya jalan antara kedua provinsi tersebut, Cai Wentao sempat memikirkan soal menjual barang. Sekarang, melihat Qin Huai dan Mu Nan membuat masalah besar, keinginan di hati menjadi lebih buruk. Tapi masalah ini harus direncanakan dengan baik, dan sekarang kita bisa menjalin hubungan baik dengan Qin Huai dan Mu Nan, sehingga ketika dia pergi ke Kangyun dengan membawa barang-barangnya, dia tidak akan menjadi ayam tanpa kepala, setidaknya dia punya orang yang dia kenal.
Qin Huai dan Mu Nan punya banyak uang di tangan mereka. Bagi Mu Nan, dia tidak pernah merasa aman tentang uang. Ia selalu merasa jika tidak menggantinya dengan perbekalan yang bisa ditumpuk di rumah, uang tidak akan memiliki banyak keamanan, sehingga ia dapat menggunakan uang. Jika dia membeli sesuatu, belanjakan semua uangnya terlebih dahulu, lalu tukar dengan bahan setelah uang dihabiskan.
Ada banyak jenis barang di pasar di Qinghe ini, produk elektronik, buku, beberapa pakaian dan tempat tidur, dan bahkan daging yang dikeringkan dengan air, tetapi dagingnya sama sekali tidak terlihat seperti daging hewan, melainkan massa hitam, Cai Wentao mengatakan itu daging tikus bambu . Rendam dalam air mendidih dan goreng di rumah. Rasanya masih sangat enak.
Tapi Mu Nan gugup dengan kata tikus, meski dia tahu daging tikus bambu itu bisa dimakan, masih agak sulit bergaul secara fisik.
Mu Nan berkata: "Apakah ada yang menjual hewan hidup di pasar? Ayam dan bebek?"
Cai Wentao berkata sambil tersenyum: "Bagaimana bisa ada hal seperti itu? Meski bergantung pada pegunungan, memang benar ada kekurangan makanan. Jangan lihat daging yang bisa dijual di pasaran sekarang. Hanya tikus bambu yang tersedia. Diperlukan biaya 20 yuan untuk memotong panjang lengan bawah. Sekarang gaji kerja keras sebulan hanya sedikit, dan 100 yuan lumayan. Sewa, air dan listrik, beras, tepung, biji-bijian dan minyak, semuanya habis dan juga mempunyai ekuitas negatif. Dimanakah itu? Jadi jangan kira semua orang disini tidak kekurangan daging hanya karena ada daging yang dijual, masih banyak kekurangannya, dan jika memang bisa mendapatkan ayam hidup yang diinginkan, kamu hanya bisa melalui hubungan dengan pihak peternakan."
Mu Nan dengan cepat menoleh ke arahnya: "Jadi kamu masih bisa memutarnya?"
Cai Wentao tidak mencoba berpura-pura menjadi pria gemuk dengan wajah bengkak: "Aku tidak memiliki jaringan seperti itu di sini. Aku hanya mendengar bahwa ada beberapa saluran swasta, tetapi mereka menerima pesanan besar, bukan saluran semacam itu, sekarang jenis yang didomestikasi ini lebih sulit ditangani dibandingkan yang liar."
Qin Huai mengusap rambut Mu Nan: "Ayo kita jalan-jalan lagi, apakah kamu punya produk khusus di sini?"
Cai Wentao berkata: "Produk khusus mungkin juga tidak dapat kamu terima, apakah kamu makan cacing bambu?"
Mu Nan segera bergidik, menahan kepalanya berulang kali, memancarkan aura penolakan dari ujung kepala sampai ujung kaki.
Qin Huai bertanya, "Bagaimana rasanya?"
Cai Wentao tersenyum dan berkata: "Ini bisa digambarkan sangat lezat. Harus digoreng. Digoreng dengan minyak besar dan ditaburi sedikit garam, dagingnya akan enak. Jika ada jintan atau bahan adas manis di minyak, rasanya lebih enak, kalau mau makan yang digoreng bisa digoreng sebentar, kalau mau makan yang garing gorengnya agak lama, bisa juga menggoreng ulat bambu sampai garing, dan aroma berminyaknya akan benar-benar nikmat setelah satu gigitan."
Qin Huai bertanya, "Bagaimana cara menjual ulat bambu?"
Cai Wentao kurang yakin, karena harganya bervariasi dari hari ke hari: "Tergantung situasi. Saat ini makanan yang dimakan masyarakat semakin sedikit. Apalagi ulat bambu goreng, kalau lapar ulat bambu hidup bisa dimakan juga. Kawasan ini belum pernah berkembang sebelumnya, dan didukung oleh pegunungan. Banyak orang yang tidak punya makanan dan lapar untuk makan kulit kayu. Matahari begitu terik bahkan pohon-pohon besar yang telah hidup selama ratusan tahun pun akan mati di bawah sinar matahari, apalagi tanaman hijau lainnya. Sekilas seluruh gunung terlihat gundul, dan pada dasarnya memakan semua yang bisa dimakan. Terlalu banyak serangga beracun di dalam hutan, jadi tidak ada yang masuk. Kalau tidak, mereka pasti sudah lama botak, jadi serangga bambu ini keberuntungan bisa menemukan satu atau dua. Untuk tabung bambu yang terikat, kamu bisa membeli tiga atau lima potong untuk satu atau dua tabung, jika kurang beruntung, kamu tidak akan mendapat banyak, jadi harganya akan naik secara alami, dan kamu hanya bisa membeli dua atau tiga potong untuk satu atau dua yuan."
KAMU SEDANG MEMBACA
Natural Disaster Apocalypse
FantasyDi ujung dunia, yang terkuat akan bertahan. Kembalilah dari kelahiran kembali, raih kesempatan, hanya ingin bertahan di akhir zaman yang tanpa harapan. Tiga bulan sebelum kiamat, Mu Nan terlahir kembali, dia menjual semua tabungannya untuk mengumpul...