Chapter 144

92 6 0
                                    

Ketika malam berangsur-angsur mereda, banyak orang menyeret tubuh mereka yang kelelahan dan berjalan menuju rumah. Tempat kerja sebagian orang relatif dekat dan dapat dicapai dengan sepeda, sedangkan sebagian lagi harus menunggu jadwal shuttle bus yang baru mulai beroperasi. Tiket bulanan berharga tiga yuan, yang membuat perjalanan ke dan dari tempat kerja menjadi jauh lebih nyaman. Meski tidak banyak orang yang menaiki shuttle bus, namun ada beberapa bus lagi yang sesekali melintas di jalan yang tadinya sepi, sehingga terlihat sedikit asap.

Meski kehidupan saat ini tidak seperti dulu, dan bisa mendapatkan apapun yang diinginkan, namun bekerja dengan mantap, berlarian makan tiga kali sehari, setelah musibah dan malapetaka, itu sudah merupakan kebahagiaan yang diperoleh dengan susah payah.

Sebuah shuttle bus terjadwal tiba di pintu masuk komunitas, dan lebih dari separuh masyarakat turun dari bus. Mereka yang saling mengenal saling menyapa dan berpamitan. Sebuah kontak kecil.

Dulu, alun-alun kecil ini relatif kosong dan sepi selama periode ini, namun kini sangat ramai. Suara-suara berisik terdengar dari jauh, bahkan aroma wangi asin goreng sesekali tercium bersama angin panas, membangunkan rasa penat malam dan kelaparan fisik.

Beberapa orang secara tidak sadar menghirup asap yang telah lama hilang, dan beberapa orang mau tidak mau mengikuti bau rakus dan mendekati sumber wewangian.

Masih ada orang yang memegang speaker kecil di warung yang ramai untuk melanjutkan perjalanan, namun bagian depannya sudah dikepung.

Seseorang mengintip ke dalam, dan tergiur oleh aroma yang menggoda dan bertanya, "Apa yang kamu jual? Baunya enak sekali, apakah kamu menjual daging goreng?"

Yang tahu apa yang dijual tidak bisa menahan tawa: "Apa yang kamu pikirkan, sekarang bahkan pemerintah tidak memiliki syarat untuk membuka penjualan daging, dan daging goreng, aku rasa masih bisa memilikinya di mimpi." 

Kalau memang ada tukang jagal, orang itu khawatir polisi harus dikerahkan untuk menjaga ketertiban dalam waktu dekat. Orang bermata hijau bisa melakukan apa saja.

Pria itu tiba-tiba menarik napas, seolah-olah dia telah menelannya setelah mengendus dua kali: "Lalu apa ini? Ada begitu banyak orang sehingga aku tidak bisa memerasnya."

"Jual ulat bambu, mau beli? Lima puluh sen sepotong, kalau beli antre, kalau tidak beli, stand by dan cium dupa. Aku tidak membelinya di sana dan enggan untuk pergi."

Orang yang berbicara menunjuk ke samping, sekelompok orang yang baru pulang kerja atau berjalan-jalan sebelum tidur berkumpul, mulutnya dibanjiri keserakahan, orang-orang ini mungkin takut serangga dan tidak bisa lewat ujian di hati mereka, bisa juga mereka kekurangan uang dan memang tidak punya uang untuk membeli, tapi mereka enggan untuk pergi. Mereka mungkin berpikir bahwa hanya dengan mencium wanginya saja sudah bisa sedikit memuaskan keserakahan mereka, sehingga mereka pun tak sabar untuk menonton kios-kios tersebut untuk ikut bersenang-senang.

Tidak semua orang bisa menerima cacing bambu, namun tidak semua orang tidak bisa menerimanya. Dulu, hidangan ini tidak murah.

Beberapa orang sedang berjuang, dan mereka masih memerlukan sedikit konstruksi psikologis untuk memakan serangga, tetapi aromanya sangat menggoda. Jika kondisinya lebih baik, mereka masih bisa makan bau berminyak setelah beberapa saat, tapi makanannya sedikit lebih enak. Taruh minyak dua tetes, tapi jika kondisinya rata-rata, hanya bisa makan makanan rebus, sekarang malah airnya terbatas, dan hidup malah makin kering, dan sekarang mereka mencium bau minyak kental, padahal itu ulat, dan akan membuatku merasa mual. Orang tidak bisa menahannya.

Tepat ketika beberapa orang masih melakukan konstruksi psikologis dan berusaha mengesampingkan penampilan dan hanya berpikir bahwa menerima serangga bambu hanyalah sepotong daging, mereka mendengar pemilik kios memegang terompet kecil sambil berteriak: "Sepuluh yang terakhir, sepuluh terakhir, berikutnya. Tidak perlu antri lagi, sudah terjual habis dan terjual habis!"

Natural Disaster ApocalypseTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang