Kebahagiaan Adalah Kesedihan yang Tinggal Menunggu Waktu

8 1 0
                                    

H-5 sebelum Studi Lapangan ke Bali.

Jujur rasanya tuh kayak bisa gak sih aku gak usah ikut? Bisa gak momen Studi Lapangannya gak usah dibuat seistimewa ini? Bisa gak Studi Lapangannya di sini aja kayak kakak-kakak angkatan corona?
Di sini aja, yang biasa-biasa aja.

Iya aku tahu, momen kita pasti akan jauh lebih menyenangkan, sangat menyenangkan. Tapi rasa senang yang porsinya berlebihan 'kan juga gak baik. Takut yang datang habis itu bikin kritis.

Tapi udah terlanjur bayar yang nominalnya cukup membuat ngeri karena aku tahu sekeras apa perjuangan bapak ibu untuk mendapatkan uang itu.

Argh. Pengin nangis Aja:«

Mungkin emang terkesan berlebihan karena aku yang lagi melow menjelang tanggal merah, didukung suasana yang dari tadi pagi mendung, dan barusan habis ketemu temen lama yang dateng ke rumah untuk nganter masker wajah pesananku, terus ditambah barusan habis ngehapus file-file lama yang berarti juga membuka kenangan lama. Duh, dasar akunya melankolis didukung hal-hal itu makin menjadi-jadi deh.

Waktu Pembekalan kemarin dosen sempat bilang gini, "Pas SD, SMP, SMA kalian punya kenangan study tour, kenapa pas kuliah enggak? Mumpung keadaan sudah membaik, akhirnya tahun ini angkatan kalian bisa mengadakan Studi Lapangan ke Pulau Bali. Semoga di kesempatan kali ini ada banyak kenangan manis yang bisa kalian dapatkan untuk kalian ingat sampai masa tua."

Duh, tuh 'kan.

Kalimat itu tuh bukan sekadar kalimat biasa bagiku. Berat. Yang namanya kenangan itu gak mudah. Yang dulu aja masih sering kepikiran, kangen, bikin pengin nangis kalau lagi kesepian, eh sekarang udah mau ditambah aja kenangannya. Tapi ya tahu juga sih kan yang namanya hidup itu tuh emang kumpulan momen-momen yang bakal jadi kenangan.

Argh!! Sekarang kalau aku lagi ngerasa takut boleh gak?

Karena aku tahu yang namanya kenangan itu ramai di kepala, tapi sunyi di mata. Dan kalimat people come and go itu tuh kalimat paling klise yang kadang bisa buat gila karena pada prakteknya gak semudah itu untuk diterima.

Kadang hidup terlihat sangat menyedihkan dan terlalu mengerikan karena banyak orang-orang berharga di hidup kita yang gak bisa kita bawa sampai ke masa depan. Ada banyak yang akhirnya harus berhenti di persimpangan dan meneruskan perjalanan masing-masing. Karena hidup itu tanggung jawab individu. Mau kita maksa seseorang untuk tetap di sini kalau emang waktunya udah habis ya bakal pergi. Gak bisa dipaksa dengan cara apa pun. Sedang hidup kita bakal terus berjalan baik kita menginginkannya atau tidak. Waktu berjalan tanpa mempertimbangkan kata siap atau tidak siap. Waktu tidak membutuhkan persetujuan kita. Waktu punya kuasa yang mutlak.

Sebanyak apa pun orang yang ada di hidup kita pada akhirnya yang tersisa cuma diri sendiri. Ini salah satu hal paling melelahkan dalam hidup sih. Yang semula selalu ada, pada waktunya untuk bertegur sapa aja kayak mustahil. Yang semula akrab, pada waktunya juga akan asing. Itu hukum alam yang gak bisa dilawan sih.

Pada akhirnya manusia emang gak akan pernah bisa lari dari rasa kesepian. Kadang yang bisa memeluk, menenangkan, dan selalu ada ya cuma raga kita.

Emang menyedihkan banget. 😭😭

Kangen sama semua persahabatan yang pernah terjalin. Kangen sama semua hubungan yang pernah tercipta.

Dan sore ini perasaan-perasaan lama itu tuh bermunculan. Kadang emang suka tiba-tiba gini nih, kayak bisa ngerasain perasaan lama. Gak ada rupanya, gak ada warnanya, cuma kayak semua benar-benar terasa nyata. Dejavu kali ya?

Aku emang gak seakrab itu sih sama teman-teman kampus. Ya lagian kuliah offline cuma sampai sekitar pertengahan semester dua, dan besok semester tujuh sih katanya akan offline lagi. Cuma ya ada yang beberapa akrab. Dan satu orang yang...

Ehem. Yang sering aku tulis di part-part sebelumnya. Yang.. yah tahu sendirilah gimana perasaanku kalau berkaitan sama dia.

Duh, bisa gak, gak usah ke Bali?

Pasti aku bakal susah move on. Sama sahabat-sahabat juga momen-momen SMA aja sampai sekarang masih suka kangen eh udah mau ditambah kenangan baru lagi.

Jujur aja aku baru bisa bener-bener ikhlas dan sadar untuk melepas momen-momen dan sahabat-sahabat SMA itu sekitar akhir November 2021 yang padahal perpisahannya itu udah April 2019. 😭😭
Lama banget 'kan?

Emang tipikal susah move on gini nih.

Sekarang menurutku lebih baik ngerasain yang biasa-biasa aja deh dari pada terlalu bahagia yang belum tentu bisa menerima kesedihan di balik itu. Karena semakin tinggi rasa bahagianya juga akan semakin besar potensi sedihnya.

Tapi momennya udah terlanjur di depan mata. Tinggal beberapa hari.

Tuhan, kuatkan hatiku untuk melewati setiap momen hidup:«

Kalau orang lain pasti udah mikir bahagianya, tapi kalau aku, sekarang, lebih mikir hasil akhir dari bahagia itu sih. Duh bahasanya, hasil akhir, udah kek apaan. 😅

Semakin menuju hari H rasanya udah mulai tercium aroma kangen. Padahal berangkat aja belum. 😭

Tapi, habis Studi Lapangan bakal sibuk banget sih. Sibuk KKN, dan hal yang belum dikerjakan tapi udah terkesan mengerikan yaitu Skripsi. Mitosnya banyak yang bilang kalau Skripsi tuh horor sih. Argh, jadi over thinking. Tuhan, mudahkan Skripsiku, ya. Aamiin.

Udah ah, mau bersih-bersih rumah dulu. Nanti cerita-cerita lagi tentang perjalanan ke Bali yang harus diabadikan dalam tulisan ini pastinya. Bye...

***

#Dejavu

Ahad, 17 Juli 2022
16.46 WIB

(GANIA20)


Anak WaktuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang