'Episode' yang lain.

10 1 0
                                    

Sejak gak sama kamu aku berusaha menerima rasa senang yang lain, A.
Aku berusaha lebih mudah tersenyum dan menerima diriku apa adanya. Aku berusaha untuk lebih berkembang dan aktif. Aku berusaha berteman dengan yang lain, menerima mereka, dan gak melulu harus berkaitan kamu. Yah meski kamu gak peduli, aku cuma mau bilang, kehilangan kamu buat aku belajar lebih sayang sama diri sendiri. Aku jadi lebih peduli sama diri sendiri. Aku jadi lebih akrab dan sering ngobrol sama diri sendiri.

Karena dulu pas masih sama kamu aku jadi menggantungkan bahagia itu ya harus sama kamu. Aku maunya apa-apa harus sama kamu. Dan itu buat aku jadi gak berkembang. Aku stuck dalam zona nyaman yang berbahaya. Aku menutup diri dari yang lain karena rasanya cukup sama kamu. Itu yang buat aku menarik diri dari teman-teman yang lain karena rasanya aku gak perlu sama mereka kalau udah sama kamu. Aku maunya kamu. Cukup itu.

Tapi sekarang aku berusaha memperbaiki pertemanan-pertemanan yang aku tinggalin itu, A. Aku berusaha untuk kembali berbaur sama mereka. Meski awalnya rasanya itu gak cukup untuk menebus ketiadaanmu, rasanya gak cukup mengganti keberadaan kamu, tapi semua gak harus selalu tentang kamu. Aku harus berhenti. Berhenti untuk mengejar sesuatu yang maunya dilepas. Lagian aku jahat kalau menilai mereka cuma untuk menggantikan kamu. Perlahan aku belajar menerima mereka sebagai diri mereka sendiri, bukan untuk menutup kekosongan atau mengganti posisimu yang hilang. Dan yeah, saat aku mulai bisa menerima episode yang lain (episode pertemanan) rasanya lebih menyenangkan. Aku bisa tersenyum lebih tulus, menerima mereka lebih baik, dan aku bisa mendapatkan letupan rasa senang yang murni bukan sekadar ajang menutupi sunyi.

***

#Terbiasa-bi(n)asa.

Ahad, 20/11/22
03.36 WIB

(GANIA20)

Anak WaktuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang