Rasa peduli bukanlah kesalahan

82 22 167
                                    

Pernah gak sih kalian ngasih effort lebih ke seseorang ketika dia lagi butuh bantuan?
Selalu berdiri di garda terdepan di saat dia lagi gak baik-baik aja?

Kek rasanya rasa sayang kita itu gak tega buat ngebiarin dia sendirian, dan pengen ngasih dia perlindungan serta ngeyakinin dia bahwa kita ada di sini untuk dia.

Selalu nanyain dia lagi pengen cerita atau gak, apa dia lagi butuh ditemenin atau gak, dan apa aja yang bisa kita lakukan untuk setidaknya meminimalisir perasaan buruk dia.
Kita ikut khawatir, dan jadi begitu peduli.
Sampai kadang lupa dengan diri sendiri saking terlalu banyak menawarkan, yang mungkin tanpa permintaan.

Tapi saat diri sendiri lagi butuh seseorang, kek effort yang kita beri itu gak berbalas setimpal.
Bukannya gak ikhlas sih, cuma kadang ngerasa ada yang ganjal aja gitu.
Mungkin kesalahannya kita tuh lebih peduli ke orang lain daripada diri kita sendiri.

Kita yang udah berbuat baik, boomerang-nya bukan berbalik jadi activity yang baik lagi, cuma berbalik jadi sebuah rasa sakit, karena secara sadar atau enggak kita tuh jadi berharap dia bakal begitu juga ke kita.

Memang gak ada yang salah dari sifat peduli, gak salah, itu sifat yang baik kok.
Cuma diri sendiri kadang perlu diprioritasin.
Jangan sampai kepedulian kamu ke seseorang malah mengesampingkan kondisi diri kamu sendiri.

Mungkin cara berpikir yang baiknya gini ya, sifat peduli ini emang sifat murni diri kita, bukan peduli untuk meminta kepedulian balik.

Mungkin sifat peduli ini emang sifat dasar kita, udah tabiat.
Jadi di setiap kita peduliin seseorang ya emang itu sifat basic kita, bukan untuk berharap imbalan setimpal dan biarkan mengalir aja gitu.

Mungkin kita tuh terlalu perasa, dan setiap kita lagi down tuh pengen ada seseorang yang sepeduli ini, tapi kenyataannya gak ada, dan akhirnya kita yang ngelakuin itu buat orang lain.

Dan seharusnya itu bukan masalah kan?

Sebab hal baik akan senantiasa memberi impact baik, meski dalam wujud dan dari arah yang berbeda.

Jadi, tetap berbuat baik ya.

Biarkan hal-hal baik mengalir bebas dalam dirimu tanpa ekpektasi berlebih.

#Tumbuh tangguh manusia-manusia baik

***

#Relung

Rabu, 29 September 2021
17.43 WIB

(GANIA20)

Anak WaktuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang