Sepanjang pagi, aku membuatnya dengan saksama. Saat menginjak tengah hari, aku mengiriminya pesan, "Aku yang akan mengantarkannya atau kamu yang datang dan mengambilnya sendiri?"
"Jika bisa memutar kembali waktu" membalasku, "Aku akan pergi sendiri."
Setengah jam kemudian, aku membungkus kue dengan hati-hati dan "jika bisa memutar kembali waktu" juga sudah sampai. Beberapa bulan tidak bertemu, pria itu masih terlihat kurus dan pendiam.
Aku menyerahkan kue kepadanya, dia memberiku uang dan aku menolaknya, tapi dia bersikeras memberikannya. Aku tidak berhasil menolaknya, jadi aku mengambil uang itu. Namun saat "jika bisa memutar kembali waktu" pergi, aku berkata, "Kapan kamu menyesal dan ingin mengambil kembali rumah ini, katakan saja padaku, aku akan mengembalikannya kepadamu."
"Jika bisa memutar kembali waktu" berkata dengan acuh tak acuh, "Tidak perlu."
Pria pendiam ini pergi dan ponselku berdering. Aku melihat nomor ponsel Gabriel berkedip di layar ponselku dan aku menjawabnya.
Gabriel, "Malam ini di Restoran Uenak, Gracia ingin mengundangmu makan malam. Dia ingin berterima kasih atas hadiah ulang tahunmu."
Setelah Gabriel selesai berbicara, dia menutup telepon tanpa memberiku kesempatan untuk memberitahunya aku akan pergi atau tidak pergi.
Gabriel akhir-akhir ini sangat aneh.
Malam hari, setelah selesai bekerja, aku naik taksi ke Restoran Uenak. Beberapa tahun lalu Candra dan aku pernah ke tempat itu berkali-kali. Pemilik Restoran Uenak pernah menjadi koki kerajaan selama tiga generasi. Sampai di generasi ini mereka juga mewarisi keahlian itu.
Aku mendorong pintu antik Restoran Uenak, halaman tampak seperti taman di sungai, dengan pepohonan di sepanjang jalan, air yang mengalir dan bunga-bunga yang tidak tahu namanya. Di atas pepohonan, ada kicauan burung. Tempat ini adalah tempat yang bagus untuk bersantai.
Aku dibawa ke ruang VIP yang disebutkan oleh Gabriel oleh seorang pelayan yang mengenakan pakaian adat. Seperti dekorasi luar, setiap ruang VIP di sini juga didekorasi dengan gaya antik. Aku mendorong pintu dan memanggil Gracia, tapi yang aku lihat adalah di depan jendela seorang pria menatap pepohonan di luar dan bebatuan dengan tenang.
Candra mengenakan kemeja cokelat dan celana panjang yang lurus.
Aku hanya membeku di sana.
Candra berkata dengan acuh tak acuh, "Gracia mereka tidak akan datang, aku yang ingin bertemu denganmu."
Saat berbicara, Candra berbalik ke arahku. Alisnya terlihat elegan bagaikan bulan yang cerah tanpa ada kabut sedikit pun.
"Kenapa malah kamu? Apa yang akan kamu lakukan?"
Tanpa sadar aku mengerutkan kening. Setelah kejadian di mana aku hampir mati karena akan menjadi santapan ular boa hari itu. Aku menghindari Candra sejauh yang aku bisa. Aku tidak bisa menyinggung salah satu di antara dia dan Stella, tapi aku bisa bersembunyi.
"Aku tidak melakukan apa-apa, aku hanya merindukanmu. Aku ingat bahwa tempat ini aman, jadi aku meminta Gabriel untuk mengundangmu," ucap Candra dengan acuh tak acuh.
Aku sangat kesal, "Candra, apa yang ingin kamu lakukan? Apakah kamu tidak takut Stella akan cemburu? Dia adalah istrimu dan aku tidak dapat menyinggungmu atau Stella. Aku masih ingin hidup lebih lama. Aku tidak ingin kehilangan hidupku begitu cepat, jadi kelak tolong jangan ganggu aku."
Tanpa menatap Candra, aku mengangkat tanganku dan menarik gagang pintu.
Suara acuh tak acuh Candra datang, diikuti dengan helaan napas pelan, "Di sini sangat aman, jangan khawatir."
KAMU SEDANG MEMBACA
Kelembutan yang Asing
RomantikSuamiku berselingkuh, empat tahun kemudian aku baru mengetahui semua kebahagiaan ini hanyalah omong kosong belaka. Saat darurat, suamiku melindungi wanita itu dan anaknya. Sementara aku dijebloskan ke dalam penjara. Dua tahun kemudian, aku yang tida...