"Biaya pengobatan Denis tidak akan membebanimu, kamu makan dengan tenang saja."
Apa yang dikatakan ibu angkat membuatku merasa tidak nyaman untuk sementara waktu. Aku pergi keluar untuk membeli makan malam pada ibu angkat. Ketika aku membawanya kembali, ekspresi ibu angkat berubah. Air mata mengalir di matanya. Dia mengambil kotak makan siang dan menangis saat makan, "Alangkah baiknya kalau kamu tidak mengambil kembali Denis."
Aku tidak tahu bagaimana menghibur hati ibu angkat yang gelisah, "Aku tidak akan mengambilnya, asalkan kamu mengizinkanku sering mengunjunginya dan bukan bersembunyi bersamanya."
Wajah ibu angkat itu sedikit tidak baik. Dia berbalik sambil menundukkan kepalanya ke arahku dan berkata dengan suara rendah, "Seseorang berkata kepadaku kamu akan mengambil kembali Denis, jadi aku membawanya untuk bersembunyi di pedesaan."
"Seseorang? Siapa?"
Kata-kata ibu angkat membuat jantungku berdetak kencang.
Apakah benar-benar ada seseorang di luar sana yang tidak kami ketahui merencanakan semua ini?
"Aku juga tidak tahu siapa dia. Dia duduk di dalam mobil dan tidak keluar. Dia hanya menurunkan jendela sedikit. Dia berkata kamu akan mengambil kembali Denis. Sampai saat itu, aku tidak punya uang dan membesarkan anak untuk orang lain dengan sia-sia. Aku ketakutan dan membawa Denis untuk bersembunyi," jawab ibu angkat.
Telingaku berdenyut, siapa pria yang duduk di dalam mobil?
"Apakah kamu ingat suaranya?"
Ibu angkatnya menggelengkan kepalanya, "Suara itu jelas bukan suara asli, aku bisa mendengarnya, dia menekan suaranya."
Aku tiba-tiba tidak percaya, siapa yang bisa begitu sengaja, bersembunyi di dalam mobil dan bahkan tidak berani berbicara dengan suara yang sebenarnya?
"Apakah dia punya pengawal?"
Aku memikirkan Joan.
Ibu angkat menggelengkan kepalanya, "Aku tidak melihat ada pengawal, hanya ada satu mobil dan sepertinya hanya dia sendiri di dalam mobil."
Seharusnya bukan Joan, sejauh yang aku lihat dua kali, orang itu tidak seperti orang yang diam-diam mengambil tindakan.
"Lalu apakah kamu ingat mobil apa yang dia kendarai? Berapa nomor platnya?" tanyaku lagi.
Ibu angkatnya menggelengkan kepalanya, "Aku tidak melihat mobil itu dengan teliti, tapi mobil itu tidak memiliki nomor plat."
Pria ini bersembunyi begitu dalam.
Aku menarik napas dalam-dalam, orang macam apa ini? Mungkinkah dia yang menabrak Denis dengan mobilnya?
"Namaku Vinny Hernanda, kelak kamu bisa memanggilku Vinny," ucap Ibu angkat dengan suara rendah.
Aku teringat dengan data kependudukan Denis lagi, "Kenapa anak ini belum didaftarkan kartu penduduk?"
Ibu angkatnya menghela napas, "Aku tidak takut kamu akan mencarinya, jadi tidak kami daftarkan."
Aku kehilangan kata-kata.
Bahkan jika aku tidak mencarinya, apakah mereka tidak berencana menyekolahkan Denis? Aku sedikit tidak puas, tapi sudah seperti ini, aku tidak bisa mengeluh.
"Setelah keluar dari rumah sakit, cari waktu luang dan daftarkan kartu penduduk untuk Denis."
Vinny mengangguk.
"Bibi, bisakah kamu menceritakan cerita untukku?"
Denis yang sedari tadi bermain sendirian telah membuka suara.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kelembutan yang Asing
RomanceSuamiku berselingkuh, empat tahun kemudian aku baru mengetahui semua kebahagiaan ini hanyalah omong kosong belaka. Saat darurat, suamiku melindungi wanita itu dan anaknya. Sementara aku dijebloskan ke dalam penjara. Dua tahun kemudian, aku yang tida...