Aku tahu bahwa Jasmine sakit hati setelah melihat videoku dan Tuan Muda Kelima. Dia ingin membawa Denis ke Kanada, tapi sekarang, aku telah menemukan ayah angkat untuk Denis. Jika Jasmine benar-benar ibu kandung Candra, maka sebagai seorang nenek, dia pasti sangat kecewa.
Ketika hampir jam pulang kerja, Jasmine memanggilku ke kantornya, "Clara, aku ingin tahu pendapatmu."
Jasmine sedang duduk di sofa, tatapan matanya bersahabat dan melankolis, tapi dia juga memiliki keseriusan seorang senior.
"Aku hanya ingin mencari seseorang yang bisa melindungi Denis. Stella dan Joan, mereka selalu mencari cara untuk membunuh Denis. Aku benar-benar takut, ibu angkat Denis telah mengorbankan hidupnya untuk Denis, aku tidak ingin sesuatu terjadi lagi. Tuan Muda Kelima tidak diragukan adalah orang yang bisa diandalkan. Hanya dengan berada di dekatnya, kami baru akan aman."
Jasmine terdiam untuk waktu yang lama, dia menggelengkan kepalanya dengan pelan sambil berpikir, "Aku semakin tidak mengerti pemikiran anak muda seperti kalian. Baiklah, karena itu jalan yang kamu pilih, maka jalanilah."
Jasmine melambai padaku, aku tahu dia menyuruhku pergi, jadi aku berbalik dan pergi. Aku pergi ke taman kanak-kanak untuk menjemput Denis. Kali ini adalah pertama kalinya aku dan putraku berjalan di bawah sinar matahari secara terbuka dan tanpa takut terluka. Aku memegang tangan bocah kecil itu, bocah kecil itu mengangkat wajahnya yang sedikit tembem dan memanggilku bibi dengan penuh kasih. Untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, aku merasa waktu begitu indah.
"Hei, ada kakek di sana," ucap Denis tiba-tiba.
Aku mendongak dan melihat bahwa tidak jauh di depan, berdiri seorang pria paruh baya yang bertubuh tinggi dan tegap. Orang itu adalah Rinaldi. Pada saat ini, dia melihat ke arah Denis dengan ramah.
Aku membawa Denis dan berjalan ke arahnya, "Kenapa Anda datang ke sini?"
Aku selalu menghormati Rinaldi.
Samuel tersenyum dengan sedikit malu, "Clara, apakah kamu akan menolakku untuk menggendong anak ini?"
Profesor Universitas A yang paling dikagumi, para siswa memujanya seperti dewa, tapi pada saat ini, nada dan ekspresinya benar-benar rendah hati.
"Denis, panggil kakek."
Aku menundukkan kepalaku dan tersenyum lembut pada Denis.
Denis menatapku dengan mata hitam, lalu memanggil Rinaldi dengan tegas, "Kakek."
Mata Rinaldi melengkung dengan garis senyum yang lembut, dia mengulurkan tangannya ke arah si kecil sambil tersenyum, "Bolehkah Kakek menggendongmu?"
Denis tidak mengenal Rinaldi, tapi dia masih berjalan mendekat.
Rinaldi menggendong tubuh kecil Denis. Anak itu masih sangat kurus, ketika Rinaldi mengangkatnya, dia mengerutkan kening dan berbisik, "Anak ini, bahkan tulang tangannya saja bisa diraba dengan jelas. Kamu benar-benar telah menderita."
Rinaldi menggendong dan terus mencium Denis. Rinaldi sangat menyayangi Denis sehingga dia tidak rela untuk melepaskannya.
Namun Denis mengulurkan tangan kecilnya dan memintaku untuk memeluknya, jadi Rinaldi mau tidak mau menyerahkan Denis kepadaku. Ketika Aku menggendong Denis, Rinaldi mengeluarkan dompetnya dan mengeluarkan sebuah kartu, "Clara, ada sejumlah uang di kartu ini, ini adalah gaji yang telah aku tabung selama bertahun-tahun. Aku harap dapat digunakan untuk biaya pendidikan Denis. Jangan khawatir, uang ini bukan milik Candra, ini hanya niatku sebagai kakek untuk Denis."
Mata Rinaldi yang tulus membuatku tidak tahan untuk menolaknya.
Aku mengambil kartu itu tanpa mengatakan sepatah kata pun, Rinaldi berkata, "Kata sandinya adalah enam nol, kamu dapat mengubah kata sandi baru sendiri."
KAMU SEDANG MEMBACA
Kelembutan yang Asing
RomansaSuamiku berselingkuh, empat tahun kemudian aku baru mengetahui semua kebahagiaan ini hanyalah omong kosong belaka. Saat darurat, suamiku melindungi wanita itu dan anaknya. Sementara aku dijebloskan ke dalam penjara. Dua tahun kemudian, aku yang tida...