##Bab 86 Kebakaran

1K 90 3
                                    

Setelah Candra menggendong Denis untuk waktu yang lama, dia baru berjalan masuk. Bocah kecil itu tersenyum dengan sangat manis, dia kembali ke penampilannya yang ceria lagi.

Setelah sarapan, Candra mengajak Denis bermain di halaman belakang. Mungkin karena halaman belakang menghadap pegunungan dan tidak mudah ditemukan. Saat pertama kali aku datang ke sini, Candra juga menemani Denis bermain di halaman belakang.

Ada parit kecil di halaman belakang, Candra bertelanjang kaki dan menginjak air di parit. Dia mengajak Denis menangkap ikan kecil. Aku menyaksikan dengan tenang di tangga batu dari kejauhan. Aku berharap Denis bisa terus menjalani saat-saat tenang dan berbahagia seperti ini selamanya.

Namun, semua ini hanya angan-anganku saja. Bibi Siti berlari ke sini sambil memegang ponsel Candra dengan tergesa-gesa, "Pak, Nona Julia jatuh dari tangga."

Wajah Candra yang tadinya masih penuh senyuman, seketika langsung berubah.

Dia menggendong Denis keluar dari sungai, lalu berjalan ke sisiku dan menurunkan Denis di hadapanku. Kemudian, dia mengambil ponsel yang diberikan Bibi Siti dan bergegas pergi.

"Kapan kamu kembali? Denis akan mencarimu."

Aku sedikit gugup untuk sementara waktu dan tidak tahan untuk mengajukan pertanyaan.

"Aku tidak tahu, kamu jaga Denis dulu." Candra sudah tidak lagi memedulikan kami.

Tiba-tiba aku merasa konyol. Apanya waktu yang tenang dan berbahagia, semua itu hanya karena tidak ada Julia.

"Bibi, apakah Paman akan kembali?"

Mata Denis yang seperti bintang itu dipenuhi dengan rasa kesepian.

"Ya, jangan khawatir."

Aku menarik tangan kecil Denis, "Bibi akan membawamu untuk menangkap ikan kecil."

Kami berpegangan tangan dan datang ke parit dengan kaki telanjang. Di baskom kecil di tepi parit, ikan kecil yang ditangkap Candra sedang berenang dengan lincah.

Denis berjongkok di tepi parit sambil melihatku membungkuk untuk menangkap ikan.

Aku memegang jaring yang sebesar mangkuk dengan pegangan panjang. Ketika aku melihat beberapa ikan berenang, aku mengambil keuntungan dari situasi ini untuk menangkapnya. Setelah beberapa gagal, aku akhirnya mendapatkan beberapa ekor ikan.

Denis bertepuk tangan dan berteriak, "Ibu hebat!"

Bocah kecil ini sama sekali tidak menyadari dia telah salah memanggil nama, dia sudah tenggelam dalam kegembiraan yang sederhana ini, wajah kecilnya penuh dengan cahaya matahari yang cemerlang.

Aku menatap putraku dengan senyum manis di sudut bibiku. Aku sangat gembira untuk panggilan ibu yang tidak dia sadari ini.

'Nak, Ibu menantikan hari ketika kamu benar-benar menganggapku sebagai seorang ibu," batinku.

Tidak terasa sepanjang hari telah berlalu. Matahari sudah tenggelam ke barat dan Candra masih belum kembali.

Denis mulai tidak senang, dia duduk di bangku kecil dengan kepala kecil tertunduk dan wajahnya yang kesepian, "Kenapa paman belum kembali? Denis merindukan Paman."

Beberapa hari ini, Candra telah merawat bocah kecil ini. Bocah kecil ini telah terbiasa tinggal bersama dengan Candra. Di bawah alam sadarnya, dia mungkin sudah menganggap Candra sebagai seorang ayah.

Namun bagaimana dengan Candra? Dia berada di sisi putrinya.

Aku menyentuh kepala Denis dan berkata dengan lembut, "Denis, paman memiliki sesuatu untuk ditangani, dia juga rindu kepada Denis, tapi dia harus menyelesaikan masalah ini baru bisa kembali, mengerti?"

Kelembutan yang AsingTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang