Candra pergi. Aku mengangkat tanganku untuk menopang dahiku. Saat aku naik ke lantai atas, aku merasa leherku terasa sangat sakit.
Operasi Alwin dijadwalkan tiga hari kemudian pada jam sembilan pagi. Aku pergi ke sana lebih awal. Meskipun aku bukan ibu dari anak itu, anak ini benar-benar menyedihkan. Aku berharap bisa menjaga Alwin di luar ruang operasi. Namun, tulang belakang leherku sangat sakit. Aku tidak tahan lagi, jadi aku duduk di bangku dan memejamkan mata untuk beristirahat.
William datang. Dia berkata dengan ekspresi menghina, "Ibu anak haram, lehermu sakit lagi? Sudah kubilang kamu hanya perlu membayar 200 juta untuk mengobati penyakitmu."
Aku membuka mata dan melihat pria tampan di depanku, lalu aku memarahinya, "Dasar berengsek, kenapa kamu sangat perhitungan?"
William juga tidak marah, "Aku baru ingat, berikan 300 juta!"
William mengulurkan tangannya yang putih kepadaku.
Aku memelototinya dengan ganas, tapi aku malah tersenyum, "Bukankah ini adalah anak harammu? Sekarang bahkan kakakmu sudah tahu, untuk apa kamu meminta uang padaku?"
Tepat pada saat itu, sebuah suara datang, "Bayi itu benar-benar anak haram Dokter William! Sungguh menakutkan. Dokter William tampaknya cukup jujur. Kenapa dia bisa menelantarkan anak dan pasangannya?"
"Tidak mungkin!"
"Kenapa tidak? Apakah kamu tidak melihatnya? Dokter William peduli dengan anak ini. Dia mengundang spesialis dan datang untuk menjaga di ruang operasi. Kalau dia bukan ayah anak itu, apakah dia akan melakukan ini?"
Dua perawat kecil yang lewat berbicara sambil berjalan. Wajah William menjadi gelap, sementara aku tidak sudah bisa menahan tawa.
Ketika Alwin keluar dari ruang operasi, William sudah dipanggil oleh pasien. Operasi berjalan lancar. Dokter berkata Alwin akan segera pulih dan akan menjadi seperti anak normal yang lain. Aku sangat senang. Meskipun anak ini dibuang oleh orang tua kandungnya, takdir masih berpihak padanya.
Hendra menelepon dan bertanya di mana aku berada. Aku mengatakan aku berada di rumah sakit. Hendra tahu tentang masalah Alwin, "Apakah operasi Alwin berhasil?" tanya Hendra.
"Berhasil, dokter berkata kelak Alwin akan sama seperti anak yang lain," jawabku.
Hendra berkata, "Baguslah." Setelah hening sejenak, dia berkata, "Clara, ada sesuatu yang ingin aku katakan padamu."
"Aku keluar sekarang," kataku sambil berjalan keluar.
Segera, mobil Hendra diparkir di luar rumah sakit. Aku masuk ke mobil. Hendra mengemudikan mobil dan berkata sambil mengemudi, "Apakah baru-baru ini kamu pergi ke tempat Tuan Muda Kelima setiap hari?"
"Ya." Aku menebak kata-kata berikut Hendra adalah "jangan bergaul dengannya, kalian tidak cocok" atau "perhatikan dampak dari hal ini dan sebagainya".
Tidak satu pun dari dua hal ini yang aku pertimbangkan. Aku tidak ingin bersama Tuan Muda Kelima, aku juga tidak takut akan dampaknya. Aku hanya ingin mengakhiri kontrak sesegera mungkin, kemudian pergi ke Kanada untuk bersatu kembali dengan Denis.
Namun Hendra malah berkata, "Aku dapat melihat dia menyukaimu. Aku belum pernah melihatnya bersama seorang gadis dalam waktu lama. Semakin dia menyukainya, dia akan terlihat semakin jijik, kecuali kepada ayah angkat dan aku."
Aku memandang Hendra dengan takjub. Dia mengemudikan mobil dengan sangat serius, tapi alisnya yang agak kasar terlihat sedikit khawatir.
"Kamu pasti salah, bagaimana mungkin dia menyukaiku?"
Aku merasa ucapan Hendra sangat konyol.
Bagaimana mungkin menyukai seseorang akan menyulitkannya hingga seperti ini dan menyuruhnya pergi? Aku tidak pernah berpikir memperlakukan orang dengan cara seperti ini berarti menyukainya. Jika kamu menyukai seseorang, maka kamu akan takut dia dianiaya dan mencoba bersikap baik padanya. Seperti inilah arti suka bagiku.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kelembutan yang Asing
RomanceSuamiku berselingkuh, empat tahun kemudian aku baru mengetahui semua kebahagiaan ini hanyalah omong kosong belaka. Saat darurat, suamiku melindungi wanita itu dan anaknya. Sementara aku dijebloskan ke dalam penjara. Dua tahun kemudian, aku yang tida...