Aku melihat Candra berjalan sambil berbincang dengan seorang pria paruh baya yang tampak berkarisma dan dikelilingi oleh sekelompok besar wartawan yang terus memfoto mereka.
Pada saat ini, seorang wanita muda berlari sambil menangis ke sisi Candra, lalu memeluk paha lurus Candra yang mengenakan celana panjang. Wanita itu berlutut di kakinya. Dia memeluk kaki Candra sambil menangis hingga air mata membasahi wajahnya.
"Candra, jangan tinggalkan aku, aku berjanji tidak akan menghancurkan keluargamu. Aku juga berjanji untuk menggugurkan bayi di perutku. Tolong biarkan aku tinggal di sisimu ...."
Mata jernih Candra menunjukkan ekspresi terkejut yang sangat jelas. Dia tidak tahu dari mana wanita ini berasal. Dia juga tidak mengenal wanita ini.
Pria paruh baya yang berjalan di sebelah Candra mengerutkan kening dan wajahnya menjadi dingin, "Candra, apa yang terjadi?"
Pada saat ini, sejumlah wartawan dan orang yang berpartisipasi dalam pertemuan itu berkumpul dengan penasaran. Acara yang dihadiri Candra adalah pertemuan dengan pemerintah kota. Dia mewakili komunitas bisnis kota dan memegang status sebagai orang yang memberikan "Kontribusi Luar Biasa".
Orang-orang menonton adegan ini dengan penuh minat. Pada pertemuan hari ini, mereka telah menyaksikan pemandangan pemuda yang diam-diam memiliki kemampuan luar biasa. Jika saat ini muncul skandal berat pada pemuda yang sedang naik daun, dengan walikota yang juga sangat memperhatikan bisnis pemuda ini, maka hal ini akan menjadi berita yang sangat menarik.
Kaki kanan Candra dipeluk erat oleh wanita itu. Ingus dan air mata wanita itu menodai celana Candra yang indah. Aku berdiri di kejauhan, tapi aku bisa melihat wajah Candra perlahan memerah.
"Bangun dan katakan dengan jelas. Sejak kapan aku punya hubungan denganmu?"
Seperti yang diharapkan dari Candra. Pada situasi seperti itu, dia masih bisa menghadapi bahaya dengan tenang. Dia masih dapat mengendalikan emosinya dan meminta wanita itu berbicara dengan jelas, bukan mengusirnya.
"Tidak, aku tidak boleh bangun."
Wanita itu tidak bergerak dengan ekspresi menyedihkan di wajahnya. Dia telah menerima uangku, tentu saja dia harus melanjutkan aktingnya. Kedua tangannya masih memeluk paha Candra, "Kalau aku bangun, kamu akan meminta orang untuk mengusirku. Candra, aku menyesal, aku menyesal telah berdebat denganmu dan bersikeras menginginkan anak ini. Asalkan kamu bahagia, asalkan kamu membiarkanku tinggal di sisimu dan terus menjadi wanitamu. Aku rela seumur hidupku tidak mendapatkan identitas apa pun."
"Aku tidak mau menjadi Nyonya Kurniawan, aku juga tidak melahirkan anak. Aku akan pergi ke rumah sakit besok dan menggugurkan bayi di perutku. Aku sudah menggugurkan tiga anak untukmu, aku tidak peduli harus menggugurkan satu lagi. Mereka tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan berada di sisimu."
Wanita itu menangis, ucapannya seakan mengeluarkan semua kesedihannya hingga membuat orang merasa iba. Ada banyak orang yang menonton dengan marah, "Ternyata Candra adalah orang seperti itu."
Aku mendengar seseorang memarahinya, "Candra ini lebih bejat dibandingkan dengan binatang!"
Setelah memarahi, beberapa orang pergi dengan marah. Beberapa orang terus menunggu sambil menonton pertunjukan.
Wajah pria paruh baya di sebelah Candra menjadi semakin masam, "Candra, Lihat apa yang sudah kamu perbuat!"
Setelah selesai berbicara, pria itu pergi dengan marah.
Beberapa sekretaris mengikuti di belakangnya, "Walikota, mobilnya diparkir di sini."
Ternyata orang ini adalah walikota. Aku diam-diam tertawa. Candra, aku ingin merusak reputasimu, ini adalah pembalasan untukmu.
Saat ini aku tidak bisa menyembunyikan kegembiraan di hatiku. Candra, aku akhirnya membuatmu menanggung malu di depan umum. Jangan salahkan aku karena terlalu jahat, kamu yang tidak berperasaan terlebih dahulu. Kamu memfitnahku dengan berkata aku memiliki penyakit kelamin, menyebut anakku adalah sumber bencana dan ingin menggugurkannya dengan kejam.
Candra, ini sesuatu yang pantas kamu dapatkan, aku hanya ingin reputasimu hancur.
Aku tidak melihat lagi dan berbalik untuk pergi, tapi tiba-tiba aku menabrak seseorang yang berdiri tidak jauh di hadapanku.
Itu adalah Doni.
Dia menghadap ke arah Candra sambil menggelengkan kepalanya dengan tidak percaya dan menghela napas, "Ada apa dengan Candra? Kehidupan baiknya telah dirusak olehnya."
Aku mengabaikan kata-kata Doni. Aku bahkan tidak memikirkan kenapa dia muncul di sini. Aku mempercepat langkahku dan langsung berjalan pergi.
Aku pergi ke ruko sendirian, membuka pintu dan duduk di lantai yang telah aku bersihkan sambil menatap ke luar jendela dalam diam.
Dua puluh menit kemudian, ponselku tiba-tiba berdering. Aku melihat nomor ponsel yang aku kenal tiga tahun lalu, nomor itu milik Candra. Meskipun sudah tiga tahun aku tidak melihat nomor itu, aku masih mengenalinya hanya dengan melihat sekilas.
Entah kenapa hatiku bergetar, jari-jariku bahkan menekan tombol "jawab".
Suara rendah dan cemberut Candra bergema dengan langkah kakinya yang tergesa-gesa dan kesal, "Kamu yang melakukannya, 'kan? Aku telah meremehkanmu!"
Telepon ditutup dengan sekejap, nada sibuk datang dari telingaku. Suara Candra menghilang begitu saja dari telingaku. Aku masih duduk dengan tenang di lantai ruang depan, dengan punggung menempel ke dinding yang berlukiskan gambar belang-belang, hatiku terasa kosong.
Aku duduk di ruko sampai matahari terbenam dan bintang-bintang muncul. Aku tidak merasakan lapar ataupun lelah, sampai Cindy meneleponku dan bertanya di mana aku berada. Aku mengatakan lokasiku sekarang, kemudian bangun dan pulang.
Saat aku mendekati lantai dasar apartemen, aku merasakan aura dingin dan membunuh yang membuatku bergidik. Karena aura semacam ini tidak dibawa oleh cuaca, saat itu musim panas dan tidak ada angin barat laut.
Aku memiliki firasat siapa yang akan datang, mataku yang waspada menatap sebuah mobil hitam yang diparkir di depanku. Benar saja, aku melihat Candra membuka pintu mobil dan berjalan ke arahku.
Aura dingin dan kemarahan dalam dirinya membuat langkah kakiku tanpa sadar terhenti. Aku mengepalkan tanganku. Aku melihat tubuh ramping Candra berjalan ke arahku bagaikan seorang penghuni neraka.
"Yuwita!"
Dia masih memanggil nama lamaku. Dia mendekatiku dan memutar lenganku, "Apa yang telah kamu lakukan?"
Tanganku dipelintir olehnya, tubuhku tidak stabil dan punggung bawahku menabrak mobil asing yang diparkir di sebelahku. Mobil itu segera mengeluarkan suara alarm yang memekakkan telinga. Candra segera meraih lenganku dan menyeretku ke mobilnya. Dia membuka pintu belakang dan mendorongku masuk.
Kemudian dia dengan cepat melangkah ke kursi pengemudi dan mengendarai mobil keluar dari kompleks apartemen tanpa menjelaskan sepatah kata pun.
"Candra, apa yang kamu lakukan!"
Aku menampar kursi depan dengan keras.
Langit sangat gelap dan dia sangat marah, aku tidak dapat menjamin dia tidak akan membunuhku, kemudian membuang mayatku di hutan belantara. Aku tidak ingin mati.
Candra menggertakkan giginya, "Apa kamu takut sekarang? Sudah terlambat!"
Dia tiba-tiba meningkatkan kecepatan mobil. Dalam sekejap, mobil sedan hitam melaju kencang di jalan bebas hambatan. Kecepatannya sangat cepat.
Aku menjadi semakin bingung, "Candra, kalau kamu berani berbuat macam-macam padaku, kamu akan menyesalinya!"
"Aku sudah menyesalinya!" jawab Candra sambil menggertakkan giginya.
Saat itu aku mengira dia menyesal tidak membunuhku lebih awal.
Aku segera menarik tubuhku dan melingkarkan tanganku di tubuhku, "Candra, kalau aku mati, bahkan menjadi hantu pun, aku tidak akan memaafkanmu!"
KAMU SEDANG MEMBACA
Kelembutan yang Asing
RomanceSuamiku berselingkuh, empat tahun kemudian aku baru mengetahui semua kebahagiaan ini hanyalah omong kosong belaka. Saat darurat, suamiku melindungi wanita itu dan anaknya. Sementara aku dijebloskan ke dalam penjara. Dua tahun kemudian, aku yang tida...