Stella juga masuk. Aku mendengar suaranya yang penuh kasih, "Candra."
Ruangan itu hening sejenak.
Ketika aku berjalan ke sana, aku melihat Candra dan Stella saling berhadapan. Candra mengerutkan kening dengan pelan, tidak tahu apa yang sedang dia pikirkan. Sementara Stella menatapnya dengan lembut dan air mata mengalir di matanya.
Tangan kecil Julia dipegang di telapak tangan Candra. Denis menatap kosong ke arah Stella, lalu ke arah Candra. Akhirnya, dia berjalan ke arahku.
Tangan kecil itu memegang tanganku.
Kemunculan Stella dan Julia membuatnya sadar bahwa Candra bukanlah ayahnya sendiri. Mereka yang menyakitinya telah kembali.
Air mata mengalir di mata Stella. Tiba-tiba dia mengambil beberapa langkah dan melemparkan dirinya ke pelukan Candra, "Candra, kamu akhirnya siuman, kamu tidak tahu betapa khawatirnya aku? Orang-orang itu mengejarku demi uang. Aku ditangkap oleh mereka, mereka bahkan menggunakan Julia untuk mengancamku, mereka berkata akan membunuh Julia kalau aku sesegera mungkin tidak mengembalikan uang mereka. Untuk melindungi Julia, aku tidak punya pilihan selain menerbitkan surat kabar memutuskan hubungan denganmu dan membawa Julia ke Amerika Serikat. Sekarang, aku kembali membawa uang itu dan Julia. Candra, kita akhirnya bersama lagi...."
Aku menarik napas dalam-dalam dan merasakan rencana licik Stella.
Sementara Candra bahkan tidak langsung mendorongnya. Dia masih mencintai Stella, meskipun ketika dia berada di waktu yang paling sulit Stella mengambil keuntungan darinya.
"Denis, ayo pergi."
Aku menarik tangan kecil Denis, lalu berbalik dan berjalan keluar.
"Clara!"
Saat ini, Candra baru mendorong Stella menjauh dan berjalan ke arah kami.
Dia meraih tanganku yang lain, "Kenapa kamu pergi? Aku dan dia sudah tidak ada hubungan apa pun lagi."
Setelah dia mengatakan itu, dia membungkuk dan menggendong Denis.
Air mata mengalir di mata Stella. Dia terlihat sangat sedih, "Candra, apakah kamu benar-benar tidak mau memaafkanku?"
"Ayah!"
Ketika Julia melihat Candra menggendong Denis, dia langsung memanggil, berlari ke arah kami, lalu memeluk paha Candra dan menangis sambil berkata, "Ayah, apa Ayah sudah tidak menginginkan Julia lagi? Apa karena Julia tidak baik? Julia berjanji kelak akan menjadi anak baik...."
Gadis kecil itu menangis hingga seluruh wajahnya penuh dengan air mata. Alis Candra berkerut. Pada saat itu, hatinya pasti sangat sakit. Kemudian, dia juga menggendong Julia.
"Bagaimana mungkin Ayah tidak menginginkanmu? Kamu adalah putri Ayah dan selamanya akan menjadi putri Ayah."
Ekspresi Stella terlihat sangat sedih dan air mata mengalir turun, "Candra, aku tahu aku tidak boleh melakukan itu, tapi semua itu untuk melindungi propertimu dan Julia. Kamu tidak mau memaafkanku dan ingin menikah lagi dengan Clara. Aku tidak bisa mengatakan apa-apa, tapi tolong perlakukan Julia dengan baik, dia tidak bersalah."
Setelah Stella selesai berbicara, dia berlari keluar sambil menangis.
Trik ini terlalu luar biasa, hingga aku tertegun beberapa saat.
Julia menangis dan berteriak, "Bu, aku mau ibu...."
Terdengar suara berisik di telingaku dan hatiku terasa kacau. Candra tertegun di tempat sambil menggendong kedua anak itu.
Stella sudah pergi, aku datang ke ruang tamu sendirian dan duduk di sofa. Kemudian, aku mengulurkan tangan untuk menyentuh dahiku. Wajahku terlihat sangat depresi. Candra berada di kamar tidur bersama kedua anaknya dan aku tidak mendengar suaranya untuk waktu yang lama. Hanya terdengar tangisan Julia yang membuat orang terganggu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kelembutan yang Asing
RomanceSuamiku berselingkuh, empat tahun kemudian aku baru mengetahui semua kebahagiaan ini hanyalah omong kosong belaka. Saat darurat, suamiku melindungi wanita itu dan anaknya. Sementara aku dijebloskan ke dalam penjara. Dua tahun kemudian, aku yang tida...