##Bab 46 Ikatan Antara Ibu dan Anak

2.2K 134 2
                                    

Saat melihatku, Candra terkejut, kemudian matanya dengan cepat beralih ke anak di pelukanku. Mungkin melihat darah di kepala anak itu, dia mengerutkan kening. Saat dia melihatku lagi, matanya terlihat sangat bingung.

Aku bahkan tidak punya waktu untuk memperhatikan tatapannya, aku segera berlari melewatinya sambil menggendong anakku. Saat aku sampai di ruang gawat darurat, aku baru menyadari wajahku penuh dengan air mata.

"Dokter, selamatkan anakku!"

Ketika aku berdiri di depan dokter dengan anak yang berlumuran darah di pelukanku, dokter paruh baya itu juga kaget. Dia tidak meminta formulir pendaftaran, dia langsung memintaku untuk duduk bersama putraku yang ada di pelukanku. Dia segera mulai bersiap untuk membersihkan luka putraku.

"Kalian anak muda, aku benar-benar tidak tahu bagaimana kalian menjaga anak-anak. Anak sekecil ini bisa terluka seperti ini."

Dokter paruh baya itu penuh belas kasih. Dia merawat luka putraku sambil menghela napas, sementara aku terus meneteskan air mata.

Ibu angkat Denis juga bergegas masuk. Melihat dokter membersihkan luka putraku, dia tampak lega. Tubuhnya yang kurus seperti tiang listrik bersandar di pintu dan menatap kami dengan tatapan kosong.

Sebuah luka sepanjang lima sentimeter terbuka di dahi putraku. Saat dokter menjahit lukanya, dia memberi putraku anestesi. Meski begitu, putraku masih terus menangis.

Dia menangis sambil membuka matanya untuk melihat wajah asing yang memeluknya. Mungkin itu adalah ikatan antara seorang ibu dan anak. Dia menatapku dengan mata yang seperti kristal, dia perlahan berhenti menangis. Dia membuka mulutnya dan tersenyum padaku.

Senyuman ini membuatku luluh.

Anakku, kamu sudah menderita.

Air mataku kembali terjatuh.

Anak itu melihat aku meneteskan air mata, dia tampak ketakutan dan berseru, "Ibu".

Ibu angkat Denis sedang menunggu kesempatan ini untuk membawa Denis pergi, dia segera datang, "Cepat kembalikan anak itu, anak sedang memanggilku!"

Dengan enggan aku berpaling dan membiarkan putraku dibawa pergi oleh ibu angkatnya.

Pada saat ini, luka putraku sudah dibalut kain kasa dan ibu angkatnya menggendong putraku dan berkata, "Denis, sebentar lagi pulang bersama Ibu."

Dokter paruh baya itu menatapku dengan mata aneh, lalu menatap ibu angkat Denis, "Sebenarnya siapa ibu dari anak ini?"

"Tentu saja aku!" jawab ibu angkat itu dengan cepat.

Dokter setengah baya memandangnya, tapi berkata, "Sekarang pergilah untuk mendaftar dan membayar."

Ibu angkat itu langsung menatapku, "Kamu yang bilang, kamu akan membayar biaya pengobatan Denis. Kamu jangan menyangkal."

Aku tidak pernah membayangkan bahwa ibu angkat putraku adalah orang seperti ini. Saat penjaga penjara mempertemukan aku dengan pasangan itu, aku melihat wajah suaminya baik dan wanita ini juga mencintai putraku. Jadi aku baru memberikan putraku pada mereka. Akan tetapi, tidak disangka suaminya akan mati lebih awal dan wanita ini jelas enggan mengeluarkan uang sepeser pun untuk putraku.

Aku tidak mengatakan apa-apa, aku bangun dan pergi.

Ibu angkat mengejarku sambil menggendong putraku, "Hei, kamu jangan coba-coba menyangkal. Kamu bilang akan mengeluarkan biaya pengobatan Denis, kamu jangan ingkar janji."

"Aku tahu. Aku akan membayarnya. Selain itu, kelak aku juga akan memberikan biaya hidup pada Denis." Aku mempercepat langkahku, tidak ingin melihat wajah wanita itu lagi. Aku berjalan cepat ke bagian administrasi, lalu mendaftar dan membayar tagihan rumah sakit.

Kelembutan yang AsingTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang