Denis masih tidur, bocah kecil itu menyunggingkan senyum tipis di sudut mulutnya, seolah-olah dia sedang bermimpi indah.
Hari ini hari Minggu, aku tidak pergi bekerja. Jika tidak, aku khawatir bagaimana aku pergi ke perusahaan. Aku khawatir di tempat ini tidak ada bus ke kota, bahkan taksi mungkin akan sulit untuk ditemui.
Saat aku baru saja hendak mengalihkan pandanganku, aku tiba-tiba melihat bayangan yang berlari di jalan setapak di gunung dalam kabut tebal di kejauhan.
Orang itu adalah Candra, dia memiliki kebiasaan berlari setiap hari.
Dia mengangkat tangannya untuk menyapa seorang pria paruh baya yang juga sedang berlari, lalu berlari ke sini.
Candra sudah kembali.
Saat itu, aku masih di kamar dan masih tidak keluar. Aku hanya mendengar suara langkah kaki naik ke atas yang stabil seperti bertahun-tahun lalu.
Lebih dari sepuluh menit kemudian, Candra telah melepaskan pakaian olahraganya, lalu memasuki kamar aku dan Denis dengan rambut basah. Dia baru saja mandi, tubuhnya masih berbau sampo. Wajahnya terlihat sangat bersemangat.
Dia melirik ke tempat tidur. Saat dia melihat bocah kecil itu masih tertidur nyenyak di tempat tidur, sudut mulutnya tanpa sadar tersenyum tipis dan ada cinta yang jelas di matanya.
"Kenapa mereka bisa pergi?"
Aku sangat bingung tentang apa yang terjadi tadi malam, aku tidak tahu metode apa yang digunakan Candra untuk membuat Joan pergi dengan begitu mudah.
"Aku menunjukkan padanya beberapa foto."
Tubuh Candra yang tinggi dan ramping membungkuk, tangannya bertumpu di tepi ranjang, ekspresinya yang lembut mengarah pada bocah kecil yang sedang tidur.
"Foto apa?"
Aku penasaran.
Candra menegakkan tubuh, lalu memelototiku dan mengeluarkan sebuah amplop dari saku jaketnya.
Aku melihat amplop yang diserahkan dan ragu-ragu sejenak untuk menerimanya.
Aku bingung sekaligus penasaran, apa yang membuat Joan pergi begitu cepat.
Aku memasukkan jariku ke dalam amplop putih, lalu mengambil foto dan melihat dengan seksama. Ketika aku melihat ini, aku langsung tercengang.
Dalam foto tersebut, seorang pria dan wanita muda saling berpelukan dan berciuman mesra. Foto diambil dari sudut samping dan dari jarak jauh. Wajah mereka hampir ditutupi satu sama yang lain, tapi postur tubuh mereka sedikit familier.
Aku meletakkan foto ini ke ambang jendela, lalu mengambil amplop dan foto-foto di dalamnya terjatuh seperti kacang tertumpah dari tabung.
Saat foto-foto itu jatuh berserakan, aku melihat foto-foto intim pria dan wanita, dari jarak dekat dan jauh.
Ketika aku melihat dua wajah itu, aku tercengang.
Wanita itu adalah Stella dan pria itu adalah Doni. Salah satunya adalah istri Candra dan yang lainnya adalah teman baik Candra.
Seketika, aku tercengang hingga rahangku hampir terlepas. Aku tidak percaya hal seperti ini adalah kenyataan.
"Apa yang kamu lakukan pada mereka?" tanyaku pada Candra dengan terkejut. Bagaimanapun juga, Stella sangat mencintai Candra. Dia tidak mungkin menghancurkan pernikahan yang telah dia rencanakan dengan sangat hati-hati.
Pria itu juga adalah teman baik Candra. Hal ini sungguh sulit dipercaya.
Candra menggelengkan kepalanya, "Tidak, seharusnya mereka sudah bersama selama setahun."
KAMU SEDANG MEMBACA
Kelembutan yang Asing
RomanceSuamiku berselingkuh, empat tahun kemudian aku baru mengetahui semua kebahagiaan ini hanyalah omong kosong belaka. Saat darurat, suamiku melindungi wanita itu dan anaknya. Sementara aku dijebloskan ke dalam penjara. Dua tahun kemudian, aku yang tida...