Tepat ketika aku memikirkan tentang ke mana Denis harus pergi, aku menerima telepon dari Jasmine.
"Clara, aku ingin membawa Denis ke Kanada, apakah kamu setuju? Kamu dan ibu angkatnya juga bisa datang bersama. Kamu tidak perlu khawatir tentang semua prosedur, aku akan menangani semua prosedurnya. Saat kamu sampai di sini, kamu masih bisa bekerja di firma hukum. Denis dan ibu angkatnya tinggal bersamaku. Aku akan bertanggung jawab atas semua pengeluaran mereka dan biaya pendidikan untuk Denis kelak."
Aku tertegun di tempat.
"Ini ... ini akan sangat merepotkan," ucapku sambil tergagap-gagap, otakku masih belum bisa berpikir jernih. Kanada adalah tempat terbaik. Sehebat apa pun Joan, dia juga tidak bisa apa-apa di Kanada. Stella dan Bherta ingin menindas Denis, mereka juga tidak bisa pergi ke Kanada. Sementara Candra, dia ingin membawa pergi Denis juga bukan hal yang mudah.
"Tidak masalah, asalkan kamu setuju, aku akan menangani sisanya," kata Jasmine.
"Aku ... aku akan membicarakannya dengan ibu angkat Denis."
Untuk hal sebesar itu. Tentu saja, aku harus mendapatkan persetujuan Vinny.
Jasmine, "Oke, kalian bisa mendiskusikannya dan meneleponku kembali sesegera mungkin."
Jasmine menutup telepon, hal ini membuatku semakin yakin dia memiliki hubungan dengan Candra. Mungkin, dia adalah nenek Denis, jadi dia mau membawa Denis ke Kanada.
Butuh waktu lama bagiku untuk pulih dari keterkejutan, sementara Vinny menatapku dengan mata yang sangat bingung, dia tidak tahu dengan siapa aku berbicara di telepon.
"Bosku, dia bilang dia ingin membawa Denis ke Kanada. Kamu dan aku bisa pergi ke sana bersama-sama," kataku.
Vinny mengerutkan kening, dia berkata dengan tidak setuju, "Untuk apa kita pergi ke sana? Leluhur kita ada di sini, kita pergi ke sana termasuk orang apa kita? Dari mana kita akan mendapatkan uang? Di sini kita masih punya pekerjaan."
"Kamu tidak perlu khawatir tentang ini, dia bisa mengaturnya."
Aku juga merenungkan apakah ide ini bisa diterima.
Tempat ini adalah tempat aku lahir dan tumbuh dewasa. Aku tidak ingin meninggalkan kampung halamanku. Aku juga berharap Denis dapat belajar budaya di sini dan kelak bersekolah di luar negeri, tapi bukan sekarang pergi ke luar negeri.
"Apa pun yang kamu pikirkan, aku tidak setuju."
Vinny sangat tidak senang dan wajahnya menjadi masam.
Aku tidak bisa mengatakan apa-apa lagi. Malam ini, aku berpikir apakah akan pergi atau tidak? Bagaimana meyakinkan Vinny jika ingin pergi?
Di pagi hari, wajah Vinny masih masam dan bahkan tidak berbicara denganku.
Aku berkata, "Bagaimana kalau kamu memikirkannya lagi? Pergi ke Kanada, Denis tidak akan dalam bahaya dan kamu tidak perlu khawatir tentang pekerjaan, semuanya akan diatur oleh Bu Jasmine."
Vinny berkata dengan kesal, "Wanita itu? Aku tahu, dia pasti nenek biologis Denis. Wajahnya sama persis dengan Candra dan Denis. Kalian sedang mencari cara untuk mengambil Denis. Jangan pikir aku tidak tahu. Aku tidak setuju, kamu hilangkan pemikiran ini!"
Kata-kata Vinny membuat semua bujukan yang aku pikirkan tercekat di tenggorokanku. Aku tidak dapat menyangkal bahwa Jasmine adalah nenek Denis, karena ini juga adalah hal yang aku curigai.
"Oke, tidak apa-apa kalau kamu tidak setuju, tapi aku tidak akan pernah memikirkan cara untuk membawa Denis pergi."
Aku menghela napas dalam hatiku, ibu angkat masih bersikap defensif terhadapku seperti biasanya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kelembutan yang Asing
RomansaSuamiku berselingkuh, empat tahun kemudian aku baru mengetahui semua kebahagiaan ini hanyalah omong kosong belaka. Saat darurat, suamiku melindungi wanita itu dan anaknya. Sementara aku dijebloskan ke dalam penjara. Dua tahun kemudian, aku yang tida...