Punya Pacar, Kok Disombongin?

8 3 0
                                    

~ Muhammad Chandra Al Ghifari ~

Gue berjalan menuju kelas, yeah! Seperti biasanya, gue itu selalu sendirian. Eits! Kagak dong! Sahabat gue, selalu mendampingi gue, ke mana pun gue pergi. Jadinya gue enggak pernah merasa, bahwa gue sendiri. Enggak. Tapi sekarang mereka, kok malah ngilang.
     Di saat teman-teman gue yang lain sibuk pacaran, tidak bagi gue! Gue malah sibuk menggapai cita-cita. Bagi gue pacaran itu, cih! Hanya membuang-buang waktu. Gue begini karena gue, udah ngerasain! Gimana si rasanya pacaran? Seriusan hanya membuang-buang waktu, yang pada akhirnya kecewa lagi, patah hati lagi, bad mood lagi.
Pokoknya, semenjak kecewa? Gue udah gamau pacaran lagi. Gamau pokoknya, dari pada gue harus sakit hati lagi, mending lebih memperjuangkan sebuah hal yang jelas, dan pasti adanya.
Gue masuk ke dalam kelas, di dalam, ada Shandy, gue bingung aja gitu ngelihat dia terbengong engga kayak biasanya.
“Shan, lo kenapa?” kata gue, ke Shandy.
“Gue rindu!” celetuk Shandy.
“Rindu siapa? “ gue, penasaran aja gitu.
“Gue, rindu spongesbob!” lagi-lagi Spongesbob. Gue udah menduganya dari awal.
“Lo, jomblo? Tumben pake nanya segala!” Shandy malah menyolot, ke gue.
“Emangnya, kalau gue jomblo? Salah gitu? Nanyain lo kenapa?” tanya Gue, sebenernya geram banget ke Shandy.
“Diem, ah. Jomblo!” celetuk Shandy, kali ini bener-bener bikin gue kesal.
“Awas, lo! Ngeledekin jomblo ke gue! Entar juga lo kena azab sendiri! Mentang-mentang punya pacar!” tegas Gue, tetep aja Shandy kagak peduli.
“Bodoamat, emang gue pikirin!” kata Shandy, secara menyolot.
Karena gue udah terlanjur kesal, yaudah gue ranjak ke tempat duduk gue aja. Dari pada harus nanggepin si Shandy yang enggal jelas itu.
“Tumben, lo datengnya pagi?” sahabat gue, nanya ke gue? Kenapa datengnya pagi? Okay gue jawab. “Biar enggak, ngarepin sesuatu yang engga pasti!”
“Jawaban, macam apa itu?” Patrick, malah kembali bertanya. Kan udah jelas-jelas jawabannya ya begitu.
Krriing!
Bell berbunyi, itu pertanda bahwa pembelajaran akan segera dimulai, gue langsung siap-siap aja menyiapkan peralatan untuk belajar, ya apalagi kalau bukan; Buku, penghapus, pencil and pulpen, itu barang always di pake buat belajar! Barang-barang tersebut selalu gue jaga baik-baik, karena apa? Takut hilang. Takut ada yang bapet, kan engga lucu.
“Lo, ngerti engga? Tugas Fisika yang diterangkan?” Patrick bertanya ke Gue, yaudah gue jawab aja, ya kan?
“Ngerti kok, lo gimana?”
“Gue, ngerti kok!”
“Yaudah.”
Gue merhatiin, guru sedang mengajar. Gue ngeliatin si Shandy dari tadi kayak engga serius, engga tahu kenapa. Yaudah biarin aja dah, paling dia masih mikirin pacarnya itu, gue males kalau harus tahu menahu, mengenai pacaran. Bikin sakit hati doang.
Gue sama Shandy itu sahabatan, gatau kenapa semenjak Shandy punya pacar. Dia lupa ma gue, dan yang lainnya. Gitu tuh, percintaan itu bisa bikin kita lupa akan segalanya, makanya hati-hati.
Udahlah, gue ngelanjutin nulis materi yang ada di papan tulis, gue suka banget sama Fisika, enggak tahu kenapa, gue lebih suka fisika dibanding matematika, asik aja gitu. Lebih menarik bagi gue.
Saat jam istirahat dimulai, gue ke kantin sama Shandy terus Patrcik ngikut jika, kita itu emang bestfriend forever, kemana-mana selalu barengan, jajan ini itu samaan, gue suka aja gitu kalau persahabatan ini, kompak selalu.





Gue sama Patrick, udah punya tujuan mau beli kue sama biskuit biasa aja gitu. Tapi herannya gue ngeliatin Shandy kayak nyari-nyari sesuatu gitu, sebenernya gue kesel banget sama Shandy gegara tadi, ngeledekin gue jomblo.
Bodoamat ah, gue langsung ke warung jajanan aja sama Patrick, gaskeun beli kue sama biskuit, eh si Shandy akhirnya ngikutin, dia beli begituan juga. Nah, gue seneng ni yang begini, semuanya serba kompak, ini baru persahabatan.
Yaudah, akhirnya kita langsung balik lagi aja ke kelas takur keburu masuk soalnya, sesampai di kelas, Gue, Patrick, Shandy, makan bareng-bareng tuh, sambil ngobrol-ngobrol seputar pelajaran seperti biasa.
“Eh guys, gue mau nanya?” tanya gue, ke mereka.
“Nanya, paan?” balas Patrick, penasaran.
Shandy hanya celingak-celinguk aja, gue semakin penasaran kenapa si? Shandy begitu sayang sama pacarnya? Nanti kalau udah ditinggalin mah, ya sakit-sakit lagi. Males kan? Gitu tuh kalau ngenal cinta.
“Nanya, apaan jomblo?” kata Shandy, menyindir gue. Patrick hanya terbengong saja.
“Gausah, ledek jomblo-jomblo gitu. Nanti lo kena azab loh! Gegara ngatain gue jomblo, mentang-mentang lo punya pacar!” jelas gue, biar dia mikir.
“Kalian, biskuit nya enak?” sela Patrick.
“lha?”
“Kok?”
“Kenapa jadi, ke biskuit-biskuit!” tegas Gue, dan Shandy secara bersamaan.
Shandy ngebuka handphone-nya ia melihat, room chat di pesan rupanya Spongesbob, mengirimkan pesan untuknya, agar segera menemuinya di kantin, cih kalau gitu caranya, si Shandy mikir, kenapa tadi dia balik ke kelas! Sedangkan Spongesbob ada di sana.




“Lo, mau ke mana? Shan?” gue bertanya, dan gue sangat penasaran.
“Diem, jomblo!” celetuk Shandy, membuat gue geram. Bodo ah, nanti juga dia nyesel sendiri.
Gue sama Patrick, masih makan jajanan bareng-bareng. Ternyata biskuit yang gue makan, enak juga ya! Jadi ketagihan pengen beli lagi. Tadi tuh yang paling banyak beli makanan, ya Patrick! Dia, hoby banget ngeborong jajanan
Gue sama Patrick agak jenuh juga, nih. Cuman ngunyem-nguyem doang, Shandy ke mana? Kenapa di belom balik coba, padahal udah mau masuk bentaran lagi. Udah deh, ntar juga dia nyadar, kalau bell udah berbunyi.
Kriiing!
Eh kebeneran, Bell masuk udah bunyi lagi kan, yaudah gue langsung aja buang sampah-sampah bekas makanan tadi. Pembelajaran kembali dimulai, semuanya sangat fokus mengerjakan tugas. Gue baru sadar, itu di depan udah ada si Shandy, tapi kenapa dia kayak habis mewek ya? Rasa penasaran gue, semakin menjadi-jadi.
Ini rasa penasaran gue, udah bener-bener membludak. Patrick hanya diam saja tidak peduli, memang seperti biasanya dia begitu, gue udah tahu banget dari awal kenal dia, tapi Patrick asik banget kok.
“Eh, itu si Shandy kenapa?” bisik Patrick ke gue, pelan. Tapi bikin gue penasaran.
“Nah, gue juga gatau! Paling nanti balik-balik sekolah dia nyamperin kita!” kata gue, ke Patrick.
“Kita, tinggalin aja yo!” ajak Patrick ke gue, gue cuman ber-oh, iya. Doang bodoamat ah, yang penting udah gue tanggepin.
“Jangan gitu lah, dia kan sahabat-sahabat kita juga!” Gue langsung nasehatin Patrick.
“Yaudah, iya.” Balas Patrick, pelan.
Kita kembali fokus, memperhatikan materi yang tengah dijelaskan, dan gue pun mulai mengerjakan tugas yang diperintahkan, gue seneng banget kalau urusan fisika, kayak begini gue suka-suka aja.


Krriiing!
Akhinya Bell pulang berbunyi, inilah waktu yang paling ditunggu-tunggu, suasana kelas udah mulai sepi, karena yang lain udah pada balik. Eh, tiba-tiba Shandy nyamperin gue gitu aja, dia langsung meluk gue, sambil nangis-nangis enggak jelas.
“Gue, di putusin!” kata Shandy, membuat gue terkejut aja gitu.
“Hah, yang bener?” gue, pura-pura nanya lagi. Walaupun terlihat sudah Shandy yang tampak serius sekali.
“Mangkanya, jangan ledek-ledek gue jomblo. Nah elu si, punya pacar kok disombongin, kena azab tuh elo!” ungkap gue, ke Shandy biar dia sadar.
“Entar, kapan-kapan gue bikin sinetron, judulnya ketika menyesal, menghina para jomblo, terus kena azab, diputusin tuh, mampus! Mangkanya jangan sombong.
“Iya, maafin gue ya! Kita masih sahabatan kan?” kata Shandy, ke gue sama Patrick.
“Iya, kita sahabatan. Karena Persahabatan sangat berarti bagi kita!” kata gue sama Patrick secara bersamaan, Shandy tersenyum. Kini seyuman terukir, persahabatan ini kembali kompak, untuk kedepannya.

Event; KumcerTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang