Bukan Apdetan. kalo mau baca, baca aja.

3.6K 631 273
                                    

Hai,

Apa kabar? Sehat kan?

KPC sekarang jarang banget apdet ya. Heeh emang. Jarang banget.

Ada beberap faktor yang bikin KPC maupun ESM jarang apdet, diantaranya :

1. Ide
2. Pengembangan ide
3. Mood
4. Kesibukan rl
5. Males
6. Respon/feedback

Gue bahas satu-satu ya.

1. Ide

Bingung banget nentuin ide tuh, kadang udah ada ide tapi bingung itu kalo dijadiin panjang bakal kaya gimana. Pernah gak ada inspirasi sama sekali, sampe pusing sendiri gue.

2. Pengembangan ide

Masalah kedua ini. Kadang idenya ada tapi pengembangannya gak ada, kaya di atas itu. Bingung ngatur kata-katanya gimana. Peristiwanya kudu gue sambungin ke yang mana?

3. Mood

Yang ini bener-bener gak bisa diganggu gugat sih. Kalo ide sama pengembangan bisa gue paksa, tapi kalo mood gue angkat tangan. Kalo tetep gue paksain nulis, yang ada ancur tulisannya. Pernah kejadian.

4. Kesibukan rl

Gue kuliah, dan bisa sehari full. Belom lagi tugasnya. Hari libur gue itu sabtu minggu, itupun kalo hari itu gak garap tugas.

5. Males

Wkwk gue ini pemales sebenernya. Mageran parah, otak udah ngerancang alur tulisan, tapi tangan males digerakin buat ngetik. Kadang sebaliknya. Tapi, gue selalu nyoba buat hempasin males ini dan lanjut ngetik walaupun lelet dan sering jeda. Makanya gue kadang butuh sehari full atau bahkan lebih buat nulis satu chapter doang.

6. Respon/feedback

Terakhir ini. Ini yang bikin gue sering badmood dan miris. Ya Allah, gue perhatiin yang baca sechapter tuh kadang sampe lima ribuan, tapi yang ngevote kaga ada sampe seribu.

Kurang layak kah cerita gue buat divote?

Gue dulu emang berpikir, ah gak papa lah ya gak divote, mungkin lupa. Tapi makin ke sini, gue jadi sedih gitu. Sidernya makin hari makin nambah banyak. Gue mikir, apa tulisan gue udah gak bagus lagi ya? Apa cerita yang gue angkat mulai ngebosenin ya? Apa feel ceritanya udah ilang ya? Apa karna gue jarang apdet jadi responnya kaya gini?

Overthinking aku bos.

Hmm...

Ada yang sering nagih, tapi pas  dipenuhin gak ngasih feedback sama sekali? Ada. Banyak.

Ada yang minta buat jangan ditamatin dulu, bikin chapter yang panjang. Tapi respon merosot hari demi hari.

Maaf banget ya. Tapi asli kecewa gue bos. Kalo udah kecewa gini, keputusan gue buat namatin ff ini makin besar.

Akhir-akhir ini gue juga jadi jarang balesin komentar. Bukan sombong, tapi notif wp gue blokir, gue pernah punya trauma sama notif wp hehehe. Udah lama sih, dan sekarang juga udah biasa. Tapi gue udah nyaman sama kondisi ini. Gue bakal bales komentar waktu gue bener-bener buka wattpad dan kebetulan mood gue lagi baik. Kalo mood lagi buruk gue gak berani bales komen, takutnya balesan gue bikin sakit hati.

Gue mau ngucapin banyak terimakasih kepada readers ya setia ngasih vote dan komen di tiap chapter. Kalian baik banget mau luangin waktu kalian buat sekedar baca dan vote cerita gue. Sayang sama kalian, sayang banget karna vote sama komentar kalian sedikit banyak bisa bikin gue ketawa waktu sedih.

Buat yang sider, makasih juga. Saran gue, jangan jadi sider lagi ya, cukup di gue aja, ke author yang lain jangan. Kasian rek, author capek mikirin alur cerita dan segala tetebengeknya, dirimu yang tinggal baca  gak mau ngasih vote atau sekedar komentar 'semangat'. Jangan diulang ya, biasain ngasih apresiasi buat penulis yang berusaha ngembangin tulisannya dan ngehibur kita selaku pembaca.

Hm...

Sekarang gue tanya, kebanyakan dari kalian suka yang mana buat sistem KPC?

1. Sering apdet dengan chapter pendek ( -+ 1000 word) tapi dalam waktu dekat tamat.

2. Jarang apdet dengan chapter panjang (-+4000 word) tapi tamatnya masih lama.

Oh iya satu lagi,

Gue mau minta maaf buat kalian yang pernah reques tapi gak gue buatin. Alasan kenapa gue gak buatin karna kadang requesannya melenceng dari setting yang udah gue buat, kurang sesuai sama alur, gak sesuai sama pikiran gue dan terlalu sulit buat gue garap. Jadi sekali lagi maaf banget ya buat kalian yang merasa requesannya gak gue kabulin.

Anjir panjang banget bacotannya. Terimakasih yang udah mau nyimak ini.

KPC udah proses ngetik, tapi baru dikit. Gak tau kapan bakal diapdet, semoga gak terlalu lama.

Terimakasih lagi dan Sampai jumpa 🙂

Keluarga Pak Chanyeol [ChanBaek] |  ✔ [DIBUKUKAN]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang