Halo… sehat semua?
Selamat malam minggu menjelang minggu wahay tim garcep. Gue malem mingguan dikejar dedlen Grammar hmm, untung dah kelar.
Pengumuman : Flashback lagi yok
Okelah, kuy baca
~*~
“Ris, beli pasilan di pasar gih” seru Jaejoong dari arah dapur.
Pasilan = camilan. Camilan yang dimaksud itu jajanan pasar.
Chanyeol yang lagi nyiapin keperluan buat ke ladang pun dihentiin sebentar. Dia bangkit terus nyamperin emaknya.
“duitnya?” tanya dia sambil nyodorin tangan.
Jaejoong ngerogoh sakunya terus nyerahin beberapa lembar duit ke anaknya.
“pasilan apa?” tanya Chanyeol lagi.
“apa aja dah yang penting pasilan”
“oke”
Habis itu Chanyeol pergi, jarak pasar sama rumahnya gak terlalu jauh, jalan gak sampe lima menit juga udah nyampe. Sekarang masih jam enam pagi, pasar masih rame, saking ramenya sampe dari radius lima puluh meter aja Chanyeol bisa denger celotehan gak jelas orang-orang di pasar.
Kepalanya celingukan kanan kiri nyariin penjual jajanan pasar. Sesekali dia senyum waktu ada yang nyapa. Dia berhenti di salah satu penjual jajanan pasar yang selalu jadi langganan Jaejoong kalo beli pasilan. Chanyeol jongkok terus milihin jajan apa aja yang dia beli. Dikumpulin jadi satu dulu baru nanti di bungkus. Bapak penjualnya nyiapin daun jati buat ngewadahin jajanannya Chanyeol.
“godo gedang, onde-onde, katol, godo bolet, lemper, molen…” Chanyeol ngegumam sambil ngambilin jajanan yang dia sebutin. “mboten enten kontol kambinge ta, pak?” tanya dia waktu gak nemuin satu jajanan yang dia cari.
(“pisang goreng tepung, onde-onde, nagasari, ubi goreng tepung, lemper, molen…” “gak ada penis kambingnya kah, pak?”)
Kontol kambing is roti goreng. Orang-orang di desa nyebutnya kontol kambing, jadi Chanyeol ngikut aja. Gak tau kenapa dinamain kontol kambing, wong bentuknya juga bulet gak kaya kuntul. Aneh-aneh aja nih yang ngasih nama.
“entek, cong. Mau wis dituku karo cah wedok ayu” jawab bapak penjualnya.
(“habis, nak. Tadi udah dibeli sama anak cewek cantik”)
Chanyeol manggut-manggut aja habis itu milih jajajnan yang lain soalnya kontol kambingnya gak ada.
“lemete setunggale pinten?” tanya dia, nunjukin kue ketan isi kelapa campur gula merah yang dibungkus daun pisang.
(“lemetnya satunya berapa?”)
“rongatus, nak. Tuku telu na tak wehi limangatus”
(“dua ratus, nak. Beli tiga nanti kukasih lima ratus”)
Chanyeol manggut, dia ngambil tiga lemet terus digabungin ke jajanannya yang lain.
Si bapak penjual masukin jajanannya si Chanyeol ke daun jati sambil dihitung.
“pinten?”
(“berapa?”)
“rongewu lingantus, nak”
(“dua ribu lima ratus, nak”)
Chanyeol ngambil duitnya terus dikasihin ke si bapak. Habis itu dia berdiri, mau balik pulang lagi dia. Ya mau beli apa lagi, duit yang dikasih juga udah habis. Di tengah jalan sebelum keluar dari wilayah pasar, dia lihat ada cewek lagi kesusahan bawa barang belanjaan yang lumayan banyak. Dia samperin deh karna kasihan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Keluarga Pak Chanyeol [ChanBaek] | ✔ [DIBUKUKAN]
Fanfiction© cover by @IchaLee614 [DIBUKUKAN] Menceritakan tentang keseharian keluarga kecil Chanyeol yang dipenuhi berbagai macam warna dan rasa. Susah, senang, sedih, tangis, dan tawa. Semuanya akan dirangkum dalam ff 'Keluarga Pak Chanyeol' Ff ini ada dua s...