Hai hai sodara,
Selamat pagi, siang, sore, malam. Pa kabar kalian semua selama masa #DiRumahAja? Sehat sehat terus ya. Jangan bandel dengan keluar rumah, di luar udah bahaya. Kuy kerjasama bareng tim medis. Mereka berjuang untuk kita, kita berjuang untuk mereka. Kita doakan juga semoga saudara kita sebangsa/seiman/setanah air yang terjangkit covid-19 segera diberi kesembuhan. Yang berpulang, semoga amal ibadahnya diterima dan keluarga yang ditinggalkan bersabar.
Pengumuman : bakalan flashback. Kenapa banyak flashback, Zam? Biar gak cepet kelar nih cerita. Mampet idenya wkwk.
Oke, kuy baca
~*~
“Assalamualaikuum”
Seruan suara cempreng dari luar bikin Baekhyun yang lagi nyuci di kamar mandi nolehin kepala ke luar pintu.
“waalaikumsalam sayang” balesnya, senyum lebarnya ngembang pas lihat si kecil Dyo masuk terus nyamperin dia.
“Dyo habis beli ikan di wak gus” Dyo ngelihatin ikan warna oren kecil di dalem plastik.
Baekhyun lihat tuh ikan habis itu narik badan kecil anak mbarepnya. Pipinya Dyo yang tembem dicium gemes.
“berapaan ikannya?” tanya dia.
Dyo kasih lihat lima jarinya di depan si mamih sambil jawab,
“lima ratus. Tadi ada yang harganya dua ribu yang ikan petarung. Tapi uangnya Dyo tinggal seribu, jadi Dyo beli yang ini aja”
“gak papa. Yang ini juga bagus. Sana ganti baju terus masukin ikannya di toples”
“okey siap mamih”
Habis itu Dyo lari ke kamar yang ada tepat di depan kamar mandi. Ikannya ditaroh di atas lemari rias sedang dianya nyopotin seragam HWnya terus di masukin keranjang sebelah lemari.
Dia ganti kaos biru tua sama celana selutut yang semalem dia pake. Setelahnya dia keluar sambil bawa ikannya. Mau ditaroh toples yang biasa dia pake buat ngerawat ikan.
“Hamzah mana mamih?” tanya dia waktu lewat depan ibuknya.
“ikut mamak tadi. Mumpung ada yang momong, mamih tinggal nyuci deh”
Dyo manggut-manggut lalu berlalu lagi ninggalin mamih. Dia ambil toples yang ada di deket tiang sebelah pintu. Dia isi dulu toplesnya sama air habis itu baru deh ikannya dimasukin. Toples yang dipake tuh toples astor. Tau jajan astor gak? Yang bentukannya kek gerry cocolatos tapi warnanya cokelat sama putih? Gak tau? Coba searching gugel, biasanya namanya kalo gak astor ya arisco.
Anjir, malah promosi.
Di dalem toples itu udah ada batu karang. Batu karangnya dia nyari di samping rumahnya mbah Yun bareng si Syaif, tetangga belakang rumah. Tiga hari yang lalu tuh toples masih ada isinya, ada dua ikan di sana. Satu puteri kipas, satunya lagi ikan oren kaya punya dia sekarang. Tapi sayangnya tuh ikan udah innalillahi gara-gara diubek-ubek sama Hamzah pas dia tinggal ngaji. Ikannya klenger, udah gak kuat renang ditangkep deh sama Hamzah terus digencet sampe mati. Pas pulang Dyo langsung mencak-mencak, nangis gak mau ngelihat Hamzah, gak mau tidur samping Hamzah, gak mau disapa Hamzah. Yah pokoknya marah lah. Tapi cuma semalem doang, besoknya udah kaya biasanya.
Emang dasar bocah.
“nanti kamu tak sembunyiin, biar gak ketemu sama Hamzah. Nanti kamu dipecetet sama bocah kampret itu” Dyo ngomong sama ikannya. Dia taburin makanan si ikan yang warnanya ijo sama merah.
Tuh bocah senyum-senyum sendiri lihatin ikannya renang muterin batu karang sambil nyaplokin makanannya.
“oh iya lupa” kata dia, matanya yang bunder ngebola. Dia bangkit terus lari ke kamar. Tas sekolah warna merahnya diubek, nyariin surat yang dia dapet dari sekolahan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Keluarga Pak Chanyeol [ChanBaek] | ✔ [DIBUKUKAN]
Fanfiction© cover by @IchaLee614 [DIBUKUKAN] Menceritakan tentang keseharian keluarga kecil Chanyeol yang dipenuhi berbagai macam warna dan rasa. Susah, senang, sedih, tangis, dan tawa. Semuanya akan dirangkum dalam ff 'Keluarga Pak Chanyeol' Ff ini ada dua s...