7.1 Lebaran Nyari Dosa

13.7K 1.2K 1.6K
                                    

Haii… yang kemaren sore ketemu di Jodoh Mas Naufal, sekarang ketemu lagi di KPC. Itung itung nemenin hari jum’at kalian ehehe. Hampir seminggu ya sejak terakhir apdet.

Reader : kok udah lebaran, kapan puasanya?
Zam : baca aja, jawabannya nanti menyusul beberapa minggu kedepan.

Kuy baca 😉

~*~

Jalan kecil depan rumah penuh sama lalu-lalang orang, cuaca cerah banget, mendukung moment indah yang dinantikan tiap muslim di penjuru dunia. Sanak saudara dateng berkunjung, bersalam-salaman sambil maaf-maafan. Tetangga-tetangga, pemuda-pemudi dateng ke rumah yang lebih tua, anak kecil berlarian cepet-cepetan sampe rumah nenek kakek biar dapet angpau.

Yah, Lebaran. Sejam yang lalu orang-orang selesai menunaikan sholat id di Lapangan sama masjid.

“Mamih… Thehun mau maem kupat thama udang thama ayam thama tengili” seru si Sehun dari dapur sambil bawa piring kosong.

Baekhyun yang lagi nyiapin jajanan di ruang tamu balesin,

“minta mamas”

Sehun ngelirik abangnya yang lagi mendelikin dia sambil ngunyah makanan. Si adek bales mendelik sambil ngegertak mau ngelempar abangnya sama piring yang dia bawa.

“nda mau mamih… Thehun dipelototin thama mamath” dia tereak lagi.

“Dyo lagi makan, Mih…” Dyo gak mau diomelin sama emaknya pun bikin alasan dong.

Baekhyun ngedesah. Hadeuh… pusing deh Baekhyun.

“yaudah tunggu bentar” katanya.

Sehun nyamperin abangnya terus duduk di kursi kosong di sampingnya Dyo. Piringnya di taroh meja, kakinya yang ngegantung diayunin.

“mamath nda minta maaf ke Thehun gitu? Mamath kan banyak dotha thama Thehun” ujar si adek, natap abangnya yang asik sama makanan.

Dyo ngelirik bentar adeknya,

“elu yang minta maaf sama gue. Lu yang sering bikin gue kesel” balesnya, tanpa ngegas, tanpa emosi. Datar-datar aja.

Sehun kedip-kedip,

“yaudah, Thehun yang gemeth ini minta maaf ya mamath Zazam yang bundel kaya pentol… maaf kalna Thehun yang gemeth ini ngethelin. Ya ya ya… dimaafin yaa…”

Duh gemes banget si Dyo pengen uyek-uyek pipinya Sehun. Tapi tangannya kotor jadi ditahan dulu.

“sempet-sempetnya ngeledek pas lagi minta maaf lu, Del. Gak ah gak gue maafin”

Si mamas bangkit dari duduknya terus jalan ke dapur buat cuci tangan. Matanya si adek mendelik lucu gara-gara permintaan maafnya ditolak.

“ih ih ih, mamath nda boleh gitu” dia turun dari kursi terus nyamperin abangnya, ujung baju kokonya Dyo ditarik-tarik, kepalanya ngedongak.

Dyo jadi geli sendiri, dia usapin tangannya yang basah ke kain lap di deket wastafel habis itu giring adeknya ke ruang tengah. Dia duduk, Sehun ikutan duduk.

“salim dulu” Dyo nodongin tangannya di depan Sehun.

Tanpa nunggu lama langsung diterima sama si adek, punggung tangan mamasnya dicium lama sampe ada bunyinya.

“ulang minta maafnya” suruh yang besar.

“maafin Thehun yang gemeth ini ya mamath Zazam. Thehun thayang mamath Zazam yang bundel kaya pentolnya mbak Bola”

Astaghfirullah… sabar Dyo tuh. Si pentol tuh kenapa gak pernah ketinggalan sih? Emang mukanya sebulet itu apa?

“hilih” bales si mamas. “sun dulu baru mamas maafin”

Keluarga Pak Chanyeol [ChanBaek] |  ✔ [DIBUKUKAN]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang